Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Tips Jitu Menjadi Barista Idaman

24 Maret 2021 20:03 1355 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Masih ingat nggak pas Pak Jokowi ikutan minum ‘kopi susu tetangga”? Iya, betul Bapak Presiden  ke-7 ini lagi giat dengan semangat rintisan UMKM dan menduniakan produk lokal. Dalam kunjungan, ke salah satu kedai UMKM tersebut Jokowi menyarankan ini ide bagus yang harus dikembangkan. Nah, tentunya dalam suksesnya rasa yang khas dan sesuai dengan selera pelanggan ada seorang barista yang tidak bisa dilupakan jasanya.

 

Kamu harus tau menjadi barista tidaklah mudah. Seorang barista harus paham dan mengetahui selera pelanggan. Untuk kamu yang memiliki passion karir menjadi barista, harus memahami 5 langkah ini biar kamu tidak dilupakan jasanya sebagai barista.

 

  • Tebar Senyum

 

Modal terbar senyum itulah yang diharuskan untuk profesi sebagai barista. Barista wajib untuk senyum karena senyum adalah bahasa universal untuk melebur suasana kaku. Kamu bisa jamin kalau saja bertemu barista yang tidak murah senyum, maka sudah dipstikan rasa kopi yang dibuat akan sangat berbeda rasanya.

 

  • Bertanya Hal Kecil

 

Sebagi seorang barista, kamu harus peduli dengan penikmat kopi yang datang. Kamu bisa bertanya hal kecil, seperti “gimana kabarnya bro?”. Pertanyaan ini tidak merugikan kamu, justru nilai ramah akan menjadikan kamu untuk tidak dilupakan jasanya sebagai barista.

 

  • Tanyakan Rasa Kopi Buatan Kamu

 

Kamu bisa menanyakan kepuasan rasa yang didapat oleh pembeli kopi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan feed back dari konsumen. Dengan ini pelanggan juga akan merasa diperhatikan untuk kualitas rasa yang disajikan.

 

 

  • Bercerita Tentang Varian Kopi Kepada Pelanggan

 

Kamu pernah ingat dengan Film AADC2, dimana rangga diajak berbicara tentang kopi oleh barista. Teknik ini bisa dicoba untuk kamu yang ingin tidak dilupakan jasanya menjadi barista terkenal. Memberi informasi mengenai ragam kopi yang ada di lokal maupun dunia kepada pencinta kopi tiadak ada ada salahnya Sahabt TopKarir, justru konsumen kamu akan semakin percaya bahwa kamu memanglah ahli dalam urusan meracik kopi.

 

  • Point Terpenting: Ingat Nama Konsumen Setia

 

Kamu harus banget nih ingat nama konsumen setia kamu. Ketika dia memesan kopi di meja kamu, kamu harus menyapa dia dengan nama ya. Teknik ini tentunya teknik untuk menciptakan repeat order, karena pelanggan kamu merasa seperti ada keramahan rumah di kedai kopi tempat kamu bekerja.

 

Itulah tips menjadi barista yang tentunya tidak akan dilupakan jasanya. Selamat mencoba, semoga menjadi barista sukses!

 

 

 

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Jitu Agar Betah Bekerja Di Kantor

Tips Jitu Agar Betah Bekerja Di Kantor

Setiap karyawan mempunyai peran penting bagi keberlangsungan bisnis suatu perusahaan. Saat ini untuk bisa bertahan di tempat kerja bukanlah hal yang mudah dilakukan, dalam perjalanan karir, tentu saja kamu akan menemukan banyak kendala dan permasalahan yang menjadi faktor kamu ingin pindah kerja.Sebenarnya ini adalah hal yang wajar, namun yang perlu kamu lakukan adalah mencari cara untuk mengatasi permasalahan yang ada agar kamu selalu betah di kantor, nah berikut ini tips supaya kamu selalu betah di kantor. Yuk disimak ya!   Bangun hubungan dengan rekan kerja Setidaknya, walau kamu tak menyukai pekerjaanmu, kamu harus menyukai rekan-rekanmu di sana. Sebisa mungkin, kamu harus bisa menjalin hubungan baik dengan mereka agar kamu merasa santai dan nyaman. Teman ngobrol sangat dibutuhkan, apalagi untuk kamu yang tidak suka dengan pekerjaanmu.   Bersikap profesional Apapun yang terjadi kamu harus ingat bahwa kamu adalah seorang karyawan yang menjunjung tinggi profesionalitas. Kamu tetap akan berusaha sebaik mungkin untuk mendapat hasil yang maksimal. Dampaknya, kamu akan lebih puas ketika melihat hasil kerjamu yang baik.   Menghias meja kerjamu Atur dan hias meja kerjamu agar enak dipandang, ini bertujuan agar kamu gak bosan atau stres. Menghias meja sesuai dengan yang kamu mau akan membuat kamu merasa tenang dan akhirnya betah.   Bersyukur Ini yang penting, kamu harus bersyukur bahwa kamu adalah orang yang mendapatkan kesempatan untuk bekerja di antara banyak orang yang menganggur. Mulailah mengingat ketika kamu begitu sulitnya mencari pekerjaan, Dengan ini kamu bisa sadar kalau lelah dan bosan bekerja jauh lebih baik daripada lelah dan bosan jadi pengangguran. Itulah beberapa tips jitu agar kamu betah bekerja di kantor. Bagaimana? Mudah bukan? Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar