Membangun Kepercayaan Diri Dilingkungan Kerja | TopKarir.com

Membangun Kepercayaan Diri Dilingkungan Kerja

13-05-2019 09:36:22

Sahabat Topkarir, siapa saja yang baru masuk kedalam lingkungan kerja yang baru pasti merasa canggung bukan. Bukan hanya komunikasi antar pekerja lainnya, menghadapi atasan pun kadang merasa kurang percaya diri sehingga menjadi malu untuk mengerjakan sesuatu yang kamu mampu dan kuasai.

 

Ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan agar kamu lebih percaya diri dan lebih produktif dilingkungan kerja, sehingga komunikasi antar karyawan pun menjadi lancar tanpa timbulnya permasalahan. Inilah kiat-kiat nya:

 

Bersyukur Pada Diri Kamu

 

Bersyukur merupakan cara yang efektif dalam membangun percaya diri, jangan membandingkan setiap detail diri kamu dengan orang lain. Belajarlah untuk bersyukur dengan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Setiap kelebihan yang kamu miliki belum tentu dimiliki orang lain dan kamu harus mengandalkannya agar lebih produktif.

 

Selalu Tersenyum

 

Dalam bersosialisasi pada karyawan lain, senyuman merupakan respon positif yang dapat menimbulkan rasa percaya diri satu sama lain dan mengurangi rasa canggung pada lingkungan kerja yang baru. Tersenyum juga dapat menyelesaikan masalah kecil yang menganggu pikiran kita ketika sedang bekerja.

 

Memperbaiki Kekurangan

 

Semuanya tidak dapat dirubah dengan sempurna, namun kamu dapat membuatnya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mengenali apa kekurangan kamu dan memperbaikinya juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu dari luar maupun dalam.

 

Menunjukkan Kemampuan Kamu

 

Menunjukkan kemampuan disini bukan berarti menunjukkan secara arogan, namun kamu harus bisa mengandalkan kemampuan kamu untuk menghadapi setiap tugas atau masalah yang terjadi. Percaya lah pada diri kamu dan tutupi kekurangan kamu dengan kemampuan yang kamu miliki.

 

Berpikir Positif

 

Memiliki pola pikir yang positif dapat merubah kehidupan kamu secara drastis, dengan menerapkan cara berpikir yang positif juga dapat mengembangkan rasa percaya diri kamu dalam lingkungan kerja. Berpikir positif juga dapat membuat kamu lebih produktif dan membuat diri kamu enggan melibatkan diri kamu dengan setiap masalah yang ada. Cobalah untuk berpikir positif dan lihatlah perubahannya dalam diri kamu.


tutup
Registrasi berhasil

tutup