Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri agar Hidup Lebih Bahagia

15 Februari 2022 12:02 2543 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Mencintai diri sendiri atau self-love adalah salah satu cara yang harus dilakukan seseorang ketika mau melangkah dan mencapai perkembangan dalam hidupnya.

 

Mencintai apa yang ada di diri kamu dan merawatnya dengan penuh perhatian adalah bentuk usaha agar hidup bahagia.

 

Namun mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan adanya media sosial saat ini. Rasanya seperti ada aja hal-hal yang bikin kita merasa nggak cukup baik atau perasaan bersalah saat harus mengutamakan diri sendiri.

 

Memulai self-love membutuhkan waktu, kesabaran, dan juga latihan. Tetapi psikolog menegaskan, semua orang pantas merasakan dan mendapatkan self-love dari dirinya.

 

Berikut beberapa cara mudah mencintai diri sendiri yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebahagiaan.

 

1. Syukuri setiap pencapaian kamu

Bersyukurlah atas apa yang kamu raih sampai saat ini. Hargai dirimu meskipun pencapaian itu terkesan kecil.

 

Namun dimulai dari menerima dan menghargai setiap usaha yang kamu kerahkan untuk ada di titik ini akan jadi awal yang baik untuk mendapatkan self-love.

 

Jangan bandingkan pencapaianmu dengan orang lain, fokus pada setiap langkahmu untuk mencapai target yang kamu inginkan.

 

2. Lakukan hal-hal yang kamu suka

Seringkali kita terlalu banyak memikirkan penilaian orang lain yang malah membatasi diri untuk melakukan apa yang kita suka.

 

Jadi, mulai sekarang buang jauh-jauh pikiran negatif dan lakukanlah hal positif yang membuatmu bahagia.

 

Kamu bisa menyalurkan hobimu, traveling, gabung komunitas bareng orang-orang dengan kesamaan minat, atau sekedar nge-post konten yang kamu suka di media sosial.

 

3. Berteman dengan orang-orang yang positif

Nyatanya energi positif bisa mempengaruhi kamu lho.

 

Orang-orang dengan energi baik yang ada di sekeliling kamu bisa mendorong pembentukan self-love. Mereka yang menyayangi kita dan penuh dukungan membuatmu selalu bersyukur dan meyakinkan diri bahwa kamu pantas mendapatkannya.

 

Bertemu dan kumpul bareng orang-orang yang penuh cinta menjadi sebuah keuntungan. Kita bisa mendapat kebahagiaan dengan melakukan kegiatan-kegiatan dan obrolan yang positif.

4. Me time tanpa gadget

Kamu juga bisa melakukan aktivitas apapun yang membuatmu lupa akan gadget dan media sosial.

 

Salah satu sumber ketakutan dan rasa kurang bersyukur sering timbul dikarenaka kita banyak mengkonsumsi postingan di media sosial.

 

Kegiatan di luar rumah seperti bersepeda, berenang, spa, piknik di taman, menonton film kesukaan bisa menjadi referensi kamu untuk me time dan sejenak melupakan gadget.

 

5. Makan makanan yang sehat

Cara lain untuk mencintai diri sendiri adalah dengan memperhatikan pola dan asupan makanan.

 

Di situasi pandemi saat ini apalagi, kamu diharuskan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghindari ancaman virus yang berbahaya.

 

Salah satu caranya dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah.

 

Dilansir indonesiabaik.id, Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan demi menjaga kesehatan sejumlah 400 gram per orang dalam satu hari.

 

Takaran tersebut terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah, (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang, 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang).

 

Untuk mendukung self-love kamu, TopKarir memberimu voucher spesial dari Cari Sayur agar kamu bisa belanja sayur dengan mudah dan hemat.

 

Yuk, ambil voucher-mu sekarang dan mulai pola hidup sehat untuk lebih mencintai diri sendiri dan bahagia versi kamu!

 

 

Temukan voucher menarik lainnya di aplikasi TopKarir cuma buat kamu, karena kamu Si Paling Spesial. Download TopKarir di App Store atau Play Store.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Kamu pasti pernah bertemu teman lamamu yang sekarang sudah sukses berkarir, atau melihat kehidupan mewah teman-temanmu di media sosial, lalu kamu langsung merasa down. Kamu pun terus bertanya kenapa di umur yang sama orang bisa sukses dan hidup bahagia? Padahal kamu juga terus-terusan berusaha. Alhasil kamu cuma bisa membanding-bandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Kalau gak bisa menjadikannya sebagai motivasi yang ada malah muncul rasa iri dan dengki, gak mau kan? Nah cara berikut ini bisa kamu terapkan untuk bebas dari sifat membanding-bandingkan.     Yakin bahwa diri kamu ada di jalan terbaik   Setiap orang menjalani proses hidup yang berbeda-beda. Tidak adil rasanya kalau kamu membandingkan hidupmu dengan orang lain, karena mimpi dan kondisi hidup setiap orang juga berbeda. Lihatlah pencapaianmu saat ini belum tentu orang lain bisa merasakan pengalaman yang sama.     Syukuri sekecil apapun pencapaianmu   Keberadaanmu sampai saat ini punya pengaruh baik untuk diri kamu sendiri dan orang lain, meski dalam hal kecil. Syukuri apa yang kamu miliki. Berikan apresiasi atas usaha yang sudah kamu jalani sampai detik ini ya.     Fokus pada proses, bukan hasil   Nikmati setiap proses yang kamu jalani, karena hidup bukanlah kompetisi. Jadikan setiap perjalanan sebagai pelajaran berarti untuk masa depan kamu nanti. Belajarlah dari banyak orang dalam mencapai kesuksesan, bukan hanya membandingkan.     Cobalah hal baru   Jangan pernah berhenti belajar. Jika kamu merasa gagal dan sulit mencapai kesuksesan dengan pilihan karir kamu sekarang, coba deh mulai hal baru. Temukan passion kamu dan nikmati hal-hal yang kamu suka.     Cintai diri sendiri   Hal yang membuat kita gak bahagia, salah satunya karena rasa iri. Hidup akan selalu tertekan dan gak percaya diri. Cintai diri kamu sendiri, pandang kehidupan orang lain sebagai motivasi untuk berusaha lebih baik lagi. Percayalah bahwa setiap kerja keras yang kamu lakukan akan berbuah hasil yang memuaskan.     Itu tadi 5 jurus jitu untuk berhenti membandingkan diri sendiri. Cinta diri kamu apa adanya ya, dan jangan berhenti berusaha mewujudkan mimpi, semua ada waktunya kok. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.
Cara Simpel Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Dikantor

Cara Simpel Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Dikantor

Rasa percaya diri bersumber pada keyakinan seseorang terhadap dirinya sendiri. Entah itu dalam berbicara di depan umum, berkomunikasi dengan orang, mencapai cita-cita, dan pekerjaan yang sedang digeluti. Nah rasa kepercayaan diri ini mirip dengan otot tubuh yang harus dilatih agar menjadi besar dan kuat, berikut ini cara untuk untuk membangun dan mempertahankan rasa percaya dirimu. Yuk disimak ya!   Tonjolkan kelebihan Setiap orang tentu mempunyai kelebihannya masing-masing, Jika kamu termasuk orang yang  introvert, kamu dapat menonjolkan kelebihan yang lain seperti ketelitian dan kecepatan kerja. Kamu harus ingat, fokuslah pada kelebihan, keterampilan dan bakat yang kamu miliki.   Ketahui kemampuan diri Salah satu cara terbaik untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan mengenali kekuatan yang kamu miliki dan menemukan bagaimana caranya untuk mengintegrasikan kekuatan tersebut itu ke setiap apa yang kamu lakukan setiap hari. Jadi jangan lupa untuk tampilkan kinerja terbaik di tempat kerja ya.   Bangun hubungan yang baik  Dengan cara menjalin hubungan baik dengan rekan kerja akan membuat kamu semakin nyaman dan percaya diri dalam bekerja, karena kamu akan paham karakter tiap tiap rekan kerja mu, sehingga akan timbul rasa saling percaya dan tidak ada lagi alasan untuk saling menjatuhkan antara satu dengan lainnya.    Jangan berhenti melatih kepercayaan dirimu Tidak ada keberhasilan yang dibangun dalam sekejap mata, begitupun dengan kepercayaan diri. Jangan berhenti melatih rasa percaya dirimu dan bangkitlah dengan lebih kuat, lebih cepat, dan lebih cerdas daripada sebelumnya ya.   Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu melatih rasa kepercayaanmu.  Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
Komentar