Pencari Karir Pencari Kandidat

Ini Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Berbagai Keperluan

24 Maret 2021 20:03 9932 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Contoh surat keterangan kerja seperti apa? - Surat keterangan kerja adalah bukti tertulis yang menerangkan bahwa benar kamu merupakan karyawan dari suatu perusahaan tertentu.

 

Biasanya, surat keterangan ini diperlukan untuk mendaftar pekerjaan baru atau sebagai salah satu persyaratan administrasi dari kepentingan lain seperti KPR, pembuatan paspor sampai visa. 

 

Contoh surat keterangan kerja yang baik adalah yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan terkait ditandai dengan cap atau tanda tangan basah. Adapun surat ini nantinya bisa menjadi bukti tertulis yang resmi dari perusahaan kepada pegawainya. 

 

Dalam pembuatannya, surat keterangan kerja dikeluarkan oleh bagian personalia yang memiliki kewenangan terkait urusan administrasi karyawan.

 

Untuk penandatanganan biasanya dilakukan oleh seorang atasan di bidang divisi tertentu atau beberapa diantaranya harus ditandatangani oleh pimpinan tertinggi.

 

Contoh surat keterangan kerja

Membuat surat keterangan kerja pada umumnya tidak ada standar atau format penulisan tertentu. Namun, isi dari surat keterangan kerja bisa disesuaikan dengan keperluan dan tujuan pembuatannya. 

 

Untuk surat keterangan kerja yang bersifat internasional, seperti untuk pembuatan Visa, biasanya akan menggunakan Bahasa Inggris. Sejumlah komponen utama yang harus ada dalam surat keterangan tersebut di antaranya:

  • Kop surat
  • Nomor surat
  • Keterangan tanggal
  • Data identitas diri yang bersangkutan
  • Tanda tangan pimpinan
  • Cap basah perusahaan

 

Nah, berikut adalah sejumlah contoh surat keterangan kerja untuk beberapa keperluan tertentu.

 

 

1. Surat keterangan kerja secara umum

Kop surat

 

Surat Keterangan

 

Nomor surat dan tanggal

 

Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa:

 

Nama:

Alamat:

Jabatan:

 

Adalah benar pernah bekerja pada (nama perusahaan dan tempat bekerja) sebagai (jabatan umum) yang berkedudukan di (alamat perusahaan) dari tanggal (tanggal/bulan/tahun) sampai dengan (tanggal/bulan/tahun) dengan posisi terakhir sebagai (posisi dalam divisi). 

 

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. 

 

Jakarta,………

Nama perusahaan

(Tanda tangan)

(Nama jelas)

(Posisi)

 

2. Contoh surat keterangan kerja untuk paspor 

Hal: Rekomendasi Pembuatan Paspor

 

Kepada Yth.

 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I

 

Alamat

 

Provinsi/Kota

 

Dengan Hormat,

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

 

Jabatan:

 

Perusahaan:

 

Menyatakan bahwa:

 

Nama:

 

Jabatan:

 

No KTP:

 

Alamat:

 

Adalah benar merupakan salah satu karyawan (nama perusahaan) yang mulai bekerja sejak (bulan/tahun) hingga saat ini.  Surat keterangan kerja ini dibuat untuk kelengkapan berkas terkait pengajuan pembuatan paspor untuk (alasan pembuatan).

 

Demikian surat ini kami ajukan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya, 

 

Tanda tangan

 

(nama jelas)

Jabatan

 

 

3. Contoh surat keterangan kerja untuk KPR

Kop surat

 

Nama perusahaan

 

Alamat Perusahaan

 

Telp … Fax. …

 

SURAT KETERANGAN KERJA

 

Nomor surat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

 

Nama   :

 

Jabatan:

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

 

Nama   :

 

Alamat :

 

NIP     :

 

Jabatan :

 

Dengan ini menerangkan bahwa saudara (nama karyawan) adalah benar-benar karyawan tetap (perusahaan) yang sudah bekerja sejak (tanggal/bulan/tahun) hingga saat ini.

 

Surat keterangan kerja ini dibuat sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di atas. Demikian surat keterangan kerja ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Hormat Kami

 

Tanda tangan

 

(Nama jelas)

 

Direktur (nama perusahaan)

 

Nah, itu tadi beberapa contoh surat keterangan kerja yang akan berguna untuk berbagai keperluan. Temukan berbagai tips karir dan informasi seputar dunia kerja terlengkap hanya di JatimCerdas.id!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Menulis CV yang Baik Untuk Magang

Menulis CV yang Baik Untuk Magang

Anak magang pasti kesulitan untuk membuat CV yang menarik  hati HRD. Sahabat TopKarir harus memiliki keahlian dalam menulis CV sesuai dengan keahlian kamu. Usahakan untuk tidak membuat riwayat pekerjaan palsu karena HRD sudah tahu kapasitas kamu sebagai calon anak magang dan membutuhkan pengalaman. Untuk itu ada bebarapa kiat untuk menulis CV ala anak magang. Jelaskan Objektivitas dengan Menarik Sebagai anak magang kamu harus membuat dan menjelaskan dengan tepat objektivitas kamu untuk ikut dalam program magang. Kamu harus menjelaskan bahwa objektivitas kamu adalah untuk memahami industri yang kamu minati lebih dalam   Ada Sertifikat Pelatihan Softskill Lampirkan Perusahaan tidak begitu saja menerima anak magang dengan softskill yang seadanya. Anak magang juga memerlukan softskill yang dibutuhkan perusahaan. Nah, masih ada waktu untuk kamu mengikuti pelatihan softskill. Jangan pernah kamu memikir biayanya mahal, karena itu adalah aset yang berharga untuk kamu dikemudian hari. Dengan adanya kapasitas kamu dalam mengikuti pelatihan maka HRD sudah pasti memberikan penilaian yang beda.   Tulis Pengalaman Organisasi atau Event yang Kamu Tangani Kamu seharusnya dalam kegiatan kampus aktif. Artinya kamu akan terbiasa untuk mengenal struktur organisasi dan  kepemimpinan. Kamu juga akhirnya terbiasa dan terlatih dalam menjalankan event kampus. Perlu dicatat, setiap perusahaan tentunya selalu mengadakan event dan mungkin perusahaan membutuhkan keahlian kamu ini.   Sediakan Portofolio Kamu Portofolio pekerjaan bisa saja menggunakan tugas kuliah kamu yang dinilai sukses. Contohnya, tulisan kamu berhasil dimuat di tajuk wacana media nasional. Lampirkan tulisan tersebut dan ini juga bisa dijadikan senjata andalan kamu pada saat interview nanti.   Minta Surat Rekomendasi Setiap mahasiswa atau pelajar sudah psti memiliki catatan dan kesan tersendiri dari pengajarnya. Untuk itu kamu bisa meminta bantuna pengajar kamu dalam hal surat rekomendasi. Surat rekomendasi biasanya menceritakan diri kamu dalam keterampilan bidang akademik. Dengan adanya tambahan surat rekomendasi maka akan semakin membuat kualitas CV kamu semakin menarik. Itulah kiat membuat CV ala anak magang. Kamu jangan pernah menyerah dalam membuat CV yang baik. Buatlah CV sesuai dengan karakter kamu, jangan pernah menjiplak CV karya teman Sahabat TopKarir ya.    
Tips Membuat CV Menarik

Tips Membuat CV Menarik

Curiculum Vitae (CV) adalah hal yang paling penting jika kamu mau melamar kerja. Hal  pertama yang diminta oleh pihak perusahaan tentu saja CV yang kamu punya, apasih CV itu? CV adalah resume atau gambaran singkat diri kamu, lewat cv inilah perusahaan akan mendapatkan first impression tentang kamu. Itu tandanya kamu harus serius dalam membuat CV, karena CV adalah salah satu usaha untunk menjual kemampuan kamu yang akan menarik perusahaan. Untuk menarik pihak perusahaan, tentu aja kamu harus membuat CV yang menarik, terus gimana sih cara membuat CV yang menarik? Yuk disimak!   Sederhana Supaya pihak perusahaan lebih mudah untuk mengetahui tentang diri kamu, buatlah CV yang sederhana dan jelas. Biasanya CV pelamar kerja yang masuk ke perusahaan sangat banyak, dan perusahaan nggak punya banyak waktu untuk membacanya. Kalau CV kamu sudah terlihat bertele-tele dan merepotkan, tentu aja pihak perusahaan nggak akan tertarik.    Desain Menarik Jangan remehkan Desain yang ada pada CV kamu, dengan desain yang menarik bisa membuat pihak perusahaan tertarik dan tidak bosan melihatnya. Desain yang menarik juga akan membuat perusahaan berfikir kamu memang niat untuk melamar kerja. Kalau kamu bingung gimana membuat desain yang menarik untuk CV kamu, nggak perlu bingung sudah banyak yang menyediakan template desain CV yang menarik dan kamu tinggal cari di mbah google lalu mendownloadnya.    Jelas dan Padat Data-data tentang diri kamu yang ada di dalam CV harus jelas dan padat, masukan nomer telpon yang bisa dihubungi, email, alamat, dan akun sosial media kamu agar pihak perusahaan bisa gampang menghubungi kamu. Kalau kamu aja susah dihubungi udah pasti pihak perusahaan jadi nggak tertarik sama kamu.   Gimana? Udah siap bikin CV yang kece dan menarik? kalau CV kamu udah ready nggak perlu nunggu-nunggu lagi, langsung aja apply ke perusahaan yang kamu mau lewat website www.topkarir.com, sekarang apply pekerjaan nggak pake ribet.
Komentar