KANDIDAT PERUSAHAAN

Banjir Cuan dari Bisnis Produk Custom Sepeda

24 Maret 2021 20:03 3006 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Skema Kustom Kulture di Indonesia sudah mulai berkembang sejak era tahun 1970-an saat banyaknya produk kendaraan roda dua yang mulai masuk ke pasar Indonesia. Industri modifikasi dan custom mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif nasional, sebab sektor ini juga membutuhkan dukungan industri buatan lokal dan inovasi produk produk desain.

Rabu, 25 November 2020 lalu webinar APINDO UMKM AKADEMI mengangkat tema Ada Cuan Dibalik Keunggulan Produk Custom Sepeda, untuk membahas perkembangan dan peluang industri custom bike di tanah air. Menghadirkan I Gede Dangin Founder & CEO Astrobike juga Omar K. Prawiranegara Co-Founder Berkah Jaya Bike, Bayu Janitra CEO TopKarir Indonesia sebagai fasilitator mengulik habis 2 narasumber yang produknya sudah banyak dikenal para pecinta sepeda.

 

Banyak orang di luar sana yang tidak kuat atau cepat kelelahan bersepeda di jalan, macet, kesadaran akan meningkatnya kadar polusi udara hingga mengakibatkan turunnya produktivitas dan kesehatan adalah alasan utama I Gede melahirkan Astrobike.

 

Menurut I Gede, teknologi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia masih terbilang baru, karenanya ia fokus membuat konten konten edukasi di media sosial dan website Astrobike untuk mengenalkan apa itu sepeda listrik, bagaimana penggunaan dan cara perawatan yang tepat.

 

I Gede juga bercerita jika saat ini timnya sedang mengembangkan mobile apps yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan tracking, monitoring penggunaan dan monitoring kesehatan.

 

Selain I Gede, Omar K. Prawiranegara juga berbagi kisahnya membangun Berkah Jaya Bike. Dari keresahan ia dan teman-temannya yang kesulitan mencari bengkel di tengah pandemi, ide lahirnya Berkah Jaya Bike muncul sebagai solusi bagi pengguna sepeda yang merasakan masalah serupa.

 

Omar menjadikan Berkah Jaya Bike bukan sekedar bengkel sepeda biasa, tapi juga sebagai wadah untuk para cyclist berkumpul dan ngobrol bareng layaknya teman akrab. Ia berharap agar budaya bersepeda bukan hanya tren yang mudah terhempas tren lainnya di masa mendatang, tapi bisa menjadi hobi yang terus berlanjut, seiring dengan berkembangnya bisnis sepeda dan custom.

 

Pandemi covid-19 membawa peluang yang besar bagi para pengusaha produk custom, melihat antusias masyarakat bersepeda sebagai hobi dan menerapkan gaya hidup sehat kekinian yang membantu menjaga ketahanan fisik dari ancaman virus corona yang masih menyebar.

 

Dari kedua narasumber tadi, para calon pengusaha diharapkan bisa belajar melihat peluang bisnis dari permasalahan di sekitar dan melahirkan produk yang mampu menjawab permasalahan tersebut. Video webinar selengkapnya dapat Anda saksikan ulang di www.topkarir.com/kewirausahaan

 

APINDO UMKM AKADEMI rutin mengadakan webinar kewirausahaan gratis setiap hari Rabu dengan menghadirkan pembicara pembicara inspiratif di dunia bisnis untuk berbagi pengalamannya. Di episode episode selanjutnya APINDO UMKM AKADEMI akan membawa narasumber lain dan mengangkat tema yang tidak kalah menarik guna menambah wawasan pelaku UMKM agar bisa mengembangkan bisnisnya.

 

Daftarkan diri Anda di link berikut ini bit.ly/daftarUMKM-akademi, dapatkan informasi eksklusif terkait webinar dan program UMKM lainnya yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda. Karena ini saatnya #UMKMNaikKelas

Komentar