Bedakan Kebutuhan dan Keinginan Biar Gak Boros | TopKarir.com

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan Biar Gak Boros

09-12-2019 15:39:52

Hadirnya online shop dan e-commerce, ditambah kemudahan transaksi online bikin godaan berbelanja semakin besar ya Sahabat TopKarir. Tapi seringkali kita membeli tanpa berpikir panjang, akhirnya barang malah tidak terpakai. Penyebabnya karena kita tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan menyangkut hal-hal yang mempengaruhi hidup kita, keinginan juga sebenarnya harus dipenuhi untuk mencapai kepuasan, tapi kebutuhan harus lebih diutamakan. Nah untuk membantu mengelola kebutuhan dan keinginan kamu, simak yuk tips-tips berikut.

 

 

  • Jangan terhipnotis sama merek

 

Terkadang prestis mengalahkan kebutuhan, salahnya kita lebih melihat nilai brand ketimbang manfaatnya. Mulailah mengubah kebiasaan itu, pikirkan nilai guna sebelum membeli barang, seberapa lama barang bisa dipakai, yang penting kamu nyaman menggunakannya.

 

 

  • Kurangi waktu nongkrong di restaurant

 

Jika ada temanmu yang mengajak makan di restaurant, jangan ragu sesekali menolak ajakan itu. Apalagi hanya untuk eksis, lebih baik kamu penuhi kebutuhan perutmu di rumah. Dengan begitu kamu bisa menyimpan uangmu untuk kebutuhan lain yang tidak terduga.

 

 

  • Jangan punya aplikasi e-commerce lebih dari 1

 

Di era digital saat ini, godaan belanja tidak cuma datang saat cuci mata di mall. kehadiran  olshop dan e-commerce bisa mengancam kondisi keuangan kamu. Apalagi saat pesta diskon besar-besaran, bukannya irit, dompetmu malah kena defisit.

 

 

  • Buat rencana mingguan

 

Coba kamu buat jadwal kegiatan rutin untuk menghindari kunjungan ke tempat yang tidak begitu perlu. Dengan begitu kondisi keuanganmu akan lebih terkontrol.

 

 

  • Cintai hidup kamu, dan dahulukan kebutuhan

 

Dengan mencintai dan bersyukur, kamu akan lebih puas dengan apa yang sudah kamu capai sekarang. Selanjutnya kamu bisa lebih fokus mengejar mimpi tanpa kenal gengsi. Prioritaskan kebutuhan kamu dan keluarga terlebih dulu. Cobalah lebih bijak mengelola uang untuk kebutuhan sekarang dan masa depan.

 

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu kamu mengelola keuangan ya. Ingat, yang terpenting penuhi kebutuhan kamu lebih dulu. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga


tutup
Registrasi berhasil

tutup