Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa Itu Management Trainee? Berikut Pengertian, Keuntungan, Tugas, dan Gajinya

09 September 2022 13:09 3356 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Management Trainee menjadi salah satu pilihan untuk berkarir yang banyak diincar terutama oleh para fresh graduate, pada beberapa perusahaan management trainee memiliki beberapa nama yang berbeda contohnya seperti Graduate Trainee Program (GTP), Management Development Program (MDP), Graduate Management Associate Program (GMAP), dan lainnya.

 

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu management trainee kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena kami akan membahas secara lengkap mengenai management trainee ini mulai dari pengertian, keuntungan mengikuti, tugas yang harus dilakukan, serta gaji yang akan didapat, untuk pembahasan lebih lengkapnya kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Pengertian Management Trainee

management trainee adalah sebuah program perekrutan untuk karyawan baru, dalam proses perekrutan ini kandidat yang lolos akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan mengenai unit bisnis dan juga profil perusahaan yang dilamar, tujuan dari program ini tidak lain adalah untuk melatih dan mempersiapkan karyawan baru yang untuk bisa memiliki kualitas dan akan ditempatkan di level yang lebih tinggi contohnya di level manajerial perusahaan.

 

Dalam proses pelatihan ini durasi pelatihan akan tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan baik itu 1 tahun ataupun 2 tahun, Adapun untuk pelatihan dan pengetahuan yang akan diberikan pada saat proses mengikuti program adalah mengenai semua proses operasional perusahaan, pengendalian bisnis, keterampilan perencanaan, manajemen risiko, hingga perencanaan dan manajerial.

 

Pada saat mengikuti pelatihan ini kamu akan diawasi serta dievaluasi oleh supervisor ataupun manajer, nantinya pada saat pelatihan kamu tidak hanya akan dibekali oleh pelatihan teori saja akan tetapi kamu juga bisa mendapatkan praktek kerja langsung dengan mengikuti kegiatan perusahaan sehari-hari, pada saat melaksanakan praktek kerja secara langsung kamu bisa belajar dengan sesama traine dan juga senior di perusahaan tersebut.

 

Ada beberapa contoh program manajemen training di beberapa perusahaan di Indonesia antara lain :

 

  • Management Trainee STAR Nestle
  • Management Associate Program Ruangguru
  • Management Trainee Paragon dan Paragon Leader Development Program
  • Unilever Future Leaders Programme
  • Officer Development Program (biasanya di perusahaan perbankan)
  • Global Leaders Program Shopee
  • Great People Trainee Program (GPTP) Telkom Indonesia
  • Dan masih banyak lagi.

Pada proses perekrutan management trainee di setiap perusahaan tentunya bisa berbeda-beda, misalnya perekrutan dari program ruang guru yaitu tahapannya adalah: pertama kamu harus mengisi form aplikasi online, lalu mengikuti interview bersama HRD, selanjutnya mengikuti aptitude test, mengikuti virtual super challenge day, dan yang terakhir offering.

 

Keuntungan Mengikuti Management Trainee

Ada beberapa keuntungan ketika kamu mengikuti program management trainee, untuk beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

 

Meningkatkan soft skill dan hard skill

Keuntungan yang pertama ketika kamu mengikuti program ini adalah kamu bisa meningkatkan kemampuan soft skill dan juga hard skill kamu, misalnya kamu akan belajar mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang benar dengan rekan kerja, belajar skill manajemen waktu, dan juga belajar mengenai bagaimana cara berpikir kritis dan kreatif dan juga skill lainnya.

 

Tidak hanya itu selain belajar mengenai beberapa kemampuan soft skill kamu juga akan diasah mengenai kemampuan hard skill contohnya seperti kamu akan melakukan praktik dengan mempelajari beberapa tools yang digunakan dalam pekerjaan, contohnya seperti belajar mengenai skill Microsoft office, copywriting, hingga belajar mengenai search engine optimization.

 

Bisa melatih skill kepemimpinan

Dengan mengikuti management trainee kamu juga akan mendapatkan keuntungan melatih skill kepemimpinan, Hal ini karena ketika kamu mengikuti program ini kamu akan diberikan pelatihan mengenai future leader di perusahaan, contohnya kamu akan diajarkan mengenai skill komunikasi, kerjasama dalam, skill problem solving, skill mengambil keputusan, serta kamu juga bisa belajar dari aktivitas sehari-hari pemimpin perusahaan dengan cara mengamati bagaimana pemimpin perusahaan tersebut bekerja.

 

Bisa bekerja sesuai minat dan bakat

Tidak sedikit dari perusahaan yang menyelenggarakan program management trainee secara umum sehingga ketika kamu mengikutinya kamu bisa belajar mengenai banyak hal, kamu bisa bekerja secara langsung ke setiap divisi yang berbeda-beda, oleh karena itu hal ini menjadi salah satu kesempatan bagi kamu untuk belajar sebanyak-banyaknya sambil menentukan apa minat kamu dalam pekerjaan.

 

Biasanya pada saat proses ini kamu akan diawasi oleh supervisor ataupun mentor sehingga mereka juga bisa mengetahui apa kemampuan terbaikmu dalam pekerjaan sehingga nantinya ketika kamu mulai bekerja manajer ataupun supervisor bisa menempatkan kamu sesuai dengan pekerjaan yang sesuai bakat.

 

Memperluas networking

Ketika kamu mengikuti program management trainee tentunya kamu juga akan mendapatkan keuntungan memiliki banyak networking, Hal ini karena ketika kamu mengikuti proses yang panjang ini kamu bersaing dengan berbagai orang sehingga ketika nantinya kamu lolos kamu bisa mendapatkan banyak teman dan bisa membangun relasi dengan sesama peserta.

 

Selain itu kamu juga bisa secara langsung bertemu dengan senior di kantor atau bahkan manager, jadi Hal ini tentu saja menjadi kesempatan yang bagus bagi kamu untuk bisa belajar dari banyak orang dan memperluas networking dan relasi yang baik agar bisa menguntungkan kamu di masa depan.

 

Memiliki jenjang karir yang pasti

Keuntungan berikutnya ketika kamu mengikuti program management trainee adalah kamu akan memiliki jenjang karir yang pasti, saat kamu berhasil menyelesaikan program ini dengan baik tentunya nanti kamu akan dipromosikan untuk bisa mengisi posisi penting dalam sebuah perusahaan.

 

Untuk mendapatkan beberapa keuntungan tersebut tentunya kamu harus menjalankan beberapa tugas ini sebagai seorang management trainee, apa saja tugasnya? Mari simak pembahasannya di bawah.

 

Tugas Seorang Management Trainee

Saat kamu menjadi seorang management trainee kamu akan melakukan beberapa tugas management trainee berikut : 

 

  1. Tugas yang pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami Bagaimana sebuah perusahaan beroperasi atau bekerja.
  2. Berikutnya adalah bertugas untuk mendukung manajer dalam berbagai tugas misalnya dalam membuat kebijakan baru serta menetapkan tujuan perusahaan.
  3. Selanjutnya adalah kamu akan bertugas untuk memahami proses kerja serta pencapaian dari tujuan departemen ataupun divisi.
  4. Memberikan dukungan administratif contohnya entry data
  5. Tugas berikutnya adalah kamu harus berpartisipasi dalam proses perencanaan strategi perusahaan.
  6. Membantu manajer mengevaluasi pekerjaan misalnya dalam membuat laporan ataupun menganalisis data perusahaan.
  7. Kemudian membuat dan melakukan presentasi
  8. Dan untuk tugas terakhir adalah menemukan cara agar bisa meningkatkan profit perusahaan serta menurunkan resikonya.

Gaji Management Trainee di Indonesia

Dikutip dari indeed.com, gaji management trainee di Indonesia cukup beragam akan tetapi untuk besaran rata-rata dari gaji seorangan management trainee adalah sebesar Rp.4.904.204 juta perbulan, dan untuk kota yang memberikan gaji terbesar pada profesi management trainee ini adalah kota Pontianak yaitu memberikan gaji rata-rata sebesar Rp.8.168.928 Juta perbulan.

 

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang management trainee? Jika tertarik kamu bisa melamar pada pekerjaan ini di website TopKarir, selain lowongan pekerjaan mengenai management trainee kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan lainnya, dapatkan juga informasi menarik mengenai karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar