Pencari Karir Pencari Kandidat

Mengenal Profesi Brand Ambassador dalam Bisnis dan Pekerjaan

06 September 2022 14:09 1466 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Mungkin kamu sering melihat ada banyak selebriti yang yang menjadi seorang brand ambassador dan mengiklankan sebuah produk ataupun brand, contohnya brand cosmetic terkenal ms glow yang saat ini sudah memiliki brand ambassador ms glow yaitu artis Ivan Gunawan dan saat ini brand ambassador juga sudah merambah pada dunia game, contohnya pada tim esport Evos legend yang juga sudah memiliki brand ambassador evos yaitu Angelica.

 

Bagi kamu yang belum tahu apa itu brand ambassador bisa dibilang brand ambassador adalah seseorang yang memiliki peran besar untuk sebuah brand dan juga marketing perusahaan.

 

Meskipun profesi ini tidak dianggap sebagai karyawan akan tetapi brand ambassador saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, Hal ini dikarenakan kebutuhan akan brand ambassador akan terus meningkat seiring dengan banyaknya pengguna sosial media. Untuk pengertian lebih lengkapnya mengenai brand ambassador kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Pengertian Brand Ambassador

brand ambassador adalah orang yang mewakili dan juga mempromosikan sebuah produk ataupun brand dengan mendukungnya dalam bentuk aktivitas yang sesuai dengan identitas perusahaan, pada dasarnya brand ambassador ini bertujuan untuk membuat masyarakat semakin mengenal brand ataupun produk. 

 

Biasanya perusahaan yang memiliki rencana promosi akan bekerjasama dengan seseorang ataupun kelompok untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan brand ataupun produk dan orang-orang itulah yang kita sebut sebagai brand ambassador, biasanya orang yang diminta untuk menjadi seorang brand ambassador adalah para influencer ataupun seseorang yang memiliki kemampuan profesional dalam suatu bidang serta update dalam sosial media.

 

Contohnya jika perusahaan berfokus dalam bidang pendidikan maka orang yang cocok untuk menjadi brand ambassador mereka adalah seseorang yang menjadi publik figur dan juga terkenal inspiratif serta memiliki pendidikan yang baik, dalam menggunakan jasa brand ambassador ini dalam mempromosikan sebuah produk tentunya perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat yaitu sebagai berikut.

 

Manfaat menggunakan Jasa Brand Ambassador

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada zaman digital seperti sekarang untuk bisa meningkatkan reputasi perusahaan atau pemerintah seringkali menggunakan sarana media sosial, Hal ini dikarenakan dengan memanfaatkan media ini kita bisa menjangkau lebih banyak orang serta target yang kita tuju akan jelas maka dari itu saat ini ada banyak sekali pilihan ambassador yang bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan reputasi dengan membuat konten ataupun review mengenai produk mereka.

 

Hasil survei yang dilakukan oleh dimensional research sebanyak 90% pelanggan mengatakan bahwa keputusan mereka membeli barang ataupun menyewa jasa dipengaruhi oleh ulasan dari mereka yang pernah merasakannya pada media sosial, sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa seorang brand ambassador yang membuat konten ulasan tersebut akan mempengaruhi terhadap penjualan selain itu juga menambah sador memiliki berbagai manfaat lain ketika kita menyewa jasanya yaitu antara lain:

 

 

  • Menjaga dan mempertahankan reputasi brand, manfaat yang pertama adalah dengan menghadirkan brand ambassador tentu saja hal ini akan bisa membantu brand dari perusahaan kita tetap dikenal oleh publik, salah satunya karena aktivitas yang dilakukan oleh brand ambassador mengenai produk kita dipromosikan baik itu lewat sosial media atau pun yang lainnya.
  • Mendekatkan diri dengan pelanggan, manfaat berikutnya adalah dengan menyewa jasa brand ambassador tentunya akan membantu brainly kita lebih dekat dengan pelanggan, salah satu caranya adalah brand ambassador akan berinteraksi dengan audiens di media sosial dengan membuat sebuah konten tanya jawab ataupun juga rutin membalas komentar dari pelanggan tersebut.
  • Bisa memperkuat proses pemasaran, manfaat yang terakhir ketika kita menyewa jasa brand ambassador adalah secara tidak langsung bisa membantu perusahaan dalam proses marketing ataupun pemasaran, Hal ini dikarenakan dan ambassador biasanya akan memberi ulasan mengenai produk dan juga mempromosikannya.

 

Syarat Untuk Menjadi Seorang Brand Ambassador

Meskipun untuk menjadi seorang brand ambassador sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan akan tetapi ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi saat nantinya akan terjun dalam profesi ini, Adapun untuk beberapa syarat yang harus kamu penuhi bisa menyimaknya di bawah.

 

Memiliki daya tarik

Syarat yang pertama agar kamu bisa menjadi seorang brand ambassador adalah kamu harus memiliki daya tarik, perlu diingat bahwa daya tarik tidak selalu tentang fisik akan tetapi kamu harus memiliki karakter yang khas dan bisa dikenali oleh audiens, daya tarik ini akan mencerminkan bagaimana audiens menilai seorang public figur melalui tindakan serta perilaku kamu ketika menjadi brand ambassador.

 

Memiliki popularitas

Berikutnya adalah kamu harus memiliki popularitas, memiliki daya tarik tapi tidak populer tentunya akan percuma saja karena saat kamu memiliki popularitas maka akan mengarahkan pada seberapa terkenalnya kamu di masyarakat, Salah satu hal yang bisa mengukur popularitas seseorang ataupun publik figura saat ini bisa kita lihat dari platform yang digunakan baik itu Instagram ataupun parfum lain apakah kamu sudah memiliki jumlah follower dan juga like yang banyak atau belum.

 

Memiliki kredibilitas

Untuk menjadi seorang brand ambassador kamu juga harus mempunyai pengetahuan mengenai produk yang akan diiklankan oleh karena itu kamu harus bisa memiliki kredibilitas yang baik agar ketika memasarkan produk akan menumbuhkan kepercayaan serta kesan baik dari para audiens.

 

Relevan dengan produk yang dipromosikan 

Jika kamu sudah memiliki dan juga memenuhi tiga syarat di atas maka syarat berikutnya yang tidak kalah penting adalah kamu harus relevan dengan produk yang dipromosikan, relevan di sini artinya Citra yang kamu tunjukkan harus sesuai dengan konsep produk yang akan dipresentasikan nantinya Jika kamu sudah menjadi seorang brand ambassador pada produk tersebut.

 

Setelah kamu sudah memenuhi syarat untuk menjadi seorang brand ambassador langkah berikutnya kamu harus bisa mengasah dan juga memiliki beberapa skill berikut.

 

Skill yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi Seorang Brand Ambassador

Marketing 

Skill yang pertama yang harus kamu kuasai ketika ingin menjadi seorang brand ambassador adalah kamu harus memahami mengenai marketing, sebelum kamu menjadi seorang brand ambassador ada baiknya kamu mengikuti pelatihan mengenai pemasaran atau pun marketing agar setidaknya kamu nanti memahami konsep-konsep dasar dari marketing itu sendiri.

 

Leadership 

Berikutnya adalah kamu harus memiliki skill leadership atau kepemimpinan, tidak jarang kamu sebagai brand ambassador akan mewakili jalannya acara dan juga memperkenalkan produk kepada banyak orang, dengan memiliki skill leadership ini tentunya kamu bisa memimpin acara tersebut dengan baik dan juga terlihat berwibawa oleh orang lain.

 

Public Speaking

Seperti yang kita tahu bahwa hampir setiap profesi pasti mengharuskan kita untuk bisa menguasai skill public speaking, dan untuk menjadi seorang brand ambassador juga skill ini tentunya menjadi salah satu skill yang sangat penting karena sebagai brand ambassador nantinya kamu akan banyak sekali membicarakan mengenai produk kepada banyak orang.

 

Sosial Media

Skill berikutnya yang harus dikuasai oleh seorang brand ambassador adalah skill sosial media, kebanyakan dari brand ambassador biasanya menggunakan media promosi melalui sosial media oleh karena itu skill ini menjadi salah satu skill wajib yang harus kamu kuasai.

 

Content Strategy

Skill yang terakhir yang harus dikuasai seorang murid ambassador adalah konten strategi, dengan menguasai skill ini nantinya saat kamu menjadi penambah saldo kamu tidak akan kesusahan dalam membuat konten mengenai produk yang sedang kamu promosikan.

 

4 Tugas Utama Brand Ambassador

1. Mempromosikan brand di sosial media

tugas brand ambassador dalam memasarkan dan juga mempromosikan sebuah produk tentunya menjadi salah satu tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang brand ambassador. Maka tidak heran Kamu mungkin sering melihat mereka membagikan berbagai macam konten pada akun sosial media pribadi mereka baik itu dalam bentuk foto ataupun juga video.

 

2. Membuat konsep campaign atau strategi pemasaran bersama tim marketing

Tugas selanjutnya dari seorang brand ambassador adalah ikut Membuat konsep campaign dan juga strategi pemasaran, biasanya brand ambassador akan terlibat dalam berbagai aktivitas marketing contohnya seperti membuat konsep campaign dan juga strategi, meskipun tidak bekerja secara langsung akan tetapi nantinya akan ada diskusi dengan tim marketing mengenai konten yang akan dibawakan kepada publik.

 

3. Memberikan wawasan mengenai produk atau layanan dari brand pada pelanggan

Seorang brand ambassador harus bisa berinteraksi dengan pelanggan baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung dalam sosial media, dengan melakukan interaksi tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap reputasi dari brand itu sendiri oleh karena itu brand ambassador harus memberikan pemahaman yang baik mengenai produk yang dipromosikan kepada pelanggan.

 

4. Mempertahankan Citra positif brand

Tugas terakhir yang menjadi tanggung jawab seorang brand ambassador adalah mereka harus bisa menunjukkan Citra yang baik pada setiap aktivitasnya, Hal ini karena dengan melakukan hal tersebut kepercayaan masyarakat akan meningkat terhadap dirinya dan jika penilaian masyarakat cukup baik kepada perilaku tentu saja hal ini akan berdampak baik pula kepada brand yang bekerjasama dengannya.

 

Gaji Seorang Brand Ambassador

Bagi kamu Yang penasaran berapa gaji brand ambassador dan memutuskan ingin mencoba untuk menjadi seorang brand ambassador kamu bisa menyimak besaran gajinya terlebih dahulu di sini. Dikutip dari indeed.com, besaran gaji yang akan diperoleh oleh seorang brand ambassador Indonesia rata-rata akan memiliki gaji sebesar Rp.3.401.588 juta perbulan. 

 

Saat ini kota yang memberikan Gaji tertinggi untuk seorang brand ambassador di Indonesia yaitu kota Jakarta yang mana memberikan gaji pada seorang brand ambassador per bulannya sekitar Rp.5.542.157 juta. Cukup besar bukan? 

 

Terlepas dari gaji pokok tersebut tentunya seorang brand ambassador akan mendapatkan penghasilan lain , contohnya dari endorsement dan juga dari penghasilan AdSense jika brand ambassador tersebut mempromosikan produk lewat YouTube, dan bahkan saat ini tidak sedikit brand ambassador yang bisa mendapatkan uang hingga ratusan juta setiap bulannya.

 

Nah itu dia pembahasan mengenai profesi brand ambassador dalam bisnis dan pekerjaan, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi kamu yang saat ini bercita-cita ingin menjadi seorang brand ambassador, usahakan kamu bisa mengikuti beberapa syarat dan juga harus mengasah skill seperti poin-poin yang sudah kami sebutkan di atas agar nantinya ketika kamu melamar menjadi seorang brand ambassador bisa diterima dengan mudah.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi menarik lainnya mengenai lowongan pekerjaan terlengkap kamu bisa mengunjungi website TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya mengenai karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar