KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Keuntungan Merekrut Karyawan Freelance untuk Bisnis Anda

24 Maret 2021 20:03 8084 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Perkembangan sistem ketenagakerjaan belakangan ini kian berdampak baik bagi perusahaan maupun pekerja. Salah satu tren yang sedang marak beberapa tahun belakangan ini yakni kemunculan pekerja lepas atau freelance. Persaingan bisnis yang kian sengit mendorong perusahaan untuk memikirkan strategi meningkatkan efisiensi salah satunya dalam sektor ketenagakerjaan. Mempekerjakan karyawan freelance bisa jadi pilihan untuk memangkas anggaran tenaga kerja untuk perusahaan Anda. Berikut TopKarir rangkum 5 keuntungan merekrut karyawan freelance.

 

Menghemat anggaran perusahaan

Karena bisa mengerjakan tugas-tugasnya di rumah, seorang freelancer tidak perlu mengeluarkan uang transportasi dan makan. Freelancer juga hanya mengerjakan proyek untuk jangka waktu yang terbilang singkat, karena itu freelancer tidak menuntut upah yang tinggi. Perusahaan juga tidak wajib memberikan dana tunjangan layaknya karyawan tetap perusahaan, hal ini tentu akan menguntungkan bagi perusahaan.

 

Fleksibel dan tidak terikat peraturan

Freelancer punya kebebasan mengatur waktu kerjanya sendiri. Hal ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Freelancer bisa mengerjakan tugas yang diberikan perusahaan kapan saja saat dibutuhkan, karena mereka tidak terikat jam dan hari kerja. Hal ini tentu menguntungkan perusahaan Anda jika ada tugas dadakan yang harus segera diselesaikan.

 

Freelancer punya banyak pengalaman dan lebih inovatif

Umumnya freelancer selalu up to date dengan informasi dan teknologi terbaru. Para freelancer yang terbiasa mandiri dan tidak terikat peraturan cenderung punya banyak ide-ide kreatif yang segar. Mereka dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan sendiri berdasarkan pengalam yang mereka dapatkan, mengingat persaingan antar freelancer terbilang ketat. Kehadiran freelancer bisa sangat menguntungkan untuk mendukung perkembangan dan inovasi perusahaan Anda.

 

Pekerjaan selesai lebih cepat

Keuntungan lain dari merekrut karyawan freelance adalah pekerjaan yang lebih cepat selesai. Sebab freelancer diberi tenggat waktu menyelesaikan tugasnya. Freelancer yang baik adalah mereka yang selalu berusaha menyelesaikan tugas sesuai deadline yang sudah ditentukan. Seorang freelancer punya komitmen untuk menjaga reputasinya di hadapan perusahaan, kalau tidak ia menerima konsekuensi namanya tidak lagi dipercaya perusahaan.

 

Selalu ada freelancer untuk projek selanjutnya

Pekerja freelance jumlahnya semakin meningkat tiap tahun, dikutip Majalah Tempo pada Mei 2019 sekitar 5,89 juta orang bekerja sebagai freelancer. Tahun 2020 ini tentu jumlahnya semakin bertambah. Data tersebut menunjukkan ketersediaan SDM freelance selalu siap memenuhi kebutuhan perusahaan. Perusahaan Anda akan mudah mendapat kandidat freelance sesuai yang diinginkan.

 

Itu tadi 5 keuntungan merekrut karyawan freelance untuk bisnis Anda. Kandidat freelance muda terbaik bisa Anda temukan di fitur TopKarir Freelance. Temukan kandidat muda terbaik untuk bergabung di perusahaan Anda bersama TopKarir, hubungi kami di sini. Tips-tips karir lainnya seputar HR bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

Komentar