Pencari Karir Pencari Kandidat

Jangan Ragu Ambil Magang Setelah Lulus, Ini Keuntungannya

24 Juni 2021 04:06 3008 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Setelah selesai di jenjang pendidikan tentunya kita semua mau cepat-cepat dapat pekerjaan. Tapi, pas coba melamar kerja sana sini, nyatanya mendapat panggilan kerja nggak secepat dan semudah yang dibayangkan.

 

Banyak perusahaan yang mencari kandidat berpengalaman, terus gimana dengan fresh graduate yang sama sekali belum pernah bekerja secara profesional? Jawabannya bisa dengan mengikuti program magang.

 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program magang, yang pasti bisa jadi bekal dan batu loncatan untuk karir kamu kedepannya.

 

Kamu lagi cari lowongan kerja di wilayah Banyuwangi? Temukan selengkapnya di sini.

 

1. Mendalami profesi dan mengenal detail pekerjaan di sebuah divisi

Selama masa magang kamu akan belajar memahami sebuah profesi, apa saja pekerjaannya, bagaimana cara kerjanya, sampai keterampilan apa yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

 

 

Berbeda dengan karyawan, sebagai anak magang kamu punya waktu lebih leluasa untuk mempelajari banyak hal. Biasanya seniormu akan memberikan banyak penjelasan, tentang bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan sampai divisi mana aja yang akan bekerja sama denganmu.

 

2. Biar nggak kaget dengan budaya kerja profesional

Jelas dunia kerja itu berbeda dan nggak sesederhana kerja lalu digaji. Meskipun budaya dan lingkungan kerja itu berbeda di setiap perusahaan, kamu bisa belajar menempatkan diri dan mengenal secara garis besar bagaimana sistem kerja di ranah profesional.

 

3. Ini kesempatan kamu belajar dan mengembangkan diri!

Dari magang kamu bisa belajar apa kekuatan dan kelemahanmu, sehingga kamu tau skill apa yang harus dikembangkan. Seniormu akan banyak memberikan feedback dan saran lebih banyak dibanding saat kamu sudah menjadi karyawan nantinya.

 

 

Untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal ajukan pertanyaan jika ada hal yang mau kamu dalami, amati bagaimana seniormu bekerja, dan jangan takut salah, justru kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut.

 

Magang juga memberimu kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan. Biasanya sih anak magang akan diberikan pekerjaan yang beragam, supaya bisa menentukan bakat dan potensi kerjamu.

 

Kamu lagi cari lowongan kerja di wilayah Depok? Temukan selengkapnya di sini.

 

4. Kamu akan punya keunggulan di pasar tenaga kerja

Salah satu manfaat magang yang paling penting adalah mendapatkan pengalaman kerja yang memberimu nilai lebih di mata perekrut.

 

Pengalaman magang membuat para lulusan baru lebih dilirik karena biasanya mereka membutuhkan lebih sedikit pelatihan dan terlatih menangani lebih banyak tanggung jawab.

 

5. Rasa kepercayaan diri kamu jadi ikut bertambah

Program magang memberimu kesempatan untuk menunjukkan kemampuan diri, bagaimana melakukan presentasi, berdiskusi, mengajukan ide, dan bekerja sama dengan divisi lain.

 

 

Lewat berbagai kegiatan tersebut, kepercayaan dirimu akan semakin terasah, kamu jadi lebih tau bagaimana menetralisir rasa gugup saat harus dihadapkan pada banyak orang.

 

Sudah siap ikut program magang? Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Menunjukkan Dedikasi Terhadap Pekerjaan pada Saat Magang

Menunjukkan Dedikasi Terhadap Pekerjaan pada Saat Magang

Menunjukkan dedikasi terhadap pekerjaan dapat meningkatkan etos kerja kamu dan membuat pihak perusahaan mengapresiasi cara kamu bekerja. Pada saat magang, menunjukkan dedikasi sepenuhnya terhadap pekerjaan dapat membuat peluang kamu akan diterima bekerja disitu nantinya.   Lalu bagaimana bentuk dedikasi dan menunjukkan dedikasi terhadap pekerjaan yang sedang kita geluti? Inilah kiat-kiatnya :   Selalu Terlihat Bahagia   Menunjukkan aura positif dalam diri kamu dan selalu bahagia ketika berada di tempat kerja, dapat membuat kamu terlihat ber-dedikasi terhadap pekerjaan yang kamu geluti. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu merasa nyaman tanpa tekanan ketika bekerja, tersenyum salah satu cara menggambarkan rasa bahagia kamu.   Tepat Waktu   Selalu tepat waktu ketika menyelesaikan tugas atau datang ke tempat kerja, merupakan bagian dari menunjukkan dedikasi kamu terhadap pekerjaan. Selesai beberapa menit lebih cepat juga semakin menunjukkan bahwa kamu orang yang tepat bagi perusahaan.   Menjaga Kebersihan   Tampil dengan rapi dan selalu menjaga kebersihan pada tempat kerja juga menunjukkan dedikasi kamu, merapikan meja kerja dan menatanya dengan rapi juga membuat kamu semakin percaya diri dan disenangi oleh banyak orang.   Selalu Tampil Energik   Terlihat semangat dan energik ketika bekerja merupakan gambaran dari dedikasi yang besar, cepat dan sempurna dalam mengerjakan tugas yang diberikan akan membuat kamu lebih profesional seiring waktu. Jangan menunjukkan mood yang depresi dan selalu terlihat lelah kepada atasan.   Menjalin Hubungan Akrab Dengan Rekan Kerja   Jika kamu memiliki hubungan yang akrab pada setiap rekan kerja, akan membangun lingkungan kerjasama tim yang meaningful dan memiliki sense of belonging pada setiap rekan. Hal itu juga membuat formasi hubungan yang kondusif dan berharga di lingkungan kerja.   Pandai Menawarkan Solusi   Karyawan yang merasa nyaman terhadap pekerjaannya akan terus memberikan solusi agar lingkungan kerja menjadi semakin nyaman. Memberikan solusi ketika ada masalah terhadap perusahaan maupun perubahan sistem dalam bekerja juga menunjukkan dedikasi kamu dan terlihat peduli pada kondisi yang terjadi pada lingkungan kerjamu.      
Meminimalisir Kesalahan Kerja di Tempat Magang

Meminimalisir Kesalahan Kerja di Tempat Magang

Sebagai anak magang yang baru mendapat pengalaman dalam bekerja, wajar jika masih banyak kesalahan kerja yang kita lakukan di tempat magang. Entah itu terlihat sepele atau hal-hal yang bisa atau terbilang besar. Inilah tips memperbaiki kesalahan yang  saat bekerja magang.   Menyia-nyiakan Waktu Orang Lain   Belajarlah pada lingkungan kerja dengan cepat, hindari untuk mengajukan pertanyaan sepele yang beruntun pada orang lain. Orang lain pastinya akan merasa sangat terganggu jika kita selalu menanyakan setiap hal padanya, ada baiknya kamu kumpulkan terlebih dahulu setiap materi pertanyaanmu untuk diajukan di satu waktu.   Memendam Pendapat   Sebagai orang yang mencari pengalaman baru di dunia kerja, ada baiknya kamu membangun hubungan pada orang di lingkungan kerja kamu. Dan jangan ragu untuk mengutarakan pendapat, terutama jika kamu diminta.   Terlambat   Selalu terlambat ketika datang ketempat kerja, dan selalu telat dalam mengerjakan tugas yang sudah ditetapkan waktu target penyelesainnya. Membuat citra kamu menjadi buruk sebagai anak magang, kesalahan inilah yang harus kamu hindari. Jangan sampai telat pada waktu yang ditetapkan oleh staft di tempat kerja.   Malas   Menjadi anak magang yang malas ketika mengerjakan suatu tugas yang diberikan, merupakan kesalahan besar yang harus kamu hindari. Untuk mendapatkan pengalaman kerja yang besar, kamu harus menjadi pribadi yang haus akan pengetahuan agar menjadi bekal ketika kamu terjun ke dunia kerja nantinya.   Cuek   Tidak membangun hubungan pada rekan yang ada di tempat magang merupakan bentuk kesalahan yang harus kamu kurangi, datang dan pulang hanya untuk bekerja magang tidak membuat kamu mendapatkan banyak hasil pada pengalaman. Menjalin komunikasi pada rekan atau senior yang bekerja disana, dan bertukar pengetahuan seputar pengalaman yang kamu incar merupakan hal yang bagus.   Mengulangi Kesalahan yang Sama   Jika kamu pernah melakukan kesalahan dan mendapat teguran dari atasan, sebaiknya jangan sampai melakukan kesalahan serupa dengan dampak yang berbeda. Mengulangi kesalahan menggambarkan kepribadian kamu yang tidak mau berubah dan menjadikan kamu jelek dimata orang lain.    
Komentar