Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Hari Pertama Kerja | TopKarir.com

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Hari Pertama Kerja

08-07-2019 16:22:59

 

Menjelang hari pertama masuk kerja, perasaan grogi bisa muncul secara tiba-tiba. Hal ini wajar, apalagi bagi kamu yang baru lulus kuliah dan ini akan menjadi pengalaman kerjamu yang pertama. Tapi jangan khawatir, berikut ada tips agar kamu tidak grogi. Yuk, simak apa saja sih yang harus kamu perhatikan agar hari pertama kerja menjadi mengesankan! 

 

  • Berpakaian rapi sesuai peraturan kantor

Kamu bisa pastikan dulu ke perusahaan, apakah ada seragam yang wajib kamu kenakan saat bekerja. Jika tidak ada aturan seragam, maka sebaiknya kamu memilih pakaian yang formal untuk dikenakan. Biasanya, orang akan melihat penampilan luar sebagai kesan pertama. Tentu kamu tidak mau kan meninggalkan kesan buruk?

 

  • Membawa alat tulis lengkap

Terlebih di hari-hari pertama, kamu pasti akan sering sekali mencatat hal-hal penting, mulai dari sejarah perusahaan, deskripsi pekerjaan, bagaimana pekerjaan biasanya diselesaikan, dan lainnya. Tentu kamu tidak ingin dicap tidak siap bekerja karena tidak membawa alat tulis lengkap.

 

  • Datang pagi, pulang telat

Ini adalah aturan tidak tertulis yang harus kamu ketahui. Saat kamu datang pagi, kamu bisa mendapat banyak keuntungan, seperti di nilai displin dan kamu juga dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk memperhatikan situasi tempatmu bekerja. Kalau jam sudah menunjukkan waktu pulang, ingat untuk memperhatikan lingkungan sekitar, terutama atasanmu. Bila atasan masih sibuk dengan pekerjaannya, ada baiknya kamu menunggu hingga atasan pulang terlebih dulu. Tapi kalau atasan menyuruhmu untuk pulang, ya sudah kamu pulang. Yang terpenting, jangan lupa pamit ya!

 

  • Bersikap ramah

sudah seharusnya kamu bersikap ramah terhadap semua orang. Senyumlah setulus mungkin dan sapa semua karyawan yang kamu lihat. Jangan lupa juga untuk perkenalkan diri, posisimu di tempat kerja, dan hal penting lain yang bisa disampaikan. Kalau ada yang bertanya lebih tentang dirimu, jawablah dengan senang hati.



  • Tidak memamerkan pengetahuan

Kamu tentu harus punya modal untuk mampu mengerjakan tugas-tugasmu, tapi anggaplah dirimu sebagai orang kecil yang masih perlu banyak belajar. Belajarlah rendah hati. Percaya deh, kamu akan bisa menyerap banyak ilmu baru yang belum kamu tahu sebelumnya. 

  • Gunakan jam istirahat untuk berbaur dengan karyawan lain

Manfaatkan waktu istirahat mu untuk berbaur dengan teman kerja. Ini kesempatanmu untuk lebih dekat dengan teman-teman kerjamu. Jika kamu dekat dengan karyawan lainnya, hal itu nanti akan menguntungkan dirimu dalam menyelesaikan pekerjaan.



Itu dia tips nya, gimana udah siap bekerja di hari pertama? Yuk simak tips lainnya di TopKarir, download aplikasinya ya!


tutup
Registrasi berhasil

tutup