KANDIDAT PERUSAHAAN

Cara Ampuh Agar Sukses Kuliah Kerja Nyata

24 Maret 2021 20:03 4159 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Setiap mahasiswa wajib mengikuti program Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Mungkin sekarang ada beberapa kampus yang gak mewajibkan KKN. Mahasiswa yang disebut sebagai agen perubahan, akan diterjunkan ke tengah masyarakat langsung untuk mengaplikasikan ilmunya. Sebagian besar KKN berada di desa dan wilayah-wilayah terpencil. Meski beberapa ada yang dilaksanakan di tengah kota. sebelum berangkat KKN, kamu wajib menguasai 5 hal di bawah ini biar semua program berjalan dengan lancar. Simak yuk!

 

  • Bangun pagi

Apa kata tetangga sekitar kalau mahasiswa yang berpendidikan tinggi bangunnya siang? Malu dong. Mending kamu bangun pagi, cuci muka, lalu jalan-jalan keliling kampung. Kamu bisa menghirup udara segar khas pedesaan sambil bercengkerama dengan warga sekitar.

 

  • Kumpul dengan warga sekitar

Beberapa lokasi KKN yang cukup pelosok mungkin membuatmu susah dapat sinyal dan gak akan ada kafe fancy di sana. Jadi lebih baik manfaatkan waktumu untuk bersosialisasi dengan warga sekitar. Kumpul bareng pemuda-pemudi yang sepantaran denganmu. Mengenal lebih dekat keterampilan warga yang susah kamu temui di kota.

 

  • Rebut hati anak-anak kecil

Skill yang satu ini wajib banget kamu kuasai! Jangan salah, justru anak-anak kecil inilah yang jadi jurus ampuh untuk sukseskan program KKN. Kamu bisa membuka bimbel dadakan di posko untuk mengundang minat para anak-anak. Sediakan sedikit camilan dan mainan. Bimbing mereka belajar, lalu ajak bermain setelahnya. Dalam sekejap, kamu akan menjelma jadi Kakak-kakak Mahasiswa idaman mereka.

 

  • Siap berbagi ruang pribadi

Selama menjalani KKN nanti, kamu akan tinggal di rumah warga bersama teman-teman satu regu, kamu harus siap berbagi ruang pribadimu dengan teman yang lain. Kamu juga harus siap berbagi waktu, tenaga, dan lain-lain. Setiap interaksi dengan warga atau teman seregu akan meninggalkan kesan mendalam. 



Itu dia tips nya Sahabat TopKarir! Yuk simak tips lainnya di aplikasi TopKarir ya!

 

Komentar