Pencari Karir Pencari Kandidat

Inilah Daftar Gaji Masinis Kereta Api dan KRL di Indonesia

26 September 2022 19:09 6375 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Jika kamu sering menaiki kereta api tentu saja kamu tidak akan asing dengan yang namanya masinis, gaji masinis di Indonesia sendiri bisa dibilang cukup besar dan Untuk gaji masinis kereta api dan masinis dari KRL commuter Line biasanya akan sedikit berbeda. 

 

Tugas dari seorang masinis sendiri adalah bertanggung jawab untuk mempercepat kereta api, memperlambat kereta api, menghentikan kereta api mengikuti sinyal kereta, serta menjamin keselamatan kereta api yang dijalankan sehingga bisa dikatakan masinis ini adalah seorang kepala perjalanan, Adapun untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai Apa itu masinis kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Apa Itu Masinis?

Masinis adalah pegawai yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api, disebut sebagai masinis karena pada awalnya juru mesin lah yang menjalankan kereta api. Sedangkan untuk asisten masih ini sendiri adalah pegawai yang bertugas untuk membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api.

 

Bekerja menjadi seorang masinis menjadi salah satu pilihan favorit bagi para pelamar terutama di PT Kereta Api Indonesia Persero atau PT KAI, bahkan sampai saat ini sudah ada lebih dari ribuan pelamar dalam sekali event perekrutan pegawai. 

 

Tidak semua orang bisa melamar dan bisa menjadi masinis hanya pelamar yang berkualitas dan juga unggulan dari segi akademik serta pelamar yang mempunyai psikologi serta kesehatan yang baiklah yang akan diterima menjadi seorang masinis, maka tidak heran gaji dari seorang masinis ini cukup lumayan besar.

 

Daftar Gaji Masinis di Indonesia

Bekerja pada badan usaha milik negara atau BUMN menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi para pencari kerja, Hal ini berlaku juga menjadi seorang masinis pada PT Kereta Api Indonesia. Lalu Berapa gaji masinis? Bagi kamu yang ingin mengetahui berapa besaran gaji dari seorang masinis pada kereta api dan juga gaji masinis pada KRL commuter Line kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.

 

Gaji Masinis Kereta Api (PT Kereta Api Indonesia)

Gaji masinis kai terbilang cukup fantastis tidaknya itu seorang masinis juga akan mendapatkan tunjangan lain saat bekerja, menjadi seorang masinis di kai juga akan menjadi seorang aparatur sipil negara atau ASN, maka dari itu tidak heran jika perusahaan ini sangat diminati oleh para pencari kerja baik itu fresh graduate ataupun para profesional.

 

Para pencari kerja biasanya akan menantikan lowongan pekerjaan sebagai masinis di perusahaan kereta api Indonesia ini. dikutip dari cnbcindonesia.com, gaji yang akan diterima oleh seorang masinis pada PT Kereta Api Indonesia yaitu sekitar Rp. 13 juta perbulan, gaji tersebut belum termasuk beberapa benefit lainnya seperti tunjangan kinerja, sampai benefit transportasi dan tunjangan anak dan istri.

 

Sementara untuk level manajemen senior Manager di PT Kereta Api Indonesia gajinya berada pada kisaran Rp. 18 juta - Rp. 30 juta perbulan, tentunya nilai ini sangatlah besar jadi tidak heran banyak sekali para pencari kerja yang ingin menjadi seorang masinis pada PT Kereta Api Indonesia.

 

Gaji Masinis KRL Commuter Line

Bagi kamu yang bercita-cita untuk menjadi seorang masinis kamu juga bisa menjadi seorang masinis KRL atau commuter Line, KRL merupakan sebuah kereta api listrik dan pada KRL juga ada seorang masinis yang bertugas mirip dengan masinis pada kereta api pada umumnya.

 

Dan untuk gaji masinis krl sendiri akan mendapatkan gaji yang lebih kecil dari seorang masinis di PT Kereta Api Indonesia, dikutip dari detik.com, gaji seorang masinis KRL yaitu berada pada Rp. 6 juta - Rp. 9 juta perbulan, gaji ini sudah termasuk dengan tunjangan kesehatan dan risiko.

 

Meskipun gaji dari seorang masinis pada KRL lebih kecil daripada masinis PT KAI sebenarnya hal ini cukup wajar, mengingat jumlah penumpang dari KRL lebih kecil dan juga mengambil jalur operasional yang lebih pendek dibandingkan dengan PT Kereta Api Indonesia.

 

Seorang masinis dari KRL juga memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dengan masinis dari PT KAI, karena menjadi seorang masinis akan menyangkut hidup banyak orang, maka tidak heran untuk bisa menjadi seorang masinis kamu harus melewati beberapa tahapan ketat dan hanya orang-orang terpilihlah yang bisa menjadi seorang masinis.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai daftar gaji masinis kereta api dan KRL di Indonesia, bagi kamu yang ingin menjadi seorang masinis kamu bisa mempersiapkan mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari agar nantinya saat mengikuti seleksi kamu bisa lolos dan menjadi seorang masinis pada PT Kereta Api Indonesia ataupun KRL.

 

Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar pada TopKarir, Selain itu ada berbagai informasi menarik lainnya seputar Dunia karir dan pekerjaan yang bisa kamu simak hanya di TipsKarir.

Komentar