Pencari Karir Pencari Kandidat

Bagaimana Problem Solving Dalam Berbisnis? Ini Tipsnya

16 April 2021 04:04 4377 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Para kaula muda yang hendak menggeluti dunia bisnis pasti akan senantiasa dirundung masalah-masalah dalam memulai bisnis, karena tidak ada bisnis yang tidak menghadapi masalah.

 

Mulai dari rekrutmen, pajak, operasional, strategi penjualan dan lain-lain. Maka dari itu penting untuk para kaula muda untuk tahu bagaimana cara problem solving dalam berbisnis.

 

Pengertian problem solving secara umum adalah kemampuan dalam memecahkan masalah diantaranya adalah usaha menemukan urutan yang benar dari jawaban jawaban yang ada. Hingga bisa menggerakkan kita agar lebih dekat dengan tujuan yang dituju.

 

Ada beberapa syarat untuk para pebisnis agar mampu memiliki kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving.

 

Kemampuan ini akan tumbuh ketika kita dapat berpikir positif, logic, sistematik, visioner dan bisa mengandalkan pengalaman sebagai acuan dalam menangani masalah masalah tersebut.

 

Alangkah lebih baiknya sebelum melakukan problem solving ciptakan kondisi untuk tidak saling menyalahkan, bersedia mengambil resiko dalam kegagalan, bersedia untuk belajar terus menerus, dan berkomitmen.

 

Berikut merupakan langkah-langkah problem solving dalam berbisnis yang perlu kamu ketahui:

 

1. Berpikir positif

Berpikir positif adalah modal atau pondasi awal untuk melakukan problem solving. Sebab saat sudah berpikir positif dan tenang, maka kita akan lebih mudah menemukan titik terang masalah yang akan diselesaikan.

 

Banyak orang tidak mampu berpikir tenang saat dihadapkan dengan masalah yang sedang dihadapi.

 

Selalu tanamkan pikiran positif, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Setiap masalah pasti memiliki jalan keluar. Jika hal ini dijadikan budaya dalam melakukan problem solving, maka kamu akan menjadi terbiasa dengan berpikir positif

 

2. Identifikasi masalah

Setelah mindset positif kita terbangun, selanjutnya cobalah untuk mulai mengidentifikasi masalah. Pada bagian ini cobalah untuk mengurangi asumsi sebelum didiskusikan dan disepakati bersama. Perbanyak cari informasi, karena informasi yang lengkap akan memudahkan problem solving kamu.

 

Cara terbaik untuk mengidentifikasi masalah adalah dengan mengajukan banyak pertanyaan agar problem solving dapat selesai sampai ke akar permasalahan. Senantiasa berlatih memilih pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuka masalah sampai ke akar permasalahan.

 

3. Eksplorasi berbagai kemungkinan alternative

Setelah kita melakukan identifikasi masalah, selanjutnya lakukan atau perkirakan kemungkinan alternatif untuk menyelesaikan problem solving. Hal ini dilakukan untuk memecahkan masalah dari utama sampai alternative.

 

4. Aksi 

Pada tahap ini, mulailah merealisasikan dengan aksi dari rencana-rencana yang sudah disusun. Hal ini wajib dilakukan sesuai dengan hasil problem solving dan musyawarah yang sudah disepakati bersama. Ketika sudah melakukan aksi tersebut, maka masalah yang kamu hadapi akan terselesaikan dengan baik.

 

5. Melihat dampak 

Tahap selanjutnya adalah melihat dampak yang terjadi setelah aksi dilakukan. Kamu perlu melakukan evaluasi dari aksi yang sudah direncanakan dan pilihlah rencana yang berjalan baik. 

 

Apakah strategi atau rencana yang sudah ditetapkan tepat? Jika masalah belum terselesaikan maka harus dilakukan problem solving dari langkah awal, dan temukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kamu.

 

6. Evaluasi

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap semua langkah-langkah problem solving, pertimbangkan selalu rencana-rencana yang sudah berhasil dan belum berhasil.

 

Selalu evaluasi rencana jangka panjang dan jangka pendek. Dalam berbisnis, mengevaluasi problem solving perlu dilakukan agar permasalahan dalam bisnis yang kamu jalani tidak terulang lagi. 

 

Nah, itulah beberapa langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan berbisnis. Untuk itu, kamu perlu mempelajari setiap langkah tersebut agar problem solving kamu dalam berbisnis berjalan dengan baik. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu hadapi. 

 

Simak informasi dunia kerja lainnya dan tips karir menarik di sini. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Pelatihan TopEdu Minggu Ini: Bekal Sukses Bangun Usaha maupun Kerja Kantoran

Pelatihan TopEdu Minggu Ini: Bekal Sukses Bangun Usaha maupun Kerja Kantoran

Minggu ini ada beberapa pilihan yang bisa kamu ikuti untuk mempersiapkan diri memulai dan mengembangkan karir. Ikut pelatihan online di TopEdu untuk bekal karir yang lebih cerah di 2021. Berikut ini beberapa pilihan pelatihan spesial di TopEdu yang bisa kamu pilih.   Seni Menjual di Masa Pandemi by Sri Margono Motivator dan Spiritual Ministry Di pelatihan webinar ini kamu akan diajarkan bagaimana sebuah produk dapat laku terjual dan mendapat banyak keuntungan.  Diperlukan 4 kekuatan yang perlu kamu pahami yakni Mindset Goals, Sales Goals, Competition Objectives, dan Consistent Goals yang akan menjadikanmu penjual militan dan berhasil. Semua akan dikupas tuntas di webinar ini.   Webinar ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2021, Pukul 15:00-17:00 WIB.   Who Wants to Be Entrepreneur by Mitajani Training Center Pelatihan yang satu ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama bagi kamu yang punya mimpi memulai bisnis. Disini akan diulas bagaimana mengenal diri sendiri, memahami kekuatan dan kelemahan diri, menumbuhkan jiwa pemimpin, dan mampu melihat peluang untu menjadi pengusaha.   Webinar ini akan dilaksanakan pada tgl 27 Januari 2021 Pukul 14:00-15:30 WIB   Pelatihan Yunior Stylist by Betarin Dalam pelatihan ini kamu akan belajar tentang cara mencuci rambut, memangkas rambut, mengeringkan rambut, merawat kulit kepala dan rambut dengan level yunior stylist yang sesuai kebutuhan dunia kerja dan bisa juga membuka usaha salon atau salon mobile.   Microsoft Office Excel Perkantoran by Rainusa Training Pengetahuan dasar bagi kamu yang ingin belajar mengenai Microsoft Excel Perkantoran sebagai sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Memahami Microsoft Office Excel akan sangat berguna untuk pekerjaan kamu lho, skill ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Disini kamu akan diajarkan mengolah data menggunakan spreadsheet Microsoft Excel yang umum digunakan di ranah perkantoran.   Temukan lebih banyak pelatihan dan sertifikasi yang bermanfaat untuk karir kamu di TopEdu, cari tahu lebih banyak di sini.  
Tips Jitu Agar Betah Bekerja Di Kantor

Tips Jitu Agar Betah Bekerja Di Kantor

Setiap karyawan mempunyai peran penting bagi keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Saat ini untuk bisa bertahan di tempat kerja bukanlah hal yang mudah dilakukan, dalam perjalanan karir, tentu saja kamu akan menemukan banyak kendala dan permasalahan yang menjadi faktor kamu ingin pindah kerja.Sebenarnya ini adalah hal yang wajar, namun yang perlu kamu lakukan adalah mencari cara untuk mengatasi permasalahan yang ada agar kamu selalu betah di kantor, nah berikut ini tips supaya kamu selalu betah di kantor. Yuk disimak ya!   Bangun hubungan dengan rekan kerja Setidaknya, walau kamu tak menyukai pekerjaanmu, kamu harus menyukai rekan-rekanmu di sana. Sebisa mungkin, kamu harus bisa menjalin hubungan baik dengan mereka agar kamu merasa santai dan nyaman. Teman ngobrol sangat dibutuhkan, apalagi untuk kamu yang tidak suka dengan pekerjaanmu.   Bersikap profesional Apapun yang terjadi kamu harus ingat bahwa kamu adalah seorang karyawan yang menjunjung tinggi profesionalitas. Kamu tetap akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapat hasil yang maksimal. Dampaknya, kamu akan lebih puas ketika melihat hasil kerjamu yang baik.   Menghias meja kerjamu Atur dan hias meja kerjamu agar enak dipandang, ini bertujuan agar kamu gak bosan atau stres. Menghias meja sesuai dengan yang kamu mau akan membuat kamu merasa tenang dan akhirnya betah.   Bersyukur Ini yang penting, kamu harus bersyukur bahwa kamu adalah orang yang mendapatkan kesempatan untuk bekerja di antara banyak orang yang menganggur. Mulailah mengingat ketika kamu begitu sulitnya mencari pekerjaan, Dengan ini kamu bisa sadar kalau lelah dan bosan bekerja jauh lebih baik daripada lelah dan bosan jadi pengangguran. Itulah beberapa tips jitu agar kamu betah bekerja di kantor. Bagaimana? Mudah bukan? Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar