Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Cara Investasi Emas Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

28 Juli 2022 16:07 2758 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan tetap akan tetapi bukan berarti masa depan kamu sudah terjamin, untuk bisa menjamin masa depan menjadi lebih baik sebaiknya kamu mulai melakukan investasi, berinvestasi biasanya bisa dilakukan dalam bentuk apapun Baik itu investasi saham, tanah, ataupun investasi emas. 

 

Investasi emas sendiri merupakan salah satu pilihan investasi terbaik terutama pada masa pandemi seperti sekarang, mas tidak hanya populer untuk digunakan sebagai perhiasan akan tetapi dianggap juga menjadi salah satu pilihan investasi yang menguntungkan Hal ini dikarenakan emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik dan jarang mengalami penurunan harga.

 

5 Cara Investasi Emas Beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Tingkat kepopuleran emas sebagai salah satu bentuk investasi semakin naik dan banyak orang saat ini mulai beralih pada investasi emas karena mereka tidak perlu khawatir harganya akan turun secara signifikan, namun tidak sedikit dari kamu mungkin belum mengetahui bagaimana cara investasi emas yang aman, oleh karena itu pada pembahasan kali ini kami akan membahas bagaimana cara investasi emas beserta keuntungan dan kerugiannya. Bagi kamu Yang penasaran kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Cara Investasi Emas

Tentukan tujuan investasi emas

Sebelum kamu memulai investasi emas pastikan kamu sudah tahu Apa tujuan dalam berinvestasi, cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik apa tujuan dalam investasi kamu jadi di sini kamu harus memiliki target dalam investasi emas baik itu untuk tabungan pendidikan, tabungan hari tua, ataupun tabungan pernikahan.

 

Sebagai contoh, kamu bisa menargetkan dalam kurun waktu 10 tahun ke depan nanti akan berhenti bekerja dan memulai usaha maka dari itu dari sekarang gaji yang kamu dapatkan bisa disisihkan untuk investasi pada emas. Dengan adanya tujuan yang jelas seperti hal tersebut maka kamu akan lebih tahu seberapa besar emas yang nantinya akan diinvestasikan setiap bulan.

 

Ikuti perkembangan harga emas secara rutin

Cara investasi emas berikutnya adalah kamu bisa mengikuti perkembangan harga emas secara rutin, contohnya seperti ketika kamu akan melakukan investasi emas antam maka di sini kamu harus mengikuti perkembangan harga emas Antam itu, Hal ini bertujuan agar kita mengetahui informasi mengenai emas baik itu penurunan harga ataupun ketika harga emas secara tiba-tiba melonjak tinggi. Dengan mengetahui informasi tersebut tentunya kamu bisa memiliki keleluasaan baik itu akan menambah investasi emas kamu ataupun menjualnya dalam harga yang tinggi.

 

Beli emas pada tempat terpercaya

Berikutnya adalah kamu bisa membeli emas pada tempat terpercaya, meskipun ada banyak sekali tempat yang menjual emas batangan untuk investasi akan tetapi ada baiknya kamu bisa membeli emas tersebut di tempat-tempat yang menjualnya secara resmi dan terpercaya. 

 

Adapun untuk tempat yang direkomendasikan dalam membeli emas untuk investasi salah satunya adalah kamu bisa membelinya pada PT Antam, kamu bisa membeli emas untuk investasi baik itu langsung datang pada kantor PT Antam ataupun juga bisa melalui e-commerce resmi dari PT Antam itu sendiri.

 

Gunakan tempat penyimpanan emas yang aman

Biasanya setelah kita melakukan pembelian emas untuk investasi langkah berikutnya adalah kamu bisa mulai menggunakan tempat penyimpanan emas yang akan kita investasikan di tempat yang aman, kamu bisa menggunakan tempat penyimpanan yang aman seperti brankas ataupun safety box. Namun bila hal tersebut dirasa belum aman kamu bisa mencoba metode penyimpanan lain yaitu pada safe deposit box yang ditawarkan oleh pihak bank.

 

Fokus investasi untuk masa depan

Cara yang terakhir adalah kamu bisa melakukan investasi yang berfokus untuk masa depan, dikarenakan harga emas setiap tahunnya ada peningkatan oleh karena itu kamu bisa berfokus untuk investasi emas dalam jangka panjang yaitu bisa sampai 10 hingga 15 tahun ke depan.

 

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara melakukan investasi emas dengan mudah, ada baiknya kamu juga harus mengetahui apa saja keuntungan dan juga kerugian bila kamu berniat untuk melakukan investasi emas, Adapun untuk beberapa keuntungan dan kerugiannya kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah.

 

Keuntungan Investasi Emas

keuntungan investasi emas tentunya ada banyak akan tetapi di sini kami akan memberikan kamu keuntungan investasi emas yang menjadi alasan kenapa emas tersebut merupakan investasi yang cukup populer, untuk keuntungannya yaitu sebagai berikut.

 

Mudah dicairkan

Keuntungan investasi emas yang pertama adalah emas mudah dicairkan, Hal ini dikarenakan emas memiliki tingkat likuiditas yang sangat tinggi yang artinya emas tersebut mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika diperlukan. Hal ini tentunya berbeda dengan berbagai investasi lain seperti investasi tanah ataupun rumah yang sangat susah untuk dicairkan.

 

Dapat melindungi kekayaan

Keuntungan berikutnya adalah investasi emas dapat melindungi kekayaan, karena harganya yang stabil serta cenderung mengalami kenaikan maka ketika nanti sewaktu-waktu terjadi sebuah inflasi ataupun krisis ekonomi harga emas malah akan mengalami kenaikan. Hal tersebut tentunya akan sangat berbeda ketika kita hanya menyimpan uang yang kita punya dalam bentuk tunai.

 

Kerugian Investasi Emas 

Dalam melakukan investasi emas tentunya kita juga memiliki kerugian salah satunya adalah kerugian investasi emas antam yang bisa saja beresiko hilang ataupun mengalami penurunan harga, Adapun untuk kerugian lainnya ketika kamu berinvestasi emas adalah sebagai berikut.

 

Beresiko untuk hilang

Kerugian investasi emas yang pertama adalah ketika kamu berinvestasi emas tentunya emas tersebut beresiko untuk hilang, akan tetapi resiko ini bisa kamu tangani ketika kamu menyimpannya pada sebuah brankas yang aman ataupun menyewa SDB yang disediakan oleh bank.

 

Harga fluktuatif

Kerugian lain ketika kamu akan berinvestasi emas adalah harganya yang fluktuatif, harga emas tentunya cenderung mengalami kenaikan harga akan tetapi hal tersebut tentunya tidak setiap hari terjadi artinya memakan waktu beberapa tahun untuk emas mengalami kenaikan harga, maka tidak heran investasi emas merupakan investasi jangka panjang.

 

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai cara investasi emas beserta keuntungan dan kerugiannya, semoga bisa membantu kamu ketika akan melakukan investasi emas. 

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan kerja ataupun informasi lainnya mengenai investasi emas kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

Komentar