KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Keuntungan Kerja Freelance yang Tidak Kalah Menjanjikan dari Karyawan Tetap

24 Maret 2021 20:03 5145 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Di tengah pandemi yang masih melanda saat ini, menjadi freelance atau pekerja lepas tampaknya bisa menjadi pilihan tepat khususnya bagi fresh graduate. Ya, nggak sedikit perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan hingga memutuskan gulung tikar akibat terdampak covid-19.

 

Kondisi ini membuat lowongan kerja semakin jadi rebutan. Para lulusan baru pun harus bersaing memperebutkan pekerjaan dengan orang-orang yang sudah punya pengalaman. Tapi jangan khawatir, sejumlah perusahaan masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi freelancer.

 

Mungkin sampai saat ini masih banyak yang menganggap bahwa pekerjaan freelance tidak menjanjikan khususnya dari segi pendapatan. Frekuensi pekerjaan yang tidak menentu membuat freelancer alhasil tidak memiliki pendapatan pasti setiap bulannya seperti pekerja tetap.

 

Namun siapa sangka, profesi freelance kini justru diminati oleh kalangan muda masa kini. Untuk kamu yang sudah lulus tapi belum menemukan pekerjaan, cek beberapa alasan di bawah ini biar nggak ragu jadi seorang freelancer.

Keuntungan Menjadi Freelancer

Walau terkesan tidak menjanjikan, freelance nyatanya adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan khususnya bagi mereka yang nggak mau bekerja terikat waktu dan bebas berekspresi. Banyak keuntungan yang bisa mereka peroleh dan tidak kalah menarik dari pekerja tetap lho.

 

Bahkan tidak menutup kemungkinan, seorang freelancer juga bisa memperoleh penghasilan yang fantastis. Berikut sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan jika bekerja freelance.

 

1. Waktu yang Fleksibel

Sesuai namanya, freelancer atau pekerja lepas tidak terikat dengan terlalu banyak aturan sebuah kantor. Mulai dari cara berpakaian sampai waktu bekerja.

 

Freelancer bisa menentukan jam kerja sendiri. Tidak seperti karyawan tetap yang harus bekerja setidaknya 9 jam sehari. Namun tantangannya mereka harus bisa mengatur waktu, kontrol diri, dan punya manajemen kerja yang baik

 

2. Bekerja di Mana Saja

Bukan cuma waktu yang fleksibel, freelancer juga bisa bekerja dari mana saja. Misal di rumah, kafe atau tempat lain yang dirasa lebih nyaman untuk menyelesaikan pekerjaanya. Mereka tidak perlu datang dan bekerja di kantor.

 

Keuntungan ini yang juga banyak dijadikan alasan anak muda memilih bekerja sebagai freelancer. Mereka jadi lebih produktif dan kreatif dengan lingkungan kerja yang nggak monoton.

 

3. Sumber Penghasilan Bisa Lebih dari Satu

Lantaran tidak terikat kontrak sebagai karyawan di satu perusahaan, freelancer bisa mengambil banyak proyek tergantung kemampuannya.

 

Sumber penghasilan yang lebih dari satu ini memungkinkan seorang freelancer memperoleh pendapatan melebihi gaji karyawan tetap. Semakin banyak proyek yang diambil, tentu makin besar pula pemasukannya.

 

Tapi ingat ya, sesuaikan dengan kemampuan dan manajemen waktu yang baik. Jangan memaksakan mengambil banyak project yang malah membuatmu kewalahan.

 

4. Lebih Hemat

Menjadi seorang freelancer juga bisa menghemat pengeluaran serta waktu. Ketika bekerja dari rumah, ia akan mengurangi biaya makan dan transportasi.

 

Freelancer juga tidak perlu menghabiskan waktu lama di jalan menuju kantor. Sisa waktu yang ada bisa dihabiskan untuk istirahat dan menyegarkan pikiran.

 

5. Koneksi yang Luas dan Jenjang Karir

Siapa bilang menjadi freelancer tidak punya jenjang karir? Banyaknya kerjasama yang diambil tidak hanya menguntungkan dari segi finansial tapi juga relasi. Kamu bisa menemui banyak orang dengan beragam latar belakang.

 

Manfaatkan keuntungan ini untuk menjalin relasi sebanyak mungkin. Jika  mereka puas dengan kinerjamu, tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi freelancer tetap atau bahkan diajak menjadi karyawan di perusahaan mereka.

 

Seperti halnya karyawan biasa, freelancer yang sudah punya jam terbang lebih lama bisa mengembangkan karir mereka menjadi sebuah usaha. Dimana ia tidak lagi bertindak sebagai 'aktor' melainkan 'sutradara' atau 'produser' yang menggerakkan sejumlah freelancer.

 

Namun, semua itu harus diiringi dengan komitmen dan tanggung jawab. Dua kunci utama itu tentu akan membawamu pada kesuksesan.

 

Pilih bidang pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikanmu. Dengan begitu, pekerjaanmu akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.


Itu tadi beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sebagai freelancer. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di JatimCerdas.id. Temukan juga lowongan pekerjaan impianmu di sini, bangun dan rencanakan karirmu sekarang! Karena kita semua #BisaBarengJatim

Komentar