Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Membuat Surat Perjanjian Kerja Sama dan Contohnya

24 Maret 2021 20:03 7273 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Surat perjanjian kerjasama adalah surat klausul atau ketentuan khusus yang dibuat sebagai kesepakatan tertulis antara dua atau lebih pihak yang berhubungan. Perjanjian kerja sama atau yang juga dikenal dengan Memorandum of Understanding (MoU) berisi perihal hak dan kewajiban para pihak terkait yang telah disetujui bersama dan bersifat mengikat.

 

MoU atau surat perjanjian kerjasama memiliki fungsi sebagai bukti tertulis yang menjelaskan bahwa pihak bersangkutan yang tercantum dalam dokumen adalah pihak yang mampu memenuhi seluruh kewajiban yang ditetapkan. 

 

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Fatal ini Saat Mengirim Email Lamaran Kerja

 

Secara umum, surat perjanjian akan memiliki fungsi sebagai bukti tertulis yang menjamin keamanan bagi semua pihak, berfungsi sebagai surat yang mendeskripsikan hak dan kewajiban, mengurangi risiko hingga sebagai acuan penyelesaian ketika terjadi masalah.

Lantas bagaimana cara membuat surat perjanjian kerjasama? Berikut ulasannya lengkap dengan contoh.

 

Baca juga: Cara Membuat CV yang Bikin HRD Jatuh Hati

 

Jenis Surat Perjanjian Kerjasama atau MoU

 

Sebelum membuat surat perjanjian, Anda perlu tahu jenis dari MoU yang biasa digunakan, yaitu:

  • Surat perjanjian autentik: surat ini biasanya dibuat, dihadiri, atau diketahui oleh pejabat pemerintah yang berperan sebagai saksi
  • Surat perjanjian di bawah tangan: surat perjanjian dibuat tanpa menghadirkan saksi atau tanda bukti dari pemerintah. 

Surat perjanjian kerjasama yang baik dan benar

Surat perjanjian yang sah dan benar memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ada judul kontrak yang ditulis dengan singkat, jelas dan padat
  • Identitas pihak yang bersangkutan dicantumkan dengan jelas
  • Latar belakang perjanjian ditulis dengan jelas
  • Jelaskan mekanisme penyelesaian masalah yang terjadi dalam sengketa
  • Memiliki tanda tangan dari seluruh pihak yang terkait
  • Surat perjanjian digandakan sesuai kebutuhan

 

Baca juga: 4 Tahap Menulis Email Pengajuan Magang

 

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

 

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama: 

Alamat: 

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama

 

Nama: 

Alamat : 

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua

 

Untuk selanjutnya antara pihak pertama dan kedua memiliki perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut:

 

Pihak pertama menitipkan barangnya pada pihak kedua dengan sistem konsinyasi. Pihak kedua mendapatkan 10%dari omzet penjualan barang titipan pihak pertama.

 

Jumlah maksimal penitipan barang yang dilakukan pihak pertama kepada pihak kedua adalah 100 pieces untuk setiap desainnya.

 

Pendisdissian barang untuk area Bandung dan sekitarnya diatur oleh pihak kedua.

 

Pihak pertama akan membantu promosi pihak kedua, begitu juga sebaliknya.

 

Pihak kedua melaporkan hasil penjualan kepada pihak pertama setiap bulannya, di awal bulan berikutnya disertai dengan penyerahan laba sebesar 90%dari omzet penjualan barang di tangan pihak pertama kepada pihak kedua.

 

Demikian perjanjian kerjasama ini kami buat untuk menjadi ikatan di antara kami.

 

Segala hal yang belum termuat pada perjanjian ini, dibicarakan bersama antara pihak pertama dan pihak kedua untuk mencapai mufakat di kemudian hari dan otomatis menjadi addendum pada perjanjian ini.

 

Perjanjian ini Kami buat secara penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari manapun.

 

Jika Terjadi perselisihan pada pelaksanaan perjanjian ini, maka kami sepakat menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan dan musyawarah.

 

Namun, jika ada kesalahpahaman atau masalah yang terjadi selama proses berlangsung, maka kami sepakat menyelesaikan secara hukum

 

Jakarta, 26 Agustus 2021.

 

Pihak Pertama                                                                Pihak Kedua,

 

(nama jelas)                                                                            (nama jelas)

 

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat surat perjanjian kerjasama adalah perlu adanya tanda tangan di atas materai yang menjadi dasar aturan secara hukum. Surat perjanjian juga harus dibuat tanpa adanya paksaan apapun. Selain itu, isi surat perjanjian haruslah ditulis secara jelas dan mudah dimengerti. Selain itu, surat perjanjian kerjasama harus dibuat secara sadar dan patuh pada Undang-Undang.

 

Selain seputar surat perjanjian, temukan juga berbagai tips HRD lainnya di sini

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Belum Bekerja, Jadi Freelancer Juga Menghasilkan

Belum Bekerja, Jadi Freelancer Juga Menghasilkan

Menurut catatan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia saat ini tingkat pengangguran menyentuh angka 7,02 Juta orang dimana untuk saat ini posisi lulusan baru atau fresh graduated tingkat Strata 1 berada di peringkat keempah  dengan mencatat adanya 750 ribu fresh graduated per tahunnya. Hal tersebut tentunya sangat miris untuk seorang lulusan Strata 1 hanya berdiam diri tanpa menyalurkan keahlian dan ilmu yang diperoleh semasa bangku kuliah.   Banyak yang beranggapan bekerja itu harus menjalani rutinitas office hours. Di era economic sharing seperti ini seharusnya kamu sebagai fresh graduated mampu untuk menghasilkan uang tanpa harus meminta orang tua atau bekerja dalam masa office hours. Office hours work memang sangat perlu untuk kamu karena kamu akan banyak belajar hal baru, akan tetapi biasanya memerlukan proses yang cukup lama dan dapat membuat kemampuan daya pikir kamu menurun. Untuk itu kamu perlu memahami betapa bergunanya menjadi seorang freelancer sebelum menjadi karyawan office hours.   Menambah Skill Untuk Memperkaya CV Kamu   Saat ini sudah banyak iklan mengenai lamaran pekerjaan freelancer baik melalui sosial media maupun platform pencari pekerja lepas. Dimulai dari iklan tersebut kamu bisa mencoba untuk melamar dan membuktikan skill yang kamu miliki. Gunanya adalah untuk memperkaya CV kamu dan juga sebagai portfolio. Seperti yang dikatakan oleh Batara Surya, seorang freelancer komersial fotografer  mengaku bahwa menjadi freelancer itu mampu menambah skill secara bertahap dan banyak belajar dari kritik dan saran dari klien pengguna jasa.   Memperkaya Koneksi Dalam Dunia Kerja   Memperkaya koneksi dalam dunia kerja itu adalah salah satu hal yang patut kamu syukuri saat menjadi seorang freelancer. Pasalnya kita akan bertemu dengan banyak client baru. Mungkin di bulan ini kamu bisa mengerjakan project pemerintah dan di bulan yang akan datang kamu bisa mendapatkan perusahaan besar yang kamu idolakan.   Memperkaya Pengetahuan Baru   Sebagai pekerja lepas tentunya kita akan selalu belajar tentang hal baru. Hal ini sudah menjadi fakta bukan sekedar imajiner semata. Seperti dikutip dari pernyataan Azhari Hidayatsyah, Digital Marketer mengklaim bahwa dirinya selalu mendapatkan hal yang baru mulai dari  membahas politik hingga fashion.   Dari Freelancer Menjadi Karyawan Tetap   Fenomena pekerja lepas menjadi karyawan tetap bukanlah sebuah isapan jempol semata. Hal ini sudah terbukti nyata dikarenakan dengan adanya etika kerja yang baik. Perlu diingat mengerjakan setiap project  harus didasari dengan komitmen yang tinggi dan hasil yang maksimal. Dengan komitmen yang tinggi biasanya, perusahaan yang mengajak untuk bekerja freelance akan memberikan penawaran menarik yang berupa untuk bergabung menjadi karyawan tetap.   Jadi masih berpikir untuk selalu jadi freshgraduated “pengangguran”?  
Komentar