KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Skill yang Wajib Dimiliki Milenial di Tahun 2020

24 Maret 2021 20:03 4999 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Gak terasa kita sudah memasuki tahun 2020 ya Sahabat TopKarir. Kalau kamu masih merasa waktu berjalan tanpa ada pencapaian, sebaiknya kamu evaluasi lagi nih bagaimana usaha kamu mewujudkan resolusi yang sudah kamu buat di awal tahun lalu. Di tahun yang penuh tantangan ini, tren semakin cepat berganti, teknologi semakin berkembang dan mempermudah semua aspek industri dan kehidupan. Lalu apa dampaknya? Ketika teknologi menunjukkan kemajuan, sumber daya manusia juga harus meng-upgrade diri untuk mengikuti kebutuhan pasar. Timbul pertanyaan untuk menghadapi tantangan profesional maupun kehidupan di tahun 2020, skill apa yang wajib kita miliki di tengah industri yang semakin canggih ini ya?

 

 

  • Kecerdasan emosional

 

Kesuksesan karir seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual. Kamu juga harus pandai menghadapi beragam situasi secara positif. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk bisa mengelola dan mengenali emosi yang dirasakan sendiri maupun orang lain. Memahami emosi sangat penting ketika memasuki lingkungan pekerjaan, dimana kita akan bekerja sama dan bernegosiasi dengan rekan kerja dengan kepribadian yang berbeda-beda.

 

 

  • People management

 

Kalau kamu seseorang yang sangat bisa diandalkan oleh perusahaan, pekerjaanmu efektif dan efisien, bukan gak mungkin kamu diangkat jadi leader, baik untuk level supervisor atau manager. Kamu bakal memimpin sebuah tim, memastikan semua komponen kerja berjalan mencapai tujuan perusahaan. Sebagai pemimpin tugasmu bukan hanya mengarahkan saja, tapi juga memotivasi dan membangun lingkungan kerja yang baik.

 

 

  • Critical thinking

 

Skill selanjutnya yang wajib kamu punya adalah critical thinking (berpikiran kritis). Kamu harus mampu melihat masalah atau isu secara jelas dan logis. Menimbang baik buruknya sebuah pendekatan, sehingga kamu bisa menemukan solusi yang tepat dari setiap permasalahan. 

 

 

  • Kreativitas

 

Di era revolusi 4.0 akan banyak pekerjaan manusia yang tergantikan dengan teknologi mesin. Namun mesin hanya bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat, mereka tidak bisa berpikir kreatif layaknya manusia. Jadi kreatif bukan berarti kamu harus menciptakan lagu atau membuat lukisan. Kalau kamu bisa menyatukan pendapat dari beragam sudut pandang menjadi sebuah kesimpulan, kamu juga bisa disebut kreatif lho. Kreativitas lahir dari kepercayaan, kalau kamu bisa dan berani membuat sesuatu yang berbeda.

 

 

  • Complex problem solving

 

Terakhir yang juga gak kalah pentingnya adalah kemampuan menyelesaikan masalah. Untungnya kemampuan ini nggak didapat sejak kamu lahir, tetapi dari perjalanan hidup yang kamu alami. Bagaimana kamu mampu menghadapi masalah yang kerap datang di kehidupanmu. Dilansir HR Vision Event, lebih dari 1/3 pekerjan di segala industri berekspektasi pada kemampuan kita untuk menyelesaikan masalah-masalah rumit. Coba asah kemampuan problem solving-mu mulai sekarang ya, salah satunya bisa lewat video game lho.

 

 

Itu tadi 5 skill yang wajib banget kamu punya di 2020 ini. Buat yang merasa belum punya kelimanya, gak ada kata terlambat untuk mulai mengasah keahlian, siapkan diri menjadi lebih baik untuk masa depanmu ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Komentar