KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Pilihan Aplikasi Video Call untuk Kelancaran Komunikasi saat Work From Home

24 Maret 2021 20:03 19338 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 10 KALI DIBAGIKAN

Melihat kondisi akibat wabah Corona yang kian masif, banyak perusahaan yang kini beralih menerapkan sistem work from home. Mungkin beberapa sudah pernah menerapkannya, namun tak sedikit yang baru memulainya untuk pertama kali. Salah satu tantangan berat yang harus dihadapi perusahaan adalah kesulitan komunikasi dan koordinasi antar lini perusahaan. Oleh karena itu, saatnya Anda memanfaatkan aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan video call dengan banyak orang dalam waktu bersamaan. Berikut TopKarir berikan 6 opsi aplikasi penunjang komunikasi selama work from home.

 

Zoom

Zoom merupakan salah satu aplikasi komunikasi berbasis video. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai perangkat digital, desktop, sampai telepon dan sistem ruang. Aplikasi Zoom mendukung hasil gambar dan audio yang jernih dengan kualitas high definition atau HD. Zoom juga memungkinkan untuk melakukan video call hingga 1000 peserta dan 49 video di layar. Anda juga bisa mengatur jadwal virtual meeting melalui aplikasi ini.

 

Skype

Dengan menggunakan Skype, Anda bisa melakukan video conference dengan lebih dari lima orang. Selain fitur video call, Skype juga menawarkan fitur telepon dan chatting, Anda juga bisa menjadwalkan telepon dengan rekan dan karyawan melalui fitur schedule call. Jika Anda lebih banyak menggunakan laptop untuk bekerja sebaiknya aplikasi ini dipasang di laptop saja, agar Anda bisa mengerjakan pekerjaan sembari melakukan video call atau bertukar pesan.

 

Facebook Messenger

Bagi pengguna media sosial Facebook, Facebook Messenger tidak terdengar asing. Aplikasi ini gratis hanya perlu memiliki akun Facebook. Facebook Messenger mendukung komunikasi dalam bentuk video call, teks, dan suara. Aplikasi ini mampu mendukung voice chat sampai 50 pengguna, namun hanya untuk video call hanya bisa menampilkan maksimal 6 pengguna dalam waktu bersamaan.

 

DingTalk

Di China, negara awal kemunculan virus corona, DingTalk banyak digunakan perusahaan dan sekolah-sekolah untuk live streaming. DingTalk dan Alibaba Cloud juga membuka kantor online, platform sistem kerja yang lengkap untuk mendukung pekerjaan di luar kantor. Sistem ini membantu para pekerja untuk melakukan video conference, conference call dan live streaming yang dapat diikuti sampai 300 peserta, sehingga bisa mendukung perusahaan jika membutuhkan rapat grup dalam skala besar. DingTalk juga mendukung sistem kerja HR dengan fitur live attendance, report dan announcement.

 

Google Hangouts / Google Meet

Google Hangouts / Google Meet bisa digunakan untuk mendukung komunikasi saat harus bekerja dari rumah. Dilansir Software Advice,  Google Meet merupakan aplikasi video konferensi yang merupakan versi bisnis dari Google Hangouts. Aplikasi ini mendukung penggunaan video call sampai 30 pengguna dalam waktu bersamaan dengan kualitas high definition. Google Meet bisa menjadi salah satu alternatif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja dalam jumlah yang banyak. Google Meet juga sudah terintegrasi dengan G Suite yang memungkinkan pengguna untuk bisa bergabung sesuai jadwal kalender atau undangan yang dikirim melalui email.

 

Temukan kandidat muda terbaik untuk bergabung di perusahaan Anda bersama TopKarir, hubungi kami di sini. Tips-tips seputar dunia HR lainnya bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

Komentar