Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Keuntungan Mencari Kerja di Job Fair

30 Agustus 2022 14:08 2463 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dalam mencari pekerjaan Saat ini semakin dimudahkan dengan adanya berbagai event Job fair yang diadakan di berbagai kota contohnya seperti job fair Jakarta, job fair Bandung, dan job fair di beberapa kota besar lainnya. Mendatangi job fair tentu lebih efektif untuk mengenal suatu perusahaan daripada kita datang langsung ke perusahaan bersangkutan.

 

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu job fair berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya, job fair adalah sebuah tempat yang mewadahi berbagai perusahaan-perusahaan untuk bisa bertemu langsung dengan para pencari kerja yang profesional. Di sini kamu bisa memilih mana perusahaan yang cocok dengan skill yang kamu miliki, ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mencari kerja pada job fair, untuk keuntungannya kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.

 

5 Keuntungan Mencari Kerja di Job Fair

Perusahaan yang hadir banyak

Keuntungan yang pertama ketika kamu mencari kerja di job fair adalah perusahaan yang ada pada acara ini akan dihadiri oleh banyak perusahaan, di sini kamu bisa ekspor lebih jauh mengenai perusahaan dan juga mendapatkan berbagai referensi perusahaan yang sebelumnya belum pernah kamu dengar di sini.

 

Dengan ada banyaknya perusahaan yang hadir tentu saja hal ini akan menambah peluang kamu untuk diterima kerja di suatu perusahaan yang besar apalagi jika yang dibutuhkan adalah para fresh graduate seperti kamu. Dalam acara Job fair ini tidak hanya perusahaan swasta yang akan hadir akan tetapi ada juga beberapa perusahaan BUMN yang sering bergabung.

 

Bisa Meningkatkan rasa percaya diri

manfaat job fair yang akan kamu dapatkan berikutnya adalah dengan mengikuti acara ini kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri, kamu akan berbicara langsung dengan perwakilan dari perusahaan dan hal ini menjadi satu keuntungan tersendiri untuk kamu karena kamu bisa belajar PD berbicara secara empat mata dengan para perekrut.

 

Kamu bisa belajar berbicara langsung dengan para rekrutmen dan menanyakan sebanyak mungkin informasi mengenai lowongan pekerjaan yang ada pada event job fair ini, hal ini juga agar nantinya kamu mendapatkan nilai plus dari mereka karena sudah berani berbicara secara langsung.

 

Bisa membandingkan perusahaan dan mencari yang terbaik

Keuntungan berikutnya adalah kamu bisa secara langsung membandingkan perusahaan mana yang menurutmu terbaik untuk nantinya bisa kamu lamar, Untuk cara membandingkan perusahaan mana yang terbaik kamu bisa mendatangi satu persatu booth pada job fair tersebut.

 

Biasanya perusahaan terbaik akan memberikan kualifikasi yang tinggi dan menjadikan proses untuk masuk pada perusahaan mereka cukup sulit dibandingkan dengan perusahaan lain dan juga biasanya seleksi yang akan dilakukan akan ketat, Jadi jika kamu ingin mendaftar pada perusahaan tersebut kamu perlu menyiapkan diri sebaik mungkin dan juga tampil semaksimal mungkin pada saat proses seleksi.

 

Gratis Tidak dipungut biaya apapun

Selanjutnya adalah ketika kamu mencari kerja pada job fair Kamu tidak akan dipungut biaya spesial pun alias gratis, kamu hanya perlu mencari informasi mengenai Job fair di kota terdekat dengan tempat tinggalmu lalu kemudian bisa daftar online dan datang ke lokasi saat acaranya sudah dimulai.

 

Biasanya untuk biaya yang dikeluarkan hanya sekedar uang transportasi dan juga uang makan kamu saat mengikuti acara ini lalu kemudian untuk berjaga-jaga kamu juga bisa menyiapkan print CV berbentuk hardcopy, jadi bila kamu masih berpikir bahwa mengikuti dan mencari kerja di event joper menggunakan biaya yang cukup tinggi Hal ini tentunya salah.

 

Jauh lebih praktis

Keuntungan yang terakhir ketika kamu mencari kerja pada job fair adalah jauh lebih praktis, daripada kamu mencari lowongan pekerjaan pada sosial media dengan mengikuti event job fair maka hal ini akan lebih praktis karena kamu cukup datang ke lokasi dan langsung melamar pada perusahaan yang ingin kamu lamar.

 

Beda halnya ketika kamu mendaftarkan pekerjaan pada sosial media kamu harus melewati beberapa proses yang menyusahkan. Mulai dari mengisi data diri dan juga mengkonfirmasi alamat email serta mengupload CV kamu pada sosial media tersebut. Tidak hanya itu ketika kamu melamar pekerjaan melalui sosial media maka tingkat persaingan juga akan semakin tinggi.

 

Itu dia beberapa keuntungan ketika kamu mencari kerja di Job fair, Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan.


Bagi kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan selain mengikuti job fair kamu juga bisa melamar website TopKarir karena di sini ada banyak sekali lowongan kerajaan yang sangat lengkap. Dapatkan juga informasi menarik lainnya mengenai karir hanya di TipsKarir.

Komentar