Cara Meyakinkan Pilihan Karir ke Orangtua | TopKarir.com

Cara Meyakinkan Pilihan Karir ke Orangtua

05-12-2019 05:53:35

Setelah lulus sekolah atau kuliah orangtua sering bertanya “kamu mau kerja apa?” tapi terkadang jawaban kita gak sejalan dengan pemikiran mereka. Generation gap adalah penyebabnya, yakni perbedaan cara pandang dan nilai antara generasi muda dan lebih tua. Orangtua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya, tapi setiap anak juga punya mimpi dan pilihan sendiri. Lalu bagaimana ya meyakinkan orangtua akan pilihan karir kita? Simak yuk tips-tipsnya

 

 

  • Sampaikan detail mimpimu

 

Orangtua yang ragu akan pilihan karir anaknya bisa jadi karena kekurangan informasi. Misalnya kamu bermimpi menjadi desainer, mereka perlu tahu bagaimana potensi sukses profesi tersebut. Jelaskan secara detail seberapa luas peluang kerja yang tersedia, rata-rata penghasilan, dan ceritakan orang-orang yang bisa sukses di bidang tersebut.

 

 

  • Tunjukkan kalau jalanmu memang disitu

 

Kamu punya mimpi menjadi animator tapi orangtuamu tidak pernah melihat kamu menggambar, bagaimana bisa meyakinkan mereka? Kamu harus menunjukkan kemampuan kamu pada orangtua, tunjukkan prestasi di bidang yang kamu suka. Mulailah membuat karya dan konsisten, perlihatkan bukti kalau kamu memang serius dengan pilihanmu.

 

 

  • Buat startegi dan rencana karirmu

 

Terkadang apa yang kita rencanakan memang gak sejalan, tapi perencanaan yang matang bisa memudahkan kamu mencapai tujuan. Ceritakan rencana kamu pada orangtua dan buktikan pada mereka kalau kamu bisa. Buat juga cadangan karir, untuk jaga-jaga kalau kamu menemui hambatan. Adanya pilihan membuat orangtua punya pertimbangan.

 

 

  • Tunjukkan perusahaan incaran kamu

 

Kalau orangtuamu masih belum percaya, coba berikan link website perusahaan yang kamu impikan, supaya pandangan mereka jadi lebih luas dan terbuka. Tunjukkan informasi lengkap tentang profil perusahaan, lingkungan kerja, jarak dari rumah, sampai testimoni karyawannya.

 

 

  • Cari waktu yang pas untuk bicara

 

Terkadang orangtuamu bukan tidak setuju tapi momennya saja yang kurang tepat. Coba deh bicarakan dengan santai diwaktu luang, atau saat mereka sedang tidak memikirkan pekerjaan. Bisa saja orangtuamu luluh dan malah mendukung pilihan karir kamu.

 

Itu dia 5 tips jitu meyakinkan orangtua akan pilihan karir kamu, semoga bisa membantu sahabat TopKarir ya. Yuk simak tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga


tutup
Registrasi berhasil

tutup