Cara Efektif Menyampaikan Kritik ke Rekan Kerja | TopKarir.com

Cara Efektif Menyampaikan Kritik ke Rekan Kerja

04-12-2019 10:50:37

Dalam ekosistem kerja, berbeda cara pandang sudah jadi hal yang biasa. Terkadang rekan kerja atau kita sendiri melakukan kesalahan yang bisa mempengaruhi visi perusahaan. Memberi dan menerima kritik sudah jadi makanan sehari-hari, tapi seringkali kritik malah memunculkan konflik. Tidak mau kan hal itu terjadi? Sebelum menyampaikan kritik ke teman kerja, yuk perhatikan tips berikut ini.

 

 

  • Pahami permasalahanya berdasarkan fakta

 

Sebelum menyampaikan kritik, kamu harus paham dulu apa kesalahan teman kantor kamu berdasarkan fakta yang logis. Jangan cepat menyimpulkan mana yang benar dan salah, karena setiap orang punya latar belakang masalah yang berbeda, telusuri dulu akar masalahnya. Cermati kinerja rekanmu, jangan membawa penilaian pribadi, sampaikan kritik secara objektif.

 

 

  • Tahan emosi dan atur intonasi

 

Kenali dulu karakter rekan kerja kamu, kalau dia orangnya sensitif dan lembut kamu bisa memakai intonasi yang halus, kalau dia orang yang keras kamu bisa menyampaikan kritik dengan nada lebih tegas. Kontrol juga emosi kamu, sebesar apapun kesalahannya, sampaikan kritik dengan tenang, kalau kamu berapi-api bisa jadi dia semakin gak peduli. Buat suasana kantor tetap nyaman tanpa mancing permusuhan.

 

 

  • Berikan saran positif

 

Jangan buat rekan kerjamu merasa terpojok dengan tuduhan dan kata-kata yang menjatuhkan. Coba deh kamu kasih saran dan masukan yang membangun, itulah yang sebenarnya dia butuhkan.

 

 

  • Beri semangat dan dukungan

 

Bagaimanapun juga kamu dan rekan kerjamu saling membutuhkan, usahakan agar dia tidak down. Di akhir pembicaraan kamu bisa memberikan semangat dengan menepuk bahunya, mengajaknya berpelukan, dan jangan lupa kasih senyuman. Semangati dia dengan kata-kata yang memotivasi agar permasalahannya bisa segera teratasi.

 

Itu tadi 4 cara yang bisa kamu coba sebelum menyampaikan kritik ke rekan kerja. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.


tutup
Registrasi berhasil

tutup