Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa itu Google Adwords? Berikut Pengertian, Keuntungan, dan Cara Menggunakannya

26 September 2022 13:09 1232 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Google adwords pada dasarnya merupakan salah satu fitur dari Google yang bisa menampilkan iklan berbayar pada hasil pencarian Google, Jika kamu mencari sesuatu dan memasukkan kata kunci pada search engine Google maka hasil yang akan kamu dapatkan juga termasuk dari data iklan atau Ads.

 

Fitur Google adwords biasanya banyak digunakan oleh para pebisnis online saat ini, mungkin salah satunya juga kamu yang sedang membaca artikel kali ini. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Google adwords kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya pada pembahasan kali ini.

 

Pengertian Google Adwords

Google adwords adalah sebuah fitur yang berguna untuk bisa mengiklankan bisnis kamu di dalam halaman search engine pencarian Google dengan menggunakan suatu kata kunci tertentu yang sesuai dan relatif dengan bidang bisnis yang sedang kamu jalani, fitur ini tentunya diklaim bisa menjawab berbagai keresahan yang dirasakan para pebisnis mulai dari penjualan yang masih belum banyak hingga bisnis yang belum diketahui oleh banyak orang.

 

Pada tahun 2018 yang lalu Google pun secara resmi mengubah nama dari Google adwords menjadi Google Ads, meskipun terdapat perubahan nama namun secara penggunaannya tidak ada yang berbeda sama sekali jadi kamu tidak perlu khawatir ketika menggunakan Google adwords ini.

 

Keuntungan Menggunakan Google Adwords

Pada zaman yang sudah serba digital seperti sekarang tentunya setiap pebisnis online akan memerlukan sebuah fitur yang bisa membantu mereka dalam proses pemasaran bisnisnya agar bisa menjangkau lebih banyak orang serta target pasar yang terarah, ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Google adwords ini dalam pemasaran bisnis. Untuk beberapa keuntungannya yaitu sebagai berikut.

 

Bisa Menguasai Pasar Online

Seperti yang kita ketahui bahwa Google adalah salah satu platform yang bisa menjawab setiap pertanyaan penggunanya menggunakan search engine, hal ini termasuk juga pada barang sampai mencari informasi yang tidak penting sekalipun search engine Google bisa menjawab nya.

 

Dengan menggunakan Google adwords ini maka kamu bisa menguasai pasar online karena Google sudah berhasil menguasai pangsa pasar mesin pencari ataupun search engine di seluruh dunia, dengan tingkat persentase yang sudah mencapai 92%, bahkan di Indonesia sendiri search engine Google sudah berhasil menguasai mesin pencarian dengan persentase sebanyak 97%.

 

Selain itu Google juga memiliki mesin pencarian lain seperti Yahoo namun untuk mesin pencarian Yahoo ini hanya menguasai pasar search engine pada persentase 0,9% saja, dan untuk search engine Bing hanya menyentuh angka 0,3% tentunya hal ini berbeda sangat jauh dari Google.

 

Target Pasar Lebih Spesifik

Keuntungan berikutnya ketika kamu menggunakan Google adwords adalah kamu bisa menargetkan pasar yang lebih spesifik, kamu bisa menargetkan pasar yang sedang kamu tuju, Selain itu kamu juga bisa melakukan pengaturan iklan agar bisa tampil di perangkat tertentu saja selama penayangannya.

 

Kamu bisa mengatur iklan agar nantinya bisa tampil pada perangkat tertentu atau memilih Salah satu perangkat diantaranya saja baik itu komputer maupun smartphone dan yang lainnya. Tidak hanya itu Google adwords juga bisa melakukan pengaturan berdasarkan lokasi serta kamu juga bisa mengatur sendiri jadwal tayang dari iklan.

 

Contohnya jika bisnismu dibuka dari jam 09.00 sampai jam 04.00 sore maka kamu bisa membuat pengaturan penayangan iklan dari jam tersebut, dengan adanya berbagai fitur ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam berbisnis.

 

Hemat Biaya

Keuntungan berikutnya adalah hemat biaya, mungkin sekian dari kamu mengira bahwa memasang iklan pada Google Ads memerlukan biaya yang cukup mahal, namun pada kenyataannya untuk memasang iklan pada Google Ads sangatlah terjangkau Bahkan kamu bisa memulainya dengan Rp.50.000 saja.

 

Kamu juga bisa mendapatkan kemungkinan biaya yang lebih sedikit lagi jika kamu mengatur dan menggunakan strategi PPC atau pay per click pada penayangan iklan yang kamu gunakan, dengan adanya sistem tersebut maka kamu hanya dikenakan biaya bila target ataupun konsumen Kamu mengklik iklan yang kamu pasang.

 

Cara Menggunakan Google Adwords

Setelah kita mengetahui Apa itu Google adword dan juga apa saja keuntungannya ketika kita menggunakannya dalam bisnis, pembahasan berikutnya adalah bagaimana cara menggunakan Google adword. Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana caranya kamu bisa menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut.

 

1. Buat Akun Google

Untuk bisa login google adwords langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu bisa membuat akun Google terlebih dahulu, atau jika kamu sudah memilikinya kamu bisa login pada Google adwords menggunakan akun email yang sudah ada.

 

2. Pilih Goal atau Tujuan Beriklan

Jika kamu sudah login pada Google adwords, Hal pertama yang akan kamu lihat adalah kalimat “pick a goal for your ad”. Di sini kamu bisa memilih goal yang ingin kamu capai, kamu bisa memilih 3 pilihan tujuan yaitu: call your business, visit your storefront dan take an action on your website. Kamu bisa mempelajari ketiga tujuan tersebut sebelum kamu memilihnya.

 

3. Pilih Target Lokasi

Jika kamu sudah yakin dengan tujuan yang sudah kamu pilih pada proses tadi maka langkah berikutnya kamu bisa memilih target lokasi secara bebas sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu, kamu bisa memperluas ataupun mempersempit target dari lokasi.

 

4. Pilih Kategori Bisnis

Langkah berikutnya kamu bisa pilih kategori bisnis, pada langkah ini kamu bisa menentukan kategori bisnis yang sesuai dengan produk maupun layanan yang kamu tawarkan. Jika bisnis yang sedang kamu jalani adalah bisnis kuliner maka kamu bisa memilih kategori bisnis makanan ataupun kuliner pada Google adwords.

 

Hal tersebut dilakukan agar nantinya kamu bisa menentukan pasar secara tepat dan menargetkan audience sesuai dengan kategori bisnis yang sedang dijalani, dengan memilih kategori bisnis ini kamu bisa mendapatkan target audien yang cocok.

 

5. Membuat Copy Untuk Iklan

Langkah berikutnya adalah kamu bisa membuat copy iklan, pada proses ini kamu harus bisa menggunakan kemampuan copywriting karena dengan menggunakan teknik copywriting dalam beriklan kamu bisa menggaet audience agar bisa mengklik iklan yang kamu tayangkan.

 

Pada bagian headline iklan biasanya Google akan memberikan batasan sebanyak 30 kata saja, sedangkan untuk isi dari iklannya sendiri Google memberikan batasan hingga 80 kata. Jadi kamu harus bisa memanfaatkan batas yang sudah diberikan oleh Google tersebut.

 

Usahakan tulisan yang ada pada iklan yang kamu tayangkan harus bisa menjelaskan bisnis kamu secara jelas dan singkat dan jangan berupa kata-kata yang klik bait karena audient biasanya memerlukan penjelasan produk yang jelas bukan penjelasan yang membuat mereka penasaran.

 

6. Memasukkan Foto atau Logo Bisnis

Jika sudah mengisi tulisan untuk iklan yang kamu tayangkan langkah berikutnya kamu bisa memilih foto ataupun logo bisnis kamu, namun untuk memasukkan foto logo ini sifatnya opsional dan tidak wajib bila kamu memiliki logo kamu bisa memasukkannya dan jika tidak tidak apa-apa.

 

7. Menentukan Biaya Iklan

Langkah selanjutnya adalah kamu bisa menentukan biaya, pada saat akan membuat iklan pada Google adwords kamu bisa menentukan biaya iklan kamu sendiri secara bebas. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya iklan yang mahal karena Google menerapkan sistem PPC.

 

Dengan sistem ini kamu hanya perlu membayar bila iklan buatan kamu diklik oleh para audience, maka dari itu cara ini diklaim mampu menghemat lebih banyak biaya iklan sehingga kamu bisa bebas dalam menerapkan estimasi biaya iklan di setiap bulannya. Jika kamu baru pertama menggunakan layanan Google adword maka kami sarankan untuk menentukan biaya yang paling rendah saja terlebih dahulu sambil berjalannya waktu nanti kamu akan lebih memahaminya.

 

8. Pilih Metode Pembayaran

Langkah terakhir menggunakan layanan Google adwords adalah memilih metode pembayaran, setelah kamu mengisi beberapa data mulai dari tulisan iklan dan juga menambahkan foto langkah berikutnya kamu bisa memilih metode pembayaran mana yang akan kamu gunakan, Kamu bisa menggunakan pembayaran melalui transfer bank ataupun juga menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan juga metode yang kamu punya.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu Google adwords, mulai dari pengertian, keuntungan hingga Bagaimana cara menggunakannya. Jika kamu saat ini sedang melakukan bisnis kamu bisa mencoba untuk memasang iklan pada layanan Google adwords ini agar bisnis kamu bisa mencapai target audiens dan juga pasar yang lebih luas.

 

Selain itu dengan menggunakan layanan ini juga kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan mulai dari kamu bisa memilih target lokasi mana yang ingin kamu tujuh dalam memasarkan produk dan juga kamu bisa meningkatkan brand bisnis.

 

Bagi kamu yang sudah menguasai Bagaimana cara menggunakan layanan Google adwords kamu bisa mencari lowongan pekerjaan pada bidang pemasaran dan juga periklanan di beberapa perusahaan di Indonesia, untuk mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut kamu bisa mencarinya pada TopKarir.

 

Selain menyediakan berbagai lowongan pekerjaan kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir serta pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar