KANDIDAT PERUSAHAAN

12 Cara Usir Kantuk Saat Bekerja

24 Maret 2021 20:03 4472 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Pekerjaan yang menumpuk di kantor sering membuat Anda merasa capai. Apalagi kalau Anda pulang malam dan masih harus membawa pekerjaan ke rumah.

Hati-hati, banyak karyawan akhirnya merasa ngantuk saat bekerja di kantor. Setelah makan siang biasanya Anda mulai mengantuk dan enggan bekerja. Bahkan beberapa karyawan bisa ketiduran di depan komputer saking ngantuknya.

Kopi atau minuman berenergi lainnya sering menjadi pilihan saat mata dan badan sudah mulai lelah. Padahal kafein pada kopi, jika terlalu banyak juga tak baik bagi tubuh Anda. Terlepas dari apakah kafein sehat atau berisiko, masih banyak cara alami lain untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Kevin Daum, salah seorang entrepreneur Amerika Serikat dengan penjualan dan pemasaran lebih dari US$ 1 miliar, mengungkap 12 cara mengusir kantuk tanpa kafein seperti dikutip dari inc.com, Kamis (30/5/2013):



1. Jalan-jalan ke luar

Cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda ngantuk. Jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor bisa membantu Anda mendapat udara segar. Melihat pemandangan baru juga bisa membuat badan Anda lebih segar.



2. Berolahraga

Karyawan lain pasti menganggap Anda aneh saat Anda berolahraga di tengah kantor. Tapi menggenjot detak jantung lebih cepat akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh Anda. Cobalah jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. Anda juga bisa lari-lari di tangga kantor Anda. Lakukan sampai Anda berkeringat.



3. Olah otak

Jika sulit menstimulus badan, pancing otak Anda bekerja. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Selain itu, Anda juga bisa adu cepat bekerja dengan karyawan lain.



4. Dinginkan kepala Anda

Sadarkan diri Anda sendiri. Minum air super dingin yang ditambahkan lemon tanpa gula. Makin diminum, Anda makin tak ngantuk. Cipratkan sedikit airnya ke muka Anda. Cara lain, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan atau di dahi Anda.



5. Ngemil

Sedikit ngemil juga bisa bikin Anda terjaga. Hindari makanan berat atau cemilan yang terlalu manis. Selain buah-buahan, makan rujak pedas juga bisa bikin Anda melek.



6. Pompa adrenalin

Tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja, Anda sudah tak mengantuk lagi.



7. Ganti posisi tubuh Anda

Posisi duduk Anda juga bisa jadi pemicu rasa kantuk. Anda bisa menggantinya dengan duduk tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi.



8. Wangi-wangian

Simpan lotion atau parfum dengan wangi yang menyegarkan. Jika Anda mulai mengantuk, oleskan di pergelangan tangan atau di dekat hidung. Hindari wangi lavender, karena Anda akan lebih ngantuk dibuatnya.



9. Menari

Pakai headphone, dengarkan lagu favorit Anda dan menarilah sepuasnya selama 10 menit. Beberapa orang pasti menertawakan Anda, tapi rasa malu itu justru akan membantu mata Anda melek lagi.



10. Bercanda

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, tonton video lucu dan tertawalah.



11. Belanja online

Pikirkan soal membeli hadiah untuk orang yang Anda sukai. Mencari hadiah lewat situs-situs belanja online akan membantu menyegarkan mata dan Anda tak mengantuk lagi.



12 Telepon ibu

Yang ini memang kedengaran aneh, tapi percakapan dengan ibu Anda akan membuat Anda terjaga. Mungkin karena ikatan emosional antara Anda dan ibu. Lagipula, baik juga bagi Anda untuk sering menghubungi orang tua. (Ndw)

 

 

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/599560/12-cara-usir-kantuk-saat-bekerja

Komentar