Memanajemen Waktu antara Pekerjaan dan Keluarga | TopKarir.com

Memanajemen Waktu antara Pekerjaan dan Keluarga

13-05-2019 09:57:29

Tidak bisa dipungkiri, sebagai pegawai tentu saja kita memiliki jadwal yang padat untuk bekerja, sehingga meluangkan untuk hal lain seperti keluarga dan teman sangat sulit. Tetapi walaupun sulit tentu saja kita tetap harus meluangkan waktu untuk mereka agar kehidupan sosial kita berjalan dengan baik. Berikut ini adalah tips memanajemen waktu antara pekerjaan dan keluarga :

 

  • Membuat Jadwal Kegiatan

 

Menerapkan jadwal pada kehidupan bukan hanya mengantisipasi kamu dalam membuang-buang waktu, namun kamu juga bisa membagi antara tugas dan keluarga di rumah. Pada dasarnya terbagi pada dua pilihan, yaitu membatasi jumlah kegiatan yang bisa dilakukan dalam satu hari atau menyelesaikan semua kegiatan dalam satu hari dengan cepat.

 

Kamu harus bisa menentukan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, atau dengan kata lain selesaikan hal yang menjadi prioritas dan mengerjakan tugas yang kurang penting pada waktu akhir. Dalam jadwal kegiatan, kamu juga harus menentukan kegiatan mana yang penting untuk dikerjakan dan melupakan kegiatan yang kurang penting atau yang tidak ada hubungannya terhadap pekerjaan atau apapun.

 

  • Berani Mengatakan Tidak

 

Jika kamu mendapat tawaran kegiatan yang kurang penting dan kamu tidak ingin melakukannya, kamu harus berani untuk mengatakan tidak sebab kamu memiliki keluarga dirumah yang menunggu kepulangan kamu.

 

  • Belajar Untuk Multi-tasking

 

Mengerjakan dua hal sekaligus dapat mempersingkat tugas dan memperbanyak waktu luang kamu. Namun, kamu juga harus memperhatikan tugas yang kamu kerjakan secara bersamaan agar hasilnya sempurna dan bagus. Belajar multi-tasking juga membuat kita terbiasa dalam menyelesaikan pekerjaan berat dan rinngan sekaligus.

 

  • Jaga Kesehatan

 

Agar pekerjaan kamu tidak terhambat karena kamu sakit atau kelelahan. Kamu harus menjaga kesehatan tubuh kamu dengan menerapkan pola hidup sehat. Ada baiknya kamu berolahraga agar kondisi selalu tetap prima dan bisa membagi kegiatan antara pekerjaan yang melelahkan dan keluarga di rumah.

 

  • Meminta Dukungan

 

Kamu bisa meminta dukungan dari keluarga atau teman terdekat  untuk menyemangatimu agar bisa segera menyelesaikan pekerjaan dengan cepat sehingga kamu bisa kembali melakukan aktifitas lain yang bersama keluarga ataupun teman-temanmu.

 

 


tutup
Registrasi berhasil

tutup