Lulusan Sastra/Bahasa Indonesia Sulit Dapat Kerja? Kata Siapa? | TopKarir.com

Lulusan Sastra/Bahasa Indonesia Sulit Dapat Kerja? Kata Siapa?

10-12-2019 10:35:07

Tinggal di Indonesia, sejak lahir bicara Bahasa Indonesia, untuk apa kuliah Sastra / Bahasa Indonesia? Kalimat ini sering dilontarkan banyak orang yang menganggap lulusan Sastra / Bahasa Indonesia sebelah mata. Padahal di luar sana masih banyak yang belum bisa menyusun kata menjadi kalimat dengan baik sesuai kaidah Bahasa, artinya jurusan ini masih punya prospek yang menjanjikan. Kalau kamu lulusan Sastra / Bahasa Indonesia, dan sering ditanya “lulusan Sastra Indonesia mau kerja apa?” ini dia jawabannya.

 

 

  • Guru Bahasa Indonesia

 

Menjadi pengajar Bahasa Indonesia bisa menjadi jawaban pertama. Gak cuma bisa menjadi pengajar di sekolah-sekolah dalam negeri, melainkan juga ke luar negeri. Kabar baik datang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia yang membuka kesempatan kesempatan karir sebagai pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Program ini dikhususkan bagi para lulusan Sastra / Bahasa Indonesia di tanah air untuk tahun 2020 mendatang.

 

 

  • Editor / Penyunting

 

Bagi para pecinta linguistik, kamu punya peluang besar menjadi seorang editor. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian, kesabaran, mengerti ejaan dan tata bahasa, punya perbendaharaan kata yang luas, dan berpikir terbuka.

 

 

  • Copy / Content Writer

 

Di era digital sekarang ini, pekerjaan copy / content writer banyak dicari. Pekerjaan ini membutuhkan kepiawaian dalam merangkai kata menjadi kalimat yang dapat menarik pembaca. Kamu akan menjual kata-kata untuk mempromosikan / mengenalkan produk perusahaan lewat berbagai media.

 

 

  • Wartawan / Jurnalis

 

Maraknya media online maupun offline semakin membuka peluang kerja lulusan Sastra Indonesia. Kesempatan kerja sebagai wartawan juga bertebaran. Kamu akan bertugas menulis, menyampaikan berita, dan mengelola media.

 

 

  • Penulis

 

Menulis sudah jadi makanan sehari-hari para lulusan Sastra / Bahasa Indonesia baik fiksi maupun non-fiksi. Menjadi penulis memerlukan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, hal ini membantu kamu mengidentifikasi masalah yang terjadi di masyarakat. Perbanyak juga buku bacaan, pelajari bagaimana para penulis merangkai kata dan menyampaikan rasa. Dengan membaca lebih banyak, perbendaharaan katamu juga semakin kaya.

 

Itulah 5 peluang karir buat kamu lulusan Sastra / Bahasa Indonesia. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.


tutup
Registrasi berhasil

tutup