5 Tips Atasi Rasa Takut Gagal  | TopKarir.com

5 Tips Atasi Rasa Takut Gagal

13-05-2019 09:18:06

Pernahkah kalian bayangkan bisa melakukan apapun tanpa merasa takut atau tidak memiliki pikiran negatif sedikitpun? Rasa takut salah satunya takut gagal memang sudah ada pada diri kita sejak dulu, kamu tidak bisa menghapus rasa takut itu.

 

Walaupun kamu tidak bisa menghilangkannya, tapi kamu bisa kok mengatasinya. Memang Mengatasi rasa takut gagal nggak bisa dibilang mudah Sahabat TopKarir, tapi pasti bisa dilakukan. Terutama kalau kamu punya tekad untuk merubah dirimu jadi lebih baik. Mau tau cara mengatasi rasa takut gagal? Yuk disimak!

 

  • Cari Tau Penyebabnya

Cari tau darimana ketakutan kamu akan kegagalan berasal? Cari tau penyebabnya adalah langkah pertama untuk mengetahui rasa takut kita dan mengatasinya. Coba duduk, pejamkan mata, rileks, dan ambil napas dalam-dalam, dan mencoba untuk memahami rasa takutmu.

 

  • Ingat Penyesalan Lebih Menakutkan Dari Kegagalan

Pepatah bilang kesempatan tidak akan datang dua kali, kamu perlu tanamkan itu Sahabat TopKarir. Jika ada kesempatan jangan pernah kamu sia-siakan, ambil kesempatan itu dan berusahalah sebaik mungkin. Jika gagal setidaknya kamu sudah pernah mencoba dan tau kesalahan yang buat kamu gagal, sehingga kamu bisa belajar dari kesalahan itu. Ingat ya Sahabat TopKarir kegagalan itu lebih menakutkan dari penyesalan.

 

  • Fokus Pada Tujuan

Fokuslah pada tujuanmu Sahabat TopKarir. Untuk menaklukkan rasa takut gagal, kita harus fokuskan pikiran pada tujuan yang kamu capai. Semakin fokus pada tujuanmu, semakin kamu melupakan rasa takut gagal dan melenyapkan pesimisme dari pikiran.

 

  • Sabar dan berdo’a

Tidak ada yang bisa menentukan tujuan akhir dari hidup kita. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tetap tenang, karena saat kamu mengalami kegagalan, kamu tidak akan kehilangan apapun, karena kita bisa belajar sesuatu yang berharga, dan mengatur strategi untuk perjuanganmu berikutnya.

 

  • Ceritakan

Ceritakan rasa gelisah dan takut yang kamu rasakan kepada orang yang kamu percaya untuk merasa lebih tenang. Mintalah pendapat dan juga solusi kepada mereka sebagai pilihanmu mengambil keputusan, tapi keputusan tetap ada di tangan kamu ya Sahabat TopKarir.

 

Jangan pernah menyerah untuk mengatasi rasa takut akan kegagalan. Ingat gagal bukan akhir dari perjuanganmu, justru kegagalan yang mengajarkan kamu untuk lebih siap mencapai tujuan. Dilarang putus asa! Kalau kamu belum punya keahlian, di www.topkarir.com ada banyak pelatihan yang bisa kamu ikuti untuk persiapan karirmu.


tutup
Registrasi berhasil

tutup