Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Profesi di Industri E-Commerce yang Semakin Menjanjikan

14 Januari 2022 16:01 4510 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

E-commerce makin kesini makin jadi andalan masyarakat untuk belanja berbagai macam kebutuhan juga sebagai platform bagi pengusaha untuk menjual produk mereka.

 

Kemudahan yang ditawarkan membuat industri e-commerce terus mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Laporan McKinsey memprediksi industri e-commerce di Indonesia akan mencapai nilai USD 40 miliar pada tahun 2022.

 

Nggak heran kini industri e-commerce juga membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mendukung operasional mereka.

 

Mau tau apa aja sih peluang pekerjaan yang menjanjikan di industri e-commerce saat ini? Simak ulasan dari 5 profesi di bidang e-commerce yang bisa kamu jadikan pilihan dalam berkarir berikut ini.

 

1. Customer Experience Officer

Customer experience officer secara umum diartikan sebagai profesi yang bertugas menganalisis aktivitas pelanggan.

 

Di era serba digital sekarang ini, hubungan antara produk dan pelanggan menjadi sangat penting. 

 

Untuk menjawab kebutuhan pelanggan, kita juga harus paham nih kebiasaan dan bagaimana pengalaman mereka selama berbelanja. 

 

Melalui informasi-informasi yang didapat, customer experience menjadi rujukan dalam berbagai strategi pengembangan bisnis dan layanan.

 

2. UI/UX Designer

Pekerjaan sebagai User Interface (UI) dan User Experience (UX) Designer nggak kalah ngetren dalam beberapa waktu belakangan.

 

Banyaknya perusahaan yang mulai memanfaatkan platform digital menjadi penyebab tingginya kebutuhan untuk mengisi posisi ini.

 

UI Designer dan UX Designer bekerja bersama agar pengalaman pengguna merasa nyaman saat menjelajah aplikasi atau website e-commerce.

 

3. Software Developer

Software developer merupakan salah satu profesi yang dibutuhkan di era digital saat ini.

 

Software developer umumnya bertugas mengembangkan, menciptakan atau memodifikasi software aplikasi komputer maupun program.

 

Mereka juga bertanggung jawab memahami kebutuhan pengguna, merancang dan mengembangkan solusi untuk software.

 

4. Staff Logistik

Staff logistik juga jadi salah satu profesi yang erat kaitannya dengan e-commerce. Staff logistik lah yang mengatur keluar masuknya barang pesanan pelanggan.

 

Selain urusan pergudangan, biasanya staff logistik bertugas untuk mengerjakan tugas lainnya sehingga pekerjaan ini cukup krusial untuk memenuhi permintaan pasar.

 

5. Customer service

Customer service (CS) adalah pelayanan pelanggan yang penting bagi suatu bisnis. CS menjadi penghubung antara pelanggan dan perusahaan.

 

Dalam dunia e-commerce customer service gak kalah penting untuk menjaga loyalitas dan kepercayaan para pelanggan.

 

Pelayanan pelanggan yang baik bisa menjadi kunci kesuksesan perusahaan. Tugas CS umumnya menjaga kepuasan kepada pelanggan, membantu pelanggan mendapatkan informasi mengenai barang/jasa yang ditawarkan

 

Itu tadi beberapa pekerjaan menjanjikan yang bisa kamu pilih di industri e-commerce. Gimana? Makin tertarik bekerja di industri e-commerce kan setelah melihat prospeknya?

 

Temukan peluang karir terbaikmu untuk #JauhLebihHebat di tahun yang baru. Tersedia lowongan kerja ter-update dari perusahaan impianmu di sini.


Download aplikasi TopKarir untuk permudah setiap langkah karir kamu kedepan dan manfaatkan fitur premium yang akan membawamu untuk #JauhLebihHebat.

Komentar