KANDIDAT PERUSAHAAN

Apa Saja Macam-Macam Scholarship Yang Harus Kamu Tahu

24 Maret 2021 20:03 10828 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Kamu ingin melanjutkan studi untuk S1 atau S2 lagi? Terhambat karena biaya kuliah yang tinggi? Sahabat TopKarir. Jangan pernah khawatir lagi, kamu bisa menggunakan kesempatan beasiswa yang ditawarkan oleh beberapa kementerian, lembaga atau yayasan pendidikan perusahaan, hingga universitas penyelenggara pendidikan.

 

Sebagai contoh, ketika kamu ingin ikut short course di Tokyo maka kamu harus mengetahui apakah lembaga penyelenggara memberikan seluruh kebutuhan kamu berada di luar negeri. Kalau saja ternyata hanya diberikan untuk biaya pendidikan saja, maka kamu harus menyediakan dana ekstra atau bahkan kamu harus bekerja di kafe atau sebagai petugas kebersihan bandara. Jadi tentunya sangat penting kamu mengetahui macam-macam scholarship yang akan kamu dapatkan.

 

Untuk itu kamu harus mengetahui dan menyimak apa saja macam-macam Scholarship yang disediakan oleh lembaga atau pemerintah. Berikut adalah penjelasan singkat dari macam-macam scholarship yang bisa kamu dapatkan.

 

  • Full-ride scholarship

 

Sahabat TopKarir juga berkesempatan untuk mendapatkan full-ride scholarship.. Full-ride scholarship ini adalah dana beasiswa yang diberikan selama masa studi di sekolah atau universitas meliputi seluruh biaya kebutuhan sekolah seperti biaya pendidikan,  biaya tempat tinggal, biaya penelitian, buku kuliah, perlengkapan alat tulis. Biasanya ful-ride scholarship disediakan oleh pemerintah, kampus, hingga lembaga atau yayasan pendidikan. Persaingan mendapatkan full-ride scholarship sangat ketat dan kamu harus mampu bersaing.

 

  • Full-tuition Scholarship

 

Kamu harus membedakan dengan full-ride scholarship. Full-tuition scholarship memiliki perbedaan yang sangat tipis dalam hal pembiayaan. Full-tuition scholarship akan lebih fokus kepada biaya pendidikan, fasilitas lab, dan buku saja. Nah, setelah kamu tahu kalau full-tuition scholarship tidak menutup kebutuhan kamu untuk kehidupan selama studi dan biaya penelitian, hingga biaya perjalanan penelitian. Maka kamu perlu mencari lagi, scholarship tambahan untuk memperlancar kuliah kamu.

 

  • Partial Scholarship

 

Partial scholarship biasanya diberikan untuk Sahabat TopKarir yang ingin mengikuti kegiatan short-course. Partial scholarship juga biasanya memiliki regulasi yang cukup ketat. Kamu tidak bisa melakukan tambahan sponsorship untuk menopang kebutuhan kamu selama kuliah.

 

Gimana Sahabat TopKarir kamu mau ikut program beasiswa yang mana? Semua tergantung dari kamu lho. Beasiswa juga tidak hanya menghemat pengeluaran orang tua kamu tapi juga bisa menambahkan pengalaman kamu untuk masa depan. Jadi selamat berburu info beasiswa di www.topkarir.com .  

 

 

 

 

 

Komentar