Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Keahlian Manajer Social Media Marketing yang Paling Dicari

13 April 2021 10:04 3168 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Menjadi seorang manajer mungkin merupakan mimpi setiap karyawan. Bagaimana dengan manager social media, adakah yang mendambakannya?

 

Ya, menjadi seorang manajer social media marketing memang banyak diminati karena informasi gaji yang terbilang tinggi. Selain itu, pekerjaan dalam bidang digital marketing ini menawarkan banyak peluang profesi sehingga semakin dinilai sebagai salah satu pekerjaan ideal.

 

Nah, jika ingin menjadi seorang manajer social media marketing, Anda harus memperhatikan deretan keterampilan ini. 

 

1. Kreativitas adalah yang Terpenting

 

Lingkungan media sosial menjadi sangat ramai selama dekade terakhir. Akibatnya, melakukan kampanye pemasaran yang sukses sekarang ini jauh lebih sulit daripada beberapa tahun yang lalu. Ini berarti bahwa jika Anda ingin benar-benar menonjol dari persaingan, Anda harus mendapatkan ide-ide yang cukup kreatif untuk melibatkan pelanggan.

 

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Profesi Social Media Specialist

 

2. Komunikasi Membangun Hubungan yang Kuat

 

Jumlah perhatian yang didapat bisnis Anda di media sosial sebanding dengan seberapa baik komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan kelompok. Ini sangat penting di Facebook dan Twitter, di mana apa yang Anda tulis bahkan lebih penting dan terlihat daripada di Instagram. Memiliki audiens yang terlibat membutuhkan membangun dialog dengan orang-orang daripada membuat mereka mendengarkan video tentang merek. Sebaiknya, selalu periksa apakah dinding halaman media sosial Anda tidak dipenuhi dengan postingan produk yang monoton.

 

3. Pemikiran Strategis

 

Bahkan pengelola media sosial yang paling kreatif dan komunikatif tidak akan bisa berhasil dengan cepat. Memiliki strategi pemasaran yang dipersiapkan dengan baik tidak ternilai harganya dalam hal membangun posisi kuat merek di media sosial. Membuatnya bukanlah tugas yang mudah, tetapi pasti akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.

 

Membuat strategi media sosial yang baik mungkin menantang, tetapi ada beberapa langkah dasar yang dapat diikuti oleh manajer sosial untuk merancangnya dengan benar. Pertama, sangat penting untuk mengidentifikasi kelompok sasaran dengan benar. Seorang pemasar perlu menyadari karakteristik, masalah, dan kebutuhannya sebelum melangkah lebih jauh. 

 

Baca juga: Kamu Kerja di Start-Up? Yuk Cari Tau Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi!

 

4. Menggunakan Alat yang Tepat

 

Kemampuan untuk menggunakan berbagai alat digital adalah hal lain yang harus dimiliki dalam setiap resume seorang social media marketing. Keterampilan ini sangat penting dalam hal membuat konten visual. Tidak setiap manajer media sosial harus menjadi desainer grafis yang terlatih, tetapi penting bagi mereka untuk dapat menggunakan alat yang sederhana namun efektif untuk membawa konten yang mereka hasilkan ke tingkat yang lebih baik.

 

5. Keterampilan Analitik

 

Social media marketing adalah lingkungan yang sangat dinamis dan membutuhkan banyak upaya untuk tetap up to date. Akibatnya, menguasai semua keterampilan yang disebutkan di atas tidak dapat dihindari untuk setiap spesialis media sosial untuk sukses. Berpikir kreatif, komunikasi, perencanaan strategis dan memiliki alat progresif mungkin tidak cukup jika kinerja tidak diukur dan dianalisis.

 

Pemantauan dan analisis konstan tindakan pemasaran media sosial memungkinkan pemasar untuk mengubah informasi penting, tidak hanya tentang bagaimana audiens bereaksi terhadap konten yang diterbitkan, tetapi juga dapat membawa wawasan berharga baru dan membantu menemukan kelemahan strategi perusahaan. 

 

Misalnya, dengan menyelidiki audiens, Anda dapat memeriksa apakah Anda benar-benar menjangkau kelompok sasaran yang diinginkan. Dan memeriksa aktivitas mereka dapat membantu menyesuaikan waktu untuk memposting dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan mereka melihat konten Anda.

 

Selain social media marketing, yuk temukan tips karier lainnya di sini. Jangan lupa download aplikasi Top Karir atau kunjungi situs resminya di topkarir.com untuk mendapatkan pekerjaan impian. 



Komentar