KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Langkah Hebat Membuat Career Plan

24 Maret 2021 20:03 6690 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Setiap orang teratur sudah pasti akan meraih kesuksesan. Meraih kesuksesan biasanya diawali dengan mampu menciptakan rencana yang sudah dijadwalkan. Kamu seharusnya bukan menjadi bagian dari sejarah tapi harusnya menciptakan sejarah baru untuk dirinya sendiri. Terlebih untuk urusan karir, Sahabat TopKarir harus cermat bertindak dan menentukan sikap. Dalam hal ini ada 5 langkah hebat membuat career plan.

 

Lakukan Self Evaluation

 

Langkah awal kamu harus bisa self evaluation. Langkah ini menuntut kamu untuk berpikir bagaimana jiwa kamu yang sebenarnya ketika bekerja. Kamu harus mengerti tentang need and want dalam mengerjakan tugas kantor. Kamu setidaknya sudah harus mengerti dan menyebutkan 5 hal apa yang ingin kamu dapatkan selama kamu bekerja. Gali juga segala potensi kamu dari kelebihan dan kekurangan.

 

Cermati dan Analisa Keahlian Kamu

 

Renungkan, menurut kamu pekerjaan apa yang cocok dengan tipikal pribadi kamu. Jangan pernah memaksakan keadaan atau keterpaksaan. Ingat ya, karena waktu tidak bisa diulang dan semua harus direncakan. Kamu harus mengerti apa saja kelemahan dan keahlian yang dimiliki. Hal ini dikarenakan kamu lebih paham siap tentang diri kamu.

 

Mulai Tentukan Arah

 

Sahabat TopKarir harus bisa mulai menentukan arah kinerja kamu. Kamu harus mulai mengerti bagaimana arah dari industri yang kamu sukai. Seperti kapal laut, kamu harus menentukan arah tujuan dan menjalani sesuai dengan titik koordinat.

 

Berkomitmen dengan Time Frame yang Dibuat

 

Setelah menentukan arah, kamu harus bisa dan mengerti achievement and rewards apa saja yang mau diraih. Jika diperlukan kamu harus membuat milestone karir kamu selama 36 bulan. Tujuannya adalah untuk menjadikan patokan pencapaian prestasi Sahabat TopKarir. Seperti contoh, apakah kamu ingin menyelesaikan training soft skill baru? Atau kamu ingin menciptakan target baru yang fantastis dalam karir kamu? Intinya kamu harus belajar komitmen dengan segala time frame  yang sudah kamu buat.

 

Review Kembali

 

Segala macam keluhan, tantangan, tujuan dalam pekerjaan sudah kamu ketahui. Sekarang saatnya kamu memantau hal tersebut. Pantau lah apakah hal tersebut sudah sesuai dengan career plan  yang sudah kamu buat? Selamat membuat career plan dan terus lah belajar ya Sahabat TopKarir.

 

 

Komentar