Pencari Karir Pencari Kandidat

Mengenal Profesi Business Development dan Tanggung Jawabnya

24 Maret 2021 20:03 33168 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 9 KALI DIBAGIKAN

Sering menemukan info lowongan kerja untuk posisi Business Development (BD)? Tapi masih asing sama pengertian dan tanggung jawab kerjanya? Yuk, kali ini kita bahas tentang apa itu Business Development dan apa peran seorang BD di sebuah perusahaan.

 

Business Development merupakan proses pembentukan nilai perusahaan dalam jangka panjang yang menghubungkan pelanggan, pasar, dan relasi. BD berperan menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang melalui optimasi tiga faktor: pelanggan, pasar dan relasi.

 

Nilai yang dibangun bisa berupa revenue, citra perusahaan, brand awareness atau apapun yang menjadi tujuan sebuah perusahaan. Tantangannya, seorang BD harus mampu mengidentifikasi peluang dan membuat terobosan yang menguntungkan perusahaan untuk jangka panjang.

 

Terdapat tiga faktor yang menjadi pegangan BD dalam membuat strategi

 

Pelanggan

Tanpa pelanggan, nggak akan ada bisnis yang berkembang. Seorang BD harus bisa membaca permasalah apa yang tengah dialami oleh pelanggan, apa yang mereka butuhkan, nilai apa yang mereka cari.

 

Bisa jadi pelanggan sangat mempertimbangkan packaging saat membeli, atau lebih mementingkan kualitas barang. Hal ini harus bisa diidentifikasi oleh seorang BD untuk kemudian bisa menjawab kebutuhan pelanggan yang terus mengalami perubahan.

 

Pasar 

Sebuah produk pasti memiliki target pasarnya tersendiri, namun target ini sifatnya dinamis. Seorang BD punya tugas untuk mencari target pasar baru dan menyesuaikan produknya untuk bisa diterima di pasar tersebut.

 

Perilaku konsumen dapat terbentuk berdasarkan letak geografis, demografis dan psikografi. Misalnya masyarakat Suku Jawa khususnya Yogyakarta dan Solo menyukai makanan dengan rasa manis karena banyaknya suplai gula di Jawa pada masa kolonialisme dulu. Hal ini bisa dilihat BD sebagai peluang mengembangkan produk makanan bercita rasa manis untuk menyasar pelanggan di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

 

Relasi

Perusahaan harus bisa membangun hubungan yang baik antar pelanggan, klien, partner bisnis, maupun investor. Tanpa adanya relasi sebuah bisnis tidak akan bisa berkembang dan cenderung tidak bertahan lama.

 

BD hadir untuk membantu membangun kepercayaan, citra dan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Tujuannya agar relasi perusahaan bisa berjalan dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

 

Tugas yang dilakukan seorang Business Development

Gimana? Sudah kenal kan sama Business Development? Sekarang saatnya membahas tugas yang dilakukan seorang BD di dalam sebuah perusahaan.

 

Memonitor perkembangan pasar

Seorang BD bertugas memonitor perkembangan dan kompetisi pasar yang ada. Sehingga ia bisa melihat prospek untuk membuat strategi pengembangan produk, pelanggan maupun kemitraan baru.

 

Riset untuk menentukan target pasar

BD juga bertanggung jawab untuk menentukan target pasar baru secara jelas sebelum menyesuaikannya dengan produk yang ingin dikembangkan. Hal ini bertujuan agar produk yang dibuat bisa tepat sasaran dan menjadi solusi permasalahan pelanggan.

 

Memahami produk perusahaan

BD juga dituntut untuk memahami seluruh produk/product knowledge perusahaan lengkap dengan keunggulannya, fiturnya, bahan baku sampai proses yang dilakukan.

 

Berkoordinasi dengan divisi lain untuk mengembangkan produk

Tentu seorang BD juga membutuhkan divisi lain untuk mendukung kinerjanya. Mulai dari Sales, Marketing sampai Account Manager.

 

Menyusun dan mempresentasikan strategi pengembangan bisnis

BD juga bertugas merancang berbagai strategi terkait pengembangan bisnis. Seperti strategi meningkatkan loyalitas pelanggan, menemukan pelanggan baru, strategi kemitraan, penjualan sampai memantau indikator kinerja. Karena itu BD harus memiliki kemampuan dalam presentasi, penjualan, dan membuat kesepakatan terkait strategi yang sudah disusun.

 

Kalau kamu tertarik menjadi seorang BD kamu juga diharuskan mempunyai kemampuan berpikir kreatif, problem solving, dan terbuka akan ide-ide baru, serta kritik yang membangun. Dalam prosesnya kamu akan banyak belajar dan mendapat relasi untuk bisa mengembangkan karir. Yuk baca tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Membangun Bisnis Sampingan Untuk Seorang Karyawan

Cara Membangun Bisnis Sampingan Untuk Seorang Karyawan

Kata siapa pekerja penuh waktu gak bisa mendapatkan uang tambahan selain dari gaji? Bisa kok, kamu bisa dapat duit tambahan dari bisnis sampingan. Nah, berikut ini beberapa cara untuk membangun ide bisnis sampingan untuk karyawan, Yuk simak ya!   Pilih usaha yang kamu minati kamu harus memilih jenis usaha yang memang sesuai dengan minat kamu. Selain itu biasanya cara ini juga membuat kamu tidak terlalu repot lagi untuk belajar banyak karena biasanya seorang penghobi akan memiliki cukup pengetahuan seputar bidang hobinya.   Cari usaha yang mudah dan simpel upayakan usaha sampingan kamu bisa dengan mudah untuk kamu jalankan & sesuaikan dengan kapasitas kamu ya. Lebih hebat lagi kalo usaha yang kamu jalankan ini terhitung mudah dan sederhana untuk kamu kerjakan    Siapkan asisten Cara terbaik dalam membangun usaha sampingan untuk karyawan adalah menemukan seorang asisten yang bisa memberikan pelayanan kepada konsumen. Berikan asisten kamu beberapa wewenang yang cukup aman supaya tidak merongrong kamu di tempat kerja hanya untuk menanyakan hal yang sepele.   Bangun networking Salah satu cara paling baik adalah membangun jaringan, dan biarkan jaringan kamu mengantarkan kamu untuk menemukan konsumen, supplier hingga distributor.  Bisa jadi orang-orang ini berasal dari dalam jaringan kamu sendiri atau setidaknya dari jaringan kolega kamu.   itu dia tips nya, yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
Komentar