Jangan Sepelekan Hal Ini Kalau Lamaranmu Mau Diterima! | TopKarir.com

Jangan Sepelekan Hal Ini Kalau Lamaranmu Mau Diterima!

18-12-2019 15:41:50

Hal-hal kecil yang dianggap sepele saat mengirim lamaran pekerjaan bisa jadi masalah besar yang menghambat karir kamu lho. Karena itu kamu membutuhkan ketelitian dan etika yang baik agar kamu bisa diterima di perusahaan impian. Yuk cermati hal-hal berikut supaya lamaranmu bisa dilirik dan dan lolos ke tahap wawancara.

 

 

  • Etika di media sosial

 

Bukan tidak mungkin tim rekrutmen mencari nama kamu di Google dan menemukan media sosial kamu. Untuk itu tunjukkan kesan yang positif. Pastikan juga konten media sosialmu menunjukkan ketertarikan pada bidang pekerjaan yang kamu pilih. Misalnya kamu melamar sebagai content writer, maka jangan biarkan caption Instagram kamu kosong. 

 

 

  • Isi subject dan body email

 

Sebelum mengirim email jangan biarkan kolom subject (judul) kosong. Isi dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar, dengan begitu HRD akan melihat tujuan email kamu. Pastikan juga kamu menulis body email, jelaskan profile singkat kamu, ini kesempatan awal kamu menunjukkan kelebihan dan ketertarikan kamu pada perusahaan.

 

 

  • Aktif mengecek email

 

Kamu perlu mengaktifkan notifikasi email, supaya tahu setiap perkembangan informasi. Selalu baca undangan wawancara secara tuntas, mungkin saja sebelumnya kamu harus mengerjakan tugas. Jangan sampai kamu tidak tahu kalau perusahaan besar menerima lamaranmu ya!

 

 

  • Konfirmasi kedatangan

 

Jika HRD sudah menghubungimu lewat email maupun telepon pribadi, segera konfirmasi kedatangan dengan jelas. Ini akan membantu HRD menyusun jadwal dan memastikan jumlah kandidat yang datang. 

 

 

Itu tadi 4 hal yang sering dilupakan ketika mengirim lamaran pekerjaan, sekarang harus lebih diperhatikan ya. Intinya kamu harus teliti dan beretika agar surat lamaranmu bisa diterima dan lolos ke tahap selanjutnya. Yuk temukan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.


tutup
Registrasi berhasil

tutup