Pencari Karir Pencari Kandidat

Business Plan Coaching Clinic: Rencanakan Bisnismu Mulai Sekarang!

09 April 2021 10:04 1834 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Business plan merupakan suatu perencanaan untuk usaha yang akan kita jalankan, baik perihal biaya, tujuan, visi, misi dan lain sebagainya. Bisa dikatakan, memulai bisnis tanpa sebuah perencanaan adalah langkah dengan resiko gagal yang sangat tinggi.

 

Business plan diperlukan untuk semua jenis usaha, baik usaha kecil maupun besar. Rencana bisnis juga diperlukan untuk para pebisnis agar menarik para investor menanamkanmodalnya pada usaha kita.

 

Untuk mengedukasi UMKM terkait business plan, Rabu (7/4/2021) lalu, APINDO UMKM AKADEMI kembali mengadakan webinar dengan tema Business Plan Coaching Clinic. Narasumber yang hadir diantaranya Edric Chandra Program Inisiator Diplomat Success Challenge & Komite Pengembangan Kemitraan APINDO, Arief Budiman? CEO AGRINDO & Ketua Komite Pengembangan Wirausaha APINDO? dan dimoderatori oleh Lishia Erza CEO ASYX Supply Chain Financing Pengembangan Kewirausahaan APINDO.

 

DSC merupakan program kompetisi kewirausahaan yang memberikan kesempatan bagi kaum muda dalam berwirausaha. Dari Diplomat Success Challenge (DSC) sudah lebih dari 60.000 proposal yang kita cek selama 11 setahun. Lebih dari 17 milyar hibah modal usaha sudah diberikan, dan kita punya komunitas lebih dari 400 diplomat entrepreneur network.

 

Menurut Edric Chandra, langkah pertama yang harus dilakukan dalam perencanaan bisnis adalah mengenali siapa audiens yang dituju. Tips kedua riset pasar, market knowledge yang baik, memahami tren, dan dilengkapi pemahaman tentang kelemahan juga kekuatan dalam perusahaan akan jauh lebih baik dicantumkan di business plan.

 

“Dengan memahami market knowledge yang baik, jadi mampu melihat peluang bisnis, resiko bisnisnya jadi lebih baik, dan channel promosinya jadi lebih tepat.”

 

Tips ketiga dari Edric yakni mengidentifikasi kompetitor. Keempat, sebaik-baiknya rencana bisnis yang bagus adalah rencana bisnis yang detail. Selanjutnya, sebuah bisnis harus sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik, temukan unique selling proposition. Tips keenam, tepat guna, applicable, dan komprehensif. Ketujuh, lakukan financial information dengan benar. Lalu, buat executive summary dengan desain infografis dan data. Tips terakhir dari Edric yakni temukan penasihat bisnis.

 

Lishia Erza juga berbagi ilmunya untuk teman-teman UMKM terkait perencanaan bisnis. Salah satu manfaat business plan adalah mencari sumber dana, baik dari bank, koperasi, maupun investor.

 

Pemberi dana akan melihat cerita usaha, berapa orang yang akan menjadi karyawan, berapa banyak stok produk, kapasitas produksi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dana usaha dan jangka waktunya. Strategi usaha yang dicantumkan dalam business plan juga akan menjadi pertimbangan si pemberi dana.

 

Arief Budiman selaku CEO AGRINDO & Ketua Komite Pengembangan Wirausaha APINDO menceritakan beberapa kesalahan pebisnis yang mengirimkan proposalnya ke investor.

 

“Kebanyakan orang membuat bisnis proposal untuk mencari dana hibah atau bantuan pemerintah bentuknya sama, menurut saya harus ada diferensiasi, nggak bisa sama. Kedua juga harus tau jenis investornya” jelas Arief Budiman.

 

Menurut Arief, business plan yang baik adalah yang mampu bercerita secara clear tanpa perlu detail yang berlebihan. Dalam sebuah perencanaan bisnis, pebisnis harus menjelaskan apa bisnisnya, apa yang membedakannya dengan kompetitor, dan apa yang akan dilakukan kedepan. 

 

Webinar APINDO UMKM AKADEMI dengan tema Business Plan Coaching Clinic dapat Anda saksikan siaran lengkapnya di sini.

 

APINDO UMKM AKADEMI rutin mengadakan webinar kewirausahaan gratis setiap hari Rabu dengan menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif di dunia bisnis untuk berbagi pengalamannya.

 

Di episode-episode selanjutnya APINDO UMKM AKADEMI akan menghadirkan narasumber lain dan mengangkat tema yang tidak kalah menarik guna menambah wawasan pelaku UMKM untuk bisa maju dan naik kelas.

 

Daftarkan diri Anda di link berikut ini www.topkarir.com/kewirausahaan, dapatkan informasi eksklusif seputar webinar dan program UMKM lainnya yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda. Karena sekarang saatnya #UMKMNaikKelas.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Membangun Bisnis Berbasis Teknologi

Tips Membangun Bisnis Berbasis Teknologi

Apa kamu punya keinginan untuk membangun bisnis berbasis teknologi? Sebelum memulai mewujudkan keinginan tersebut, ada baiknya kamu tau enam tips penting ini. Apa aja ya?   Jadi 'trendsetter Banyak anak muda kurang berani dan hanya ikut arus yang sudah ada. Soal era industri 4.0 bukan hanya soal big data, AI atau robotic aja, justru tantangan utama adalah berani menciptakan solusi dan berani mengeksekusi ide.   Efisiensi Salah satu hal yang kurang dipersiapkan dunia pendidikan kita adalah melatih soft skill untuk menghadapi kehidupan nyata. Padahal soft skill seperti kemampuan untuk bekerjasama, berkolaborasi, mempresentasikan dan mengomunikasikan ide sangat penting dan harus terus ditingkatkan agar efisiensi kerja tercapai.   Berkelanjutan Anak muda saat ini cenderung mudah menyerah sehingga apa yang dilakukan seringkali engga tuntas. Membangun bisnis berbasis teknologi bukanlah sebuah perlombaan lari sprint tetapi justru lari maraton yang membutuhkan stamina, kesabaran, ketekunan dan kegigihan jangka panjang.   Kolaborasi Gagasan Membawa STEM ke dalam bisnis dapat dilakukan dengan melakukan kolaborasi ide-ide. Saat ini bisnis engga bisa berjalan tanpa teknologi dan sebaliknya teknologi engga bisa berkelanjutan tanpa bisnis yang baik.   Memperluas spektrum Di Indonesia, bisnis yang berkembang memiliki spektrum luas, mulai dari bisnis teknologi 4.0 sampai industri 1.0. Ada banyak industri rempah, budaya, hasil bumi seperti kopi yang juga perlu juga dikembangkan secara keilmuan dan juga bisnis. Kita tetap mengejar bisnis berbasis teknologi tinggi untuk masa depan tetapi juga engga lupa untuk mengilmukan bisnis-bisnis tradisional.   Kemampuan organisasi Salah satu hal yang perlu ditingkatkan oleh kita adalah kemampuan organisasi, karena saat mendapatkan modal besar, banyak dari kita kemudian gagap bagaimana melakukan organization scaling dan organization excellent. Masih banyak anak muda yang belum siap dalam membesarkan dan mengatur unit bisnis secara baik.   Nah, saatnya kamu terapkan enam tips ini supaya bisnis berbasis teknologi yang kamu impikan bisa tercapai dengan baik! Yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir. Semangat Sahabat TopKarir!
Webinar Atur Keuangan Bisnis

Webinar Atur Keuangan Bisnis

APINDO & BPJS Ketenagakerjaan Mempersembahkan ”APINDO UMKM AKADEMI”, kali ini akan ada webinar Seri Industri Pangan dengan judul ATUR KEUANGAN BISNIS, dalam Seri webinar untuk UMKM dapat berbagi cerita dan mendapatkan masukan mengenai cara mengatur keuangan bisnis yang sehat, agar bisnis yang anda jalankan bukan hanya terlihat sehat dari luar tapi dari sisi keuangan juga.   Sistem Webinar akan berlangsung secara dua arah, yakni peserta dapat berinteraksi langsung dengan narasumber untuk bisa menanyakan perihal masalah mengatur keuangan dalam bisnis anda agar lebih sehat, selain itu mereka juga bisa share opportunity yang mungkin akan menginspirasi para peserta lainnya.   Dalam webinar kali ini Anda bisa ikutan Program SASA-PRENEURSHIP untuk Mendapatkan Modal Usaha untuk 10 orang   Acara ini akan berlangsung pada hari Rabu, 15 Juli 2020, pukul 15.00-17.00 WIB melalui Live on Zoom dan Livestreaming di TopKarir.com   APINDO & BPJS Ketenagakerjaan bersama Sasa Tepung Bumbu   Narasumber :LISHIA ERZACEO ASYX Supply Chain FinancingKomite Pengembangan Kewirausahaan APINDO   Hosted By :BAYU JANITRA WIRJOATMODJO (@bayu_janitra)CEO TopKarir Indonesia   Link Pendaftaranhttps://bit.ly/daftarUMKM-akademi   GRATISBenefit :• E-Sertifikat• Ilmu• Relasi
Komentar