KANDIDAT PERUSAHAAN

6 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Terkena PHK Di Tempat Kerja

10 Agustus 2022 16:08 4330 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Pada masa pandemi covid 19 seperti sekarang yang masih berlanjut masyarakat banyak sekali kehilangan pekerjaannya, tidak sedikit perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut mengalami kerugian selama masa pandemi tersebut.

 

Sebelumnya bagi kamu yang belum mengetahui apa itu PHK kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini, bila kita lihat menurut undang-undang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 bab 1 pasal 1 ayat 25, PHK adalah pemutusan hubungan kerja ataupun mengakhiri hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan juga perusahaan.

 

Bila kita terkena PHK memanglah sangat menyakitkan kita akan mendapatkan banyak sekali tekanan emosional yang tidak terhindarkan dan juga tentunya hal ini akan memberikan kita pengalaman yang membuat Bingung tentang masa depan kita setelah di PHK. Bagi kamu yang terkena PHK kamu tidak perlu khawatir karena disini kami akan memberikan 6 hal yang harus kamu lakukan setelah terkena PHK di tempat kerja, kamu bisa menerapkan cara-cara di bawah agar kamu bisa melewati masa krisis setelah terkena PHK.

 

6 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Terkena PHK Di Tempat Kerja

Kendalikan Emosi

Hal yang pertama ketika kamu terkena PHK di tempat kerja dan sudah mendapatkan surat PHK dari perusahaan ada baiknya kamu harus mengendalikan emosi terlebih dahulu, meskipun ada beberapa orang yang merasa lega setelah mereka di-phk karena bisa bebas dari tekanan pekerjaan. namun bagi kebanyakan orang yang sedang mengalami kurangnya keamanan finansial dan tiba-tiba mendapatkan PHK tentunya hal ini akan menjadi salah satu hal yang mengejutkan dan susah untuk diterima oleh sebagian orang.

 

Saat kamu mengalami tekanan emosional yang luar biasa saat mendengar bahwa kamu di PHK pentingnya yang harus kamu ketahui adalah mengendalikan emosi kamu agar semuanya bisa berjalan lebih lancar dan kamu dianggap profesional oleh perusahaan. 

 

Ingatkan diri tidak bersalah

Berikutnya adalah kamu harus senantiasa mengingatkan bahwa dengan kamu terkena PHK bukan berarti kamu bersalah jadi ingatkan lah dirimu agar senantiasa merasa tidak bersalah atas segala keputusan yang kamu terima dan selalu berpikir positif, meskipun PHK ini terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga kamu jangan sampai menyalahkan diri sendiri mengenai hal tersebut.

 

Karena bisa saja ada berbagai faktor di luar kendali kamu yang menyebabkan kamu di PHK salah satunya seperti proses perampingan perusahaan ataupun perusahaan sedang mengalami masalah keuangan jadi mereka melakukan PHK kepada para pegawainya.

 

Bergaul dengan orang-orang yang suportif dan positif

Setelah kita terkena PHK seringkali kita merasakan bahwa kita terisolasi karena tidak mempunyai pekerjaan, namun bukan berarti setelah kita terkena PHK dan kehilangan pekerjaan kita harus menjalani segala sesuatu yang dialami secara sendirian. Kamu bisa mencari nasehat dan juga dukungan dari orang-orang terdekat kamu dan juga bisa bergaul dengan orang-orang yang memiliki aura yang positif agar bisa mendukung dan juga berbagai pengalaman dengan kamu.

 

Dengan bergaul bersama orang-orang yang suportif dan juga positif tentunya akan mendorong kamu untuk kembali percaya diri setelah terkena pemutusan hubungan kerja ini, hubungi teman ataupun menelepon seseorang yang dekat dengan kamu adalah salah satu cara yang bagus untuk mulai bergerak kembali.

 

Melatih Afirmasi Untuk Memulihkan Kepercayaan Diri

Untuk bisa maju dan mulai berproses kembali mencari pekerjaan tentunya kamu harus yakin terlebih dahulu bahwa kamu bisa melakukannya, namun ada kalanya perasaan malu akan penolakan dan juga keraguan diri masih menjadi hambatan yang dirasakan ketika kita baru saja terkena PHK. Untuk mengatasi hal tersebut maka kamu bisa mulai melatih afirmasi untuk memulihkan kepercayaan diri kembali serta selalu berpikir positif.

 

Buat rencana untuk mengelola keuangan

Setelah kamu melakukan hal-hal di atas langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mulai membuat rencana untuk mengelola keuangan, kamu bisa membuat rencana yang sulit agar dapat membantu meringankan stres dan juga meredakan perasaan ketidakpastian dalam segi finansial.

 

Menurut Ilyce Glink CEO Best Money Moves, Hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu terkena PHK adalah meninjau detail dari pesangon dan juga file tunjangan pengangguran dari perusahaan. Kamu juga bisa membangun jaringan dengan mantan atasan dan juga rekan karyawan agar bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan baru.

 

Untuk mengelola keuangan saat kamu sudah terkena PHK ada baiknya kamu harus mulai mempraktekkan penganggaran saat kamu tidak menerima gaji tetap maka harus memotong biaya pengeluaran bulanan.

 

Mencari Pekerjaan Baru

Hal yang terakhir yang harus kamu lakukan ketika terkena PHK di pekerjaan adalah tentu saja kamu harus mencari pekerjaan baru, meskipun kamu masih merasa sedih ketika sebelumnya terkena PHK namun kamu harus berdamai dengan diri sendiri dan cobalah untuk menemukan kedamaian dengan fakta bahwa tahap dalam hidup ini memang sementara dan tidak ada yang abadi.

 

Setelah kepercayaan kamu pulih dan merasa siap untuk terjun dalam dunia kerja lagi, maka kamu bisa mulai melakukan berbagai hal seperti memperbarui resume, CV, Portfolio, serta mulai melamar di beberapa perusahaan kembali. Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan kembali setelah terkena PHK, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai lowongan kerja hanya di TopKarir.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi menarik lainnya mengenai informasi pekerjaan dan juga karir kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

 

Komentar