KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Cara Efektif Menyampaikan Ide ke Atasan

24 Maret 2021 20:03 23726 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Setiap karyawan mempunyai hak menyampaikan ide / gagasan untuk kemajuan perusahaan. Tapi seringkali perbedaan jabatan jadi alasan nggak berani, alhasil ide-idemu cuma dipendam sendiri.

 

Beberapa orang punya keberanian menyampaikan gagasan, tapi gak sedikit juga yang memilih diam, padahal punya ide yang brilliant. Nah, supaya kamu lebih siap dan gagasanmu bisa diterima oleh atasan, simak yuk tips-tips dibawah ini.

 

Kamu lulusan SMK/SMEA/MAK? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Karawang? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Buat ide secara ringkas

Seringkali ide datang di saat yang tidak terduga. Supaya nggak lupa, sebaiknya kamu catat dan rincikan ide kamu sebelum disampaikan ke atasan.

 

Buat ringkasan idemu agar lebih mudah diterima. Atau kamu bisa membuatnya dalam bentuk poin-poin. Hal ini juga bisa mengasah kemampuan menulismu lho.

 

2. Sampaikan dengan gaya bahasamu

Setelah meringkas ide, sampaikan dengan gaya bahasa kamu sendiri. Kesalahan kita terkadang memakai kalimat yang baku dan formal, yang malah bikin kita kebingungan.

 

Kalau kamu pakai gaya bahasa sendiri dijamin kamu lebih santai, dan maksudmu bisa tersampaikan. Ingat, etika harus diutamakan ya 

 

Kamu lulusan S1? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Karawang? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Fokus pada tujuan dan alasan 

Setiap gagasan pasti punya alasan kan? Nah, sampaikan alasan kamu terlebih dulu. Berikan alasan yang logis, agar ide kamu bisa dipertimbangkan. Tekankan value propotition atau nilai keuntungan dari ide kamu, apa hasil yang didapat bagi perusahaan.

 

4. Jelaskan rencana dan strategi kamu

Ide yang baik juga harus disertai dengan jalan keluar. Setelah menyampaikan gagasan, jangan lupa jelaskan juga strategi yang kamu punya. Tawarkan diri kamu untuk menjalankannya.

 

Kamu lulusan SMK/SMEA/MAK? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Kota Bandung? Temukan selengkapnya di sini.

 

5. Terbuka pada masukan, dan tetap rendah hati

Setelah kamu berhasil menyampaikan ide, jangan beranggapan kalau idemu adalah yang terbaik. Karena sebaik-baiknya ide adalah yang disepakati banyak orang.

 

Tidak merugikan dan menguntungkan beberapa pihak saja. Kamu juga harus membuka diri menerima masukan dan saran dari rekan kerjamu yang lain.

 

Itu dia 5 cara efektif menyampaikan ide/gagasan kepada atasan. Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Komentar