Gunakan Imajinasimu Untuk Menghadapi Momen Interview Kamu | TopKarir.com

Gunakan Imajinasimu Untuk Menghadapi Momen Interview Kamu

13-05-2019 09:18:07

Pernah merasa bosan saat berkali-kali mengikuti interview tanpa hasil? Atau merasa takut dan deg-degan saat akan menghadiri interview pertama kamu? Jangan biarkan rasa ‘negatif’ itu merusak interview kamu yang berharga, padahal kamu sudah mempersiapkan segalanya dengan sunguh-sungguh. Coba bayangkan pengalaman interview kamu menjadi sesuatu yang menyenangkan. Anggap saja interview itu, kamu:

 

  • Sedang Piknik

Tips ini berlaku saat kamu datang interview bersamaan dengan beberapa kandidat lainnya selain kamu. Anggap saja ruang tunggu di kantor tempat kamu akan interview sebagai lokasi piknik kamu. Bawalah cemilan dan minuman kesukaan kamu yang bisa kamu konsumsi sambil menunggu giliran interview kamu. Jangan lupa bawa juga buku atau novel favorit kamu ya.

 

  • Sedang Study Tour

Anggap perusahaan yang kamu datangi sebagai museum tempat study tour kamu. Perhatikanlah setiap detail yang kamu temui saat menuju ruang HRD. Kalau perlu, bawa buku catatan dan catatlah hal-hal yang kamu anggap penting. Mungkin nanti informasi-informasi yang kamu catat tersebut, akan membantu kamu saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pihak interviewer.

 

  • Sedang Main Kerumah Teman

Hal ini udah pasti sering kamu lakukan. Kamu pasti akan merasa santai saat main ke rumah teman kamu, kan?! Lakukanlah hal yang sama saat datang interview. Anggap saja HRD perusahaan yang akan menginterview kamu itu teman kamu. Kamu bisa mengganggap proses interview sebagai momen ‘ngobrol’ kamu dengan temanmu. Siapa tau mungkin nanti HRD memang akan jadi teman di kemudian hari.

 

  • Sedang Jalan-Jalan

Buat kamu yang senang jalan-jalan, baik itu jalan ke mall ataupun ke tempat wisata. Lakukanlah hal yang seperti saat kamu sedang jalan-jalan. Nikmatilah perjalanan kamu menuju perusahaan tempat kamu interview. Perhatikanlah sekeliling kamu selama perjalanan, seolah-olah ini pertama kalinya kamu melewati jalan tersebut (ya meski sebenarnya kamu sudah ribuan kali lewat jalan itu). Perhatian gedung serta berbagai sudut ruangan dari kantor tersebut, seperti halnya kamu pertama kali dapat ke sebuah tempat wisata. Tentu saja, hal ini dapat membuat kamu lebih santai dan mengurangi ketegangan kamu.

 

  • Sedang Melamar Pacar Kamu

Buat kamu para cowo, anggaplah ini ajang kamu bertemu dengan calon mertua untuk melamar pacar kamu tercinta. Pastinya kamu akan melakukan hal tersebut dengan meyakinkan dan percaya diri,, namun tetap dengan pembawaan santai kan?! Apapun pasti akan kamu lakukan demi sang pacar tercinta tentunya.

 

 

Jadi Sabahat Topkarir, buatlah pengalaman interview sebagai hal yang menyenangkan. Karena saat kamu melakukan sesuatu dengan hati dan pikiran ‘positif’, yakinlah kamu ada mendapatkan hasil yang positif juga.

 

Oleh : Yudha Prawira


tutup
Registrasi berhasil

tutup