KANDIDAT PERUSAHAAN

Cara Jitu Menemukan Passion untuk Karir Kamu

24 Maret 2021 20:03 6367 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kalau ngomongin passion, nggak semua orang beruntung bisa ketemu dengan passion mereka sampai saat ini. Banyak juga yang kebingungan menentukan arah karir karena belum menemukan apa yang benar-benar mereka sukai. Mengutip pengertian passion dari buku Young On Top Updated : 40 Kunci Sukses di Usia Muda, passion adalah sesuatu yang kamu cintai, dan ingin kamu lakukan terus-menerus meski tanpa bayaran sekalipun. Siapa sih yang mau kerja dan melakukan aktivitas setengah hati karena terpaksa? Pastinya akan lebih menyenangkan bekerja sesuai apa yang kita suka kan?

 

Passion yang ada dalam diri kita bisa jadi penentu tujuan hidup dan kesuksesan kita ke depan lho. Setiap bangun di pagi hari untuk bekerja, kamu akan selalu bersemangat, menikmati dan pastinya pekerjaanmu jadi lebih optimal. Dengan mengenal passion, kamu bisa lebih mudah menyusun rencana karir kamu kedepan, karena kamu tau apa yang harus dilakukan, dengan perasaan senang pastinya.

 

Bertemu dengan passion memang butuh waktu, tapi nggak ada kata terlambat untuk memulainya. Karena itu cari tau passion kamu dari sekarang, supaya bisa segera dikembangkan. Lalu gimana ya cara menemukan passion? Berikut TopKarir rangkum 6 cara cepatnya.

 

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuatmu semangat?

Selalu lakukan apapun sesuai kata hati asalkan tetap bertanggung jawab dan memikirkan dampaknya buat diri sendiri dan orang lain. Hal apa sih yang membuat kamu bersemangat melakukannya? Sesuatu yang membakar api semangatmu untuk bekerja sepenuh hati dan tanpa paksaan adalah passion yang membuat hidupmu lebih bahagia.

 

Temukan dari rasa iri “aku ingin seperti dia!”

Ternyata iri itu nggak selalu negatif lho. Melihat seseorang yang lebih sukses dan bahagia dengan karirnya bisa bikin kamu termotivasi. Dengan melihat seseorang sampai bisa di posisi hebat, membuat kamu ingin mengenal bagaimana proses dan aspek pekerjaan yang membawanya sampai ke posisi itu.

 

Siapa sosok panutanmu?

Punya dua tau tiga sosok yang menginspirasi bisa membantu kamu menemukan hal-hal yang kamu suka. Mungkin kamu mengagumi kecerdasannya, kesuksesan atau perjalanan karirnya. Dengan begitu kamu akan punya hasrat untuk mencoba menggali potensi diri dan mengikuti jejak karir orang-orang yang kamu jadikan inspirasi.

 

Adakah hal yang kamu pertahankan meski banyak penentangan?

Pernahkah kamu punya keinginan kuat untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan di bidang tertentu? Terkadang orang-orang di dekat kita khususnya keluarga punya pilihan sendiri untuk masa depanmu, tapi kalau kamu berusaha untuk tidak mengikutinya dan mencari jalan karir sendiri, itu pertanda passion kamu makin dekat. Nggak ada salahnya kok membuktikan diri akan pilihan karir sendiri dibanding menjalani sesuatu atas kehendak orang lain.

 

Ikuti tes minat dan bakat yang ngasih kamu pencerahan

Semakin cepat ketemu passion, kamu semakin punya banyak waktu untuk mengembangkannya. Cara tercepat untuk bisa menemukan passion yang tepat bisa ikutan Tes Minat & Bakat. Yuk cari tau bidang apa yang paling cocok buat kamu di sini.


Itu tadi 5 cara menemukan passion yang terpendam. Kalau sudah menemukan passion, kamu bisa lebih mantap menentukan bidang karir kamu nantinya. Apalagi buat kamu yang mau bekerja remote sebagai freelancer. Bekerja freelance nggak menuntut kamu untuk mengerjakan tugas di kantor, semua bisa dilakukan di rumah dan dalam jangka waktu project yang lebih pendek, jadi lebih fleksibel deh. Yuk temukan lowongan kerja freelance yang sesuai dengan bidang keahlianmu di TopKarir Freelance. Temukan informasi dan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang ya!

Komentar