Cara Menghadapi Penolakan Saat Mencari Kerja | TopKarir.com

Cara Menghadapi Penolakan Saat Mencari Kerja

13-05-2019 09:22:15

Ditolak dalam hal apapun kadang sangat menyakitkan perasaan terutama jika ditolak saat melamar kerja. Menaruh lamaran di perusahaan yang telah lama kamu incar memang ada harapan untuk diterima. Tapi, kenyaataan berkata lain. Kamu mendapatkan e-mail atau telepon bahwa kamu nggak lolos dalam tahapan yang selanjutnya.Namun jangan sampai kamu jadi patah semangat dulu Sahabat TopKarir, Sebenarnya, apa sih yang harus kita lakukan dalam menghadapi penolakan? kamu bisa lakukan beberapa hal ini.

 

  • Berikan respon yang baik

Rasa penyesalan pasti ada saat membaca pengumuman yang seperti itu. Namun kamu harus tetap menunjukkan etika baik. Jangan abaikan begitu saja. Kamu bisa segera membalas e-mail tersebut Cukup dengan memberikan respon yang sopan dan ucapkan terima kasih.

 

  • Hadapi dengan optimis

Jika kamu ditolak, selalu tanamkan pikiran bahwa memang kamu bukanlah seseorang yang dicari oleh perusahaan tersebut bukan karena faktor kebodohan atau kurang skill. Sebuah perusahaan pastinya akan mencari kandidat yang kriterianya sudah ditentukan sejak lama dan hal ini akan berpengaruh dari interviewer yang menilai apakah seseorang ini cocok bagi kultur perusahaan



  • Coba posisi lain

Apakah kamu pernah terpikir untuk mencoba posisi lain? Kalau belum, mungkin ini saatnya,  secara tidak sadar kamu memiliki skill lain yang selama ini tidak pernah kamu coba bahkan kamu impikan. Kamu pun mungkin tidak pernah sadar juga bahwa kamu memiliki kemampuan tersebut. Tidak ada salahnya lho melamar pekerjaan yang masih sedikit asing untukmu. Kalau tidak dicoba kita tidak akan pernah tahu kan?



  • Mengasah skill

Mungkin awalnya kamu merasa nervous namun lama kelamaan kamu akan percaya diri dalam berbicara. Nah pengalaman-pengalaman inilah yang dapat membentuk kamu menjadi seseorang bermental baja. Dengan pengalaman interview di tiap kesempatan juga dapat menjadi bahan pembelajaranmu untuk interview selanjutnya.

 

Itu dia tipsnya Sahabat TopKarir. Sudahkah kamu cek lowongan terbaru di www.topkarir.com? Siapa tahu perusahaan impianmu sedang membuka lowongan yang sesuai dengan kemampuanmu. Semangat Sahabat TopKarir!


tutup
Registrasi berhasil

tutup