KANDIDAT PERUSAHAAN

Hal Penting yang Harus Disiapkan Fresh Graduate Sebelum Melamar Pekerjaan

24 Maret 2021 20:03 16802 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Buat kamu yang baru lulus, selamat datang di “dunia yang sebenarnya”. Dunia dimana kamu akan bertemu dengan kehidupan kerja dan tanggung jawab yang lebih besar. Melamar pekerjaan pasti jadi proses selanjutnya yang harus kamu lalui. Pada tahap ini kamu akan menghadapi kemungkinan ditolak atau diterima di perusahaan yang kamu impikan. Meski sudah lulus dan dibekali ilmu pendidikan, nyatanya hal itu nggak cukup buat menarik perusahaan di luar sana untuk merekrut kamu. Ada beberapa hal yang penting juga kamu siapkan sebelum melamar pekerjaan. Apa aja ya? Simak yuk ulasan lengkapnya.



CV dan Portofolio yang menarik

CV kece buat fresh graduate adalah yang informatif, jelas dan yang penting update (berisi data terbaru), kemas dengan desain yang menarik agar banyak perusahaan yang melirik. Jangan lupa juga siapkan portofolio terbaik kamu berisi karya yang pernah kamu buat, baik itu karya tulis, desain, atau fotografi. Kehadiran media sosial seperti Instagram, Pinterest, atau Tumblr bisa jadi sarana menyajikan portofolio untuk “jual diri” kamu ke perusahaan juga.

 

Membangun personal branding

Yang juga perlu kamu siapkan sebelum melamar pekerjaan adalah membuat personal branding yang kuat. Dengan personal branding yang kuat kamu akan dikenal baik secara personal maupun profesional. Di era digital sekarang ini, HRD bisa mengecek apakah jejak digital kamu sesuai dengan keinginan perusahaan. Membangun personal branding yang baik akan membantu kamu memperoleh kredibilitas, relasi dan kesempatan karir yang menjanjikan.

 

Meningkatkan kepercayaan diri

Masalah yang biasa dialami fresh graduate mereka cenderung kurang percaya diri dan minder karena merasa belum punya pengalaman di dunia kerja. Buat kamu yang ngalamin masalah ini ada baiknya kamu coba mulai membangun komunikasi yang baik dengan orang-orang yang lebih dulu terjun sebagai profesional. Kamu bisa menambah pengetahuanmu seputar karir dan perkembangan industri yang sedang naik baru-baru ini. Dengan begitu kamu lebih percaya diri ketika membicarakan pekerjaan nantinya.

 

Pelajari perusahaan yang dituju

Sebelum mengirim melamar pekerjaan online, sebaiknya kamu telaah dulu perusahaan apa yang kamu tuju. Setidaknya kamu tau bagaimana jenis dan proses bisnis yang ada di perusahaan tersebut. Berdasarkan informasi yang kamu dapat, kamu juga bisa menilai apakah perusahaan yang dituju punya jenjang karir yang menjanjikan. Karena perusahaan yang berkualitas memberikan peluang karir dan kesempatan mengembangkan potensi bagi karyawannya.

 

Ikuti pelatihan dan sertifikasi

Sebelum melamar pekerjaan, kamu juga perlu nih mempersiapkan keahlian dengan mengikuti beragam pelatihan sesuai bidang yang kamu minati. Dengan ikut pelatihan dan sertifikasi kamu bisa menambah kompetensi kamu sebelum terjun ke dunia kerja, punya bukti kompetensi yang sudah diakui, punya “nilai jual” dalam proses rekrutmen, dan kesempatan karir yang besar.

 

Itu tadi 5 hal penting yang harus fresh graduate siapkan sebelum melamar kerja. Persiapkan diri kamu agar jadi kandidat terbaik yang dipilih perusahaan impianmu ya. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.

Komentar