KANDIDAT PERUSAHAAN

Menyambut Bulan Ramadan, Ini 5 Tips Menjaga Tubuh Agar Selalu Sehat

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 9095 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Bulan Ramadan segera tiba, saatnya umat Muslim seluruh dunia menyambutnya dengan suka cita! Meskipun sedang dalam kondisi krisis akibat wabah Corona, kita harus semangat menjalani puasa sampai Hari Kemenangan tiba. Nah, banyak hal yang perlu disiapkan dalam menyambut bulan penuh berkah ini, selain harus menjaga hati dan nafsu, mengatur keuangan yang baik juga hal penting lain yang harus dijaga adalah kesehatan diri.

 

Yap, sehat itu penting untuk kita yang ingin lancar menjalankan puasa, jangan sampai badan kamu drop dan jadi alasan untuk bolong puasa. Untuk menjaga badan tetap sehat menjelang bulan Ramadan, berikut 5 tipsnya buat kamu!

 

Mengubah pola tidur

Menjelang puasa hari pertama, kalau kamu masih punya jadwal tidur yang buruk dan tidak teratur, sebaiknya mulai ubah dari sekarang. Selama social distancing atau work from home mungkin sudah mengubah aktivitas sehari-hari kita, termasuk juga tidur, oleh karena itu hindari kebiasaan buruk begadang dan dan hal-hal yang dapat merusak waktu istirahat kamu.

 

Dikutip Halodoc waktu tidur ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7-8 jam per hari. Waktu tidur yang cukup berkaitan dengan kadar hormon yang disebut leptin, leptin berfungsi untuk mengurangi nafsu makan. Jadi kalau kamu kurang tidur di malam hari leptin akan menurun sekitar 15,5% yang mengakibatkan nafsu makan bertambah dan memicu obesitas, jadi saat puasa kamu bisa lebih gampang lapar. Ubah dan biasakan pola tidur sehat mulai dari sekarang ya!

 

Jaga tubuh terhidrasi dengan perbanyak minum air putih

Kamu pasti paham tubuh manusia mengandung 60 sampai 70 persen air. Untuk itu jaga tubuh kamu agar kebutuhan air di tubuh selalu terpenuhi ya biar nggak dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian. Nggak mau kan di bulan Ramadan nanti tubuh kamu kehilangan cairan dan mengalami gejala yang bisa menghambat ibadah puasa? Jadi pastikan kamu mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari ya.

 

Mengkonsumsi buah dan sayuran

Agar tubuh kamu tetap sehat dari hari pertama sampai Idul Fitri tiba, kamu harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah asupan nutrisi akan terjaga dan membantu mempertahankan stamina dan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, vitamin dan mineral, pilih buah yang nggak terlalu manis ya, makanan yang manis membuat cairan dalam tubuh keluar lebih cepat, tubuh jadi lebih mudah lemas di siang hari.

 

Mulai biasakan berolahraga

Nah, ini nih kegiatan yang seringkali ditinggal pas lagi puasa. Puasa bukan jadi alasan untuk melewatkan waktu berolahraga. Tidur memang dihitung sebagai ibadah ketika berpuasa tapi bukan berarti kita boleh bermalas-malasan. Agar badan tetap sehat dan segar, kamu juga harus aktif bergerak, biasakan berolahraga mulai dari sekarang. Nggak perlu olahraga berat, yang simple-simple aja seperti lari kecil di halaman rumah, yoga, peregangan ringan atau sekedar membersihkan rumah. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap aktif bergerak, kalau dirasa lelah kamu bisa langsung beristirahat.

 

Jangan ketinggalan sahur dan berbuka yang cukup

Saat hari pertama puasa nanti dan seterusnya jangan sampai melewatkan waktu sahur ya. Sebab, dengan makan sahur tubuh kamu jadi punya energi untuk berpuasa sampai waktu berbuka tiba. Apalagi hari pertama nanti, jadikan sahur pertama awal yang baik untuk berpuasa sebulan penuh. Beberapa jam sebelum berbuka, kita seringkali punya banyak keinginan menu berbuka. Mulai dari gorengan, es buah, lontong, mie, teh manis dan sebagainya. Nah, hindari lapar mata seperti ini ya! Lambung kamu nggak akan sanggup menampung semuanya, yang ada mengganggu kesehatan tubuh nantinya. Kamu jadi cepat lelah, perut begah dan gangguan pencernaan lainnya.

 

Itu tadi 5 tips menjaga tubuh agar tetap untuk menyambut datangnya bulan puasa. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.



Komentar