KANDIDAT PERUSAHAAN

Cara Cepat Dapat Kerja saat Pandemi untuk Fresh Graduate

24 Maret 2021 20:03 7771 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

New normal menjadi harapan masyarakat Indonesia untuk kembali menghidupkan roda perekonomian, setelah tiga bulan lamanya harus menetap di rumah aja. Banyak HR yang kembali membuka program rekrutmen untuk bergabung di perusahaannya.

 

Namun, persaingan kerja di masa pandemi ini akan terasa lebih berat, terutama untuk fresh graduate. Sebab, bursa tenaga kerja bertambah akibat banyaknya korban pemutusan hubungan kerja.

 

Tapi nggak perlu khawatir, kalau kamu mempersiapkan diri dengan matang, kamu pasti bisa berkompetisi dan mengalahkan kandidat pencari kerja lain. Untuk itu, TopKarir bagi cara cepat mendapat kerja di masa pandemi buat kamu para fresh graduate.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Cilacap? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Asah keterampilan digital

Selama masa pandemi perusahaan banyak beralih menggunakan sistem digital. Karena itu pekerja yang punya kemampuan digital akan lebih banyak dicari perusahaan.

 

Terus apa cuma pekerja di bidang digital aja yang punya peluang? Yang enggak dong, kemampuan digital nggak harus berkaitan dengan penguasaan tools design, editing, programming, dsb.

 

Bisa memanfaatkan media sosial secara positif, menggunakan online banking, bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan punya keterampilan berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal juga termasuk kemampuan digital.

 

Kalau mau mengasah dan punya skill idaman perusahaan, kamu bisa belajar dan ikut pelatihan di TopEdu. Karena di TopEdu, kamu bisa dapetin sertifikat yang langsung terhubung dengan CV kamu di akun TopKarir.

 

Alhasil perusahaan akan melihat sejauh mana perkembangan kompetensi dan minat belajarmu. Yuk daftar dan asah skill-mu bareng TopEdu di sini. 

 

Cari lowongan kerja di wilayah Gresik? Temukan selengkapnya di sini.

 

2. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Secara umum, dalam sebuah lamaran kerja curriculum vitae (CV) adalah hal yang sangat dibutuhkan. Kemas CV kamu sebaik mungkin, tonjolkan keunggulan yang kamu punya, buat ringkas dan sederhana, perhatikan typo juga.

 

Jangan sampai ada kesalahan saat mengirim lamaran kerja, kirim email dengan etika yang benar ya.

 

Data yang dibutuhkan untuk melamar kerja nggak cuma CV aja lho. Ada beberapa data lain yang juga kemungkinan akan diminta perusahaan, seperti scan ijazah terakhir, identitas diri seperti KTP atau SIM.

 

Semua itu harus sudah tersedia supaya nggak terburu-buru mencari dan menyiapkan data saat ada panggilan kerja.

 

3. Perbaharui CV

Buat CV yang bisa bikin HRD jatuh hati. Lengkapi dan perbarui CV kamu dengan data-data terbaru yang bisa dibuktikan dan relevan. Nggak perlu melebih-lebihkan informasi tentang diri kamu ya, tunjukan keunggulan dan kekuatan kamu apa adanya.

 

Kemudian, cantumkan informasi yang relevan. Misalnya, kalau kamu melamar untuk posisi sales, tambahkan informasi tentang keahlianmu dalam berkomunikasi, lobby dan negosiasi serta hal-hal yang berhubungan dengan penjualan.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Cilegon? Temukan selengkapnya di sini.

 

4. Temukan jaringan dan platform yang tepat

Cara efektif lainnya biar cepat dapat pekerjaan adalah dengan memaksimalkan jaringan atau teman-teman di sekitar. Pasti ada beberapa teman atau kerabat kamu yang punya posisi atau link di suatu perusahaan.

 

Jangan segan meminta informasi tentang lowongan kerja yang mereka tau, bisa jadi mereka mau membantu bahkan merekomendasikan kamu untuk masuk di perusahaan yang sama. Jadi, jaga hubungan yang baik sama teman-temanmu ya, siapa tau dia yang membantu jalan karir kamu menuju sukses.

 

Lebih efektif lagi, kamu bisa cari kesempatan kerjamu di TopKarir.com. Karena di TopKarir kamu akan mendapatkan informasi lowongan kerja yang spesifik sesuai bidang yang kamu minati.

 

Status lamaran yang jelas juga memudahkan kamu mengetahui informasi mengenai proses lamaran kerja yang sudah kamu kirim. Temukan karir impianmu disini yuk! 

 

Itu tadi beberapa cara cepat mendapat kerja di masa pandemi untuk kamu yang fresh graduate. Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Komentar